Orang sukses di usia tua – Berulang kali mengalami kegagalan bukan berarti tidak bisa memperoleh kesuksesan. Jika saat ini kamu masih sering mengalami sebuah kegagalan tidak perlu berkecil hati, karena bisa saja kesuksesan yang kamu tunggu ada di masa mendatang.

Tidak ada patokan usia dalam hal kesuksesan. Faktanya, telah dibuktikan oleh beberapa orang sukses di usia tua yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kesuksesan di Usia Tua

Para orang sukses di usia tua tentunya sudah mengalami banyak sekali cobaan dan permasalahan dalam meraih kesuksesan mereka.

Mereka juga merupakan orang-orang yang tidak pernah berhenti berusaha walaupun sempat terjatuh dan gagal berkali-kali.

Sukses di usia tua
Sukses di usia tua

Oleh karena itu, janganlah terlalu cepat untuk menyerah dan terus pacu semangatmu dengan membaca kisah inspiratif dari mereka.

Sam Walton (Walmart)

Sam Walton (Walmart)
Sam Walton (Walmart)

Orang sukses di usia tua selanjutnya adalah Sam Walton. Ia merupakan pelopor dari kesuksesan keluarga Walton sekaligus menjadi pendiri dari Walmart.

Ia lahir dan tumbuh dari keluarga miskin yang menyebabkan harus bekerja serabutan sejak masih kecil.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di University of Missouri, Sam Walton mulai bekerja di sebuah perusahaan kecil yang bergerak dalam bidang eceran selama enam tahun.

Setelah perang dunia berakhir, Sam Wilton mulai membangun bisnis bersama sang adik. Siapa sangka usahanya membangun toko ritel akan menjadi raksasa bisnis di seluruh dunia seperti saat ini.

Ia baru berhasil menjadi seorang miliarder di usianya yang menginjak 44 tahun.

Baca juga: Inilah sosok novelis dibalik kisah spektakuler dan magis Harry Potter

Vera Wang (Desainer Hollywod)

Vera Wang (Desainer Hollywood)
Vera Wang (Desainer Hollywood)

Vera Wang adalah salah satu desainer gaun pengantin yang menjadi langgan para selebriti Hollywood.

Ketika masih muda, ternyata ia merupakan seorang pemain skating hingga mengikuti U.S. National Championship. Namun, ia selalu gagal untuk menembus tim U.S. Olympics sehingga membuatnya berpikir untuk beralih profesi.

Vera Wang baru merintis bisnis fashion pada usianya yang ke-40. Ia banyak meraih prestasi dalam dunia fashion.

Stan Lee (Marvel)

Stan Lee (Marvel)
Stan Lee (Marvel)

Siapa yang tidak kenal dengan penulis komik marvel yang merupakan komik dengan tingkat penjualan tertinggi di dunia ini.

Ketika usia remaja, Stan Lee merupakan seorang asisten di Timely Comics. Selain itu, ia juga merupakan mantan veteran dari perang dunia ke 2.

Meskipun begitu, ia selalu rutin untuk mencoba membuat kisah-kisah komik sendiri. Setelah melalui sebuah perjalanan yang berat dan panjang, barulah ia berhasil menciptakan komik fenomenal bernama The Fantastic Four di usia 39 tahun.

Henry Ford (Ford)

Henry For (Ford)
Henry For (Ford)

Pendiri dari Ford Motor Company ini, baru merasakan kesuksesannya di usia 45 tahun. Ia lahir dari keluarga petani miskin di Amerika Serikat.

Henry pernah menjadi salah satu karyawan dari perusahaan milik Thomas Alva Edison. Selama masa pekerjaannya, ia sering melalukan berbagai percobaan di bengkel rumahnya sendiri dan berhasil menciptakan kendaraan.

Namun sayang, Perusahaan Ford harus mengalami kebangkrutan dikarenakan penjualan mobilnya mengalami penurunan drastis akibat harganya yang terbilang tinggi.

Perusahaannya dapat kembali Berjaya karena ia tidak pernah menyerah dan selalu berinovasi.

Arriana Huffington (Huffington Post)

Arriana Huffington (Huffington Post)
Arriana Huffington (Huffington Post)

Orang sukses di usia tua selanjutnya adalah pendiri dari salah satu media terbesar di Amerika Serikat yaitu Huffington Post.

Ariana baru merasakan kesuksesan di usia menginjak 54 tahun. Jika rata-rata orang sudah mulai pensiun, ia justru baru berhasil menuai hasil kerja kerasnya selama berpuluh-puluh tahun.

Sejak muda, Ariana memang sudah aktif dalam dunia jurnalistik serta sempat mengeluarkan buku best seller. Ternyata ia juga pernah menggeluti dunia politik namun gagal.

Ray Kroc (McDonald’s)

Ray Kroc (McDonald's)
Ray Kroc (McDonald’s)

Dulunya profesi dari seorang Ray Kroc adalah penjual susu keliling. Namun hal tersebut tidak membuatnya minder serta menjadi pengusaha yang sukses.

Pembentukan franchise Mc Donald’s dimuali dari pertemuannya dengan Maurice dan Ricard McDonald yang sedang membuka bisnis berupa restoran ayam di California. Saat itulah ia berhasil membujuk Maurice dan Ricard untuk mem-franchise kan restoran mereka.

Dan tepat Rau Kroc berusia 52 tahun, McDonald’s menjadi salah satu franchise restoran ayam terbesar di Amerika Serikat.

Adolf Dassler (Adidas)

Adolf Dassler (Adidas)
Adolf Dassler (Adidas)

Di usianya yang ke 49, Adolf Dassler baru merasakan manisnya kesuksesan tepat setahun sebelum teman-teman satu angkatannya memutuskan untuk pensiun.

Adolf Dassler memang sudah menyukai pembuatan sepatu dan terus berlatih untuk membuatnya semenjak usianya masih kecil. Dan akhirnya kerja kerasnya dalam membuat brand Adidas, sukses dalam waktu puluhan tahun.

John Pemberton (Coca Cola)

John Pemberton (Coca Cola)
John Pemberton (Coca Cola)

Tidak banyak yang tahu jika formula dari minuman coca cola baru ditemukan di saat usia John Pemberton menginjak 56 tahun.

Pada usia tersebut seharusnya ia sudah pensiun dari dunia pekerjaan. Namun jangan kamu kira setelah menemukan formula coca cola tersebut, John langsung sukses karena temuannya.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama serta kerja ekstra keras agar Coca Cola dapat diterima dalam masyarakat karena pada saat itu, jenis minuman ini masih dapat dibilang baru.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum kalau dulu Coca Cola ini hanya terjual beberapa botol saja dalam penjualannya di tahun pertama.

Soichiro Honda (Honda)

Soichiro Honda (Honda)
Soichiro Honda (Honda)

Ternyata sang perintis Honda, yaitu Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan dalam usahanya.

Ia sempat kehabisan uang, jatuh sakit, hingga dikeluarkan dari kuliahnya. Namun, ia terus bermimpi dan tidak pernah berhenti berusaha dalam bidang otomotif.

Setelah ditolak oleh perusahaan mobil Toyota, ia memiliki inisiatif untuk mendirikan bisnis otomotif sendiri. Produk utama dari bisnisnya adalah piston dan velg ruji yang terbuat dari logam.

Colonel Sanders (KFC)

Colonel Sanders (KFC)
Colonel Sanders (KFC)

Kisah dari Colonel Sanders mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu. Sosok yang memiliki nama lengkap Herland David Sanders ini sering bergonta-ganti profesi pekerjaan ketika Ia masih muda.

Mulai dari kuli bangunan, tukang parkir, nakhoda kapal uap, agen asuransi, hingga menjadi seorang pemadam kebakaran. Sampai mencapai usia 40 tahun, kehidupan Colonel Sanders belum juga dapat disebut stabil dan mapan.

Bahkan Ia pernah sampai berpikir untuk bunuh diri karena merasa putus asa yang diakibatkan oleh pemecatannya hingga ditinggalkan oleh istri dan anak-anaknya.

Akhirnya, suatu hari Ia mencoba peruntungan dalam bidang kuliner dengan membuka suatu tempat makan bernama Café Sanders, yang menjadi cikal bakal dari restoran ayam paling terkenal di dunia yaitu Kentucky Fried Chiken.

Colonel Sanders baru benar-benar merasakan kesuksesannya di usia 62 tahun.

Baginya, bergelut dalam bidang otomotif di Jepang tidaklah mudah, apalagi saat itu ada raksasa otomotif yang mendominasi di Jepang yaitu Toyota.

Selain itu Soichiro Honda juga harus rela masa mudanya habis untuk bekerja dan membangun bisnis sehingga saat usia 42 tahun ia baru merasakan kesuksesan.

Itulah kisah dari 10 orang sukses di usia tua yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha.

Hal penting yang dapat diambil dari berbagai kisah diatas adalah kesuksesan tidak bergantung dengan usia. Kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci dari kesuksesan tersebut, usia bukan alasan meraih cita-cita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here