Tidak akan ada habisnya jika berbicara tentang hal-hal unik yang ada di Indonesia dan jarang atau bahkan tidak terdapat di negara.

Beragamnya suku bangsa dengan berbagai kebudayaan dan adat istiadatnya membuat Indonesia kaya akan kebiasaan menarik. Berikut ini 10 hal yang hanya ada di Indonesia dan tidak dimiliki negara lain.

10 Hal yang Hanya Ada di Indonesia

Gotong Royong

Gotong royong merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama dan bersifat sukarela.

Salah satu bentuk gotong royong yang paling mudah ditemui baik di wilayah kota maupun desa adalah kerja bakti. Tentu saja hampir semua kegiatan yang dilakukan bersama dan sukarela bisa disebut sebagai gotong royong.

Diluar negeri memang masih banyak negara yang melakukan aktivitas mirip dengan gotong royong. Namun, biasanya kegiatan tersebut dilakukan saat akan ada event-event penting seperti festival dan perayaan tertentu.

Membungkukkan Badan Ketika Lewat di Depan Orang Tua

Kebiasaan membungkukkan badan ketika lewat di depan orang yang lebih tua mungkin sudah jarang terlihat jika kamu tinggal di daerah perkotaan.

Namun, saat berkunjung di wilayah pedesaan kebiasaan tersebut masih bisa kamu temui. Alasannya adalah menunjukkan sopan santun sebagai generasi muda dan wujud menghormati orang tua. Selain itu biasanya orang yang membungkukkan badan akan mengatakan “permisi” sesuai bahasa setempat.

Hanya saja saat ini budaya sopan santun tersebut sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Selain karena pengaruh lingkungan sekitar dan pergaulan, pendidikan karakter belum sepenuhnya dapat diterapkan dengan baik di sekolah.

Senyum Tanda Keramahan

Orang-orang Indonesia suka tersenyum bahkan kepada orang yang tidak dikenalnya sekalipun.

Hal yang hanya ada di Indonesia ini mungkin terlihat aneh bagi wisatawan dari mancanegara. Namun, kebiasaan tersebut justru merupakan bentuk keramahan penduduk Indonesia kepada orang lain.

Tentu berbeda dengan negara lain yang mungkin tidak memiliki kebiasaan yang satu ini. Di beberapa negara di dunia, melempar senyum kepada orang yang tidak dikenal adalah tindakan yang kurang sopan.  

Serba Tangan Kanan

Saat kecil pasti kamu pernah ditanya oleh orang tua dengan semacam pertanyaan “mana tangan yang baik?” dan harus dijawab “tangan kanan”.

Memang untuk hampir semua hal orang Indonesia diajari agar selalu memakai tangan kanan kecuali melakukan sesuatu yang dianggap kotor atau kamu memang kidal. Mulai dari menerima barang, memberi, makan, sampai berjabat tangan harus menggunakan tangan kanan.

Sedikit berbeda dengan negara lain terutama di kawasan Eropa atau Amerika yang tidak terlalu mempermasalahkan penggunaan tangan kanan atau kiri saat beraktivitas.

Bahkan urusan formal seperti table manner memakan steak harus menggunakan tangan kiri untuk memasukkan makanan ke mulut.

Mencium Tangan Orang yang Lebih Tua

Salah satu kebiasaan positif yang hanya bisa kamu temui di Indonesia adalah mencium tangan orang tua.

Kebiasaan tersebut merupakan bentuk rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Kebiasaan mencium tangan orang yang lebih tua biasanya dilakukan generasi muda saat akan berangkat sekolah atau bekerja.

Sebenarnya mencium tangan orang yang lebih tua memang dianjurkan dalam agama islam.

Hal tersebut sebagai bentuk rasa hormat kepada mereka yang lebih tua dan telah menikmati pahit manisnya kehidupan.

Disisi lain memang ada pembatasan tentang mencium tangan terutama untuk laki-laki dan perempuan yang belum muhrim. Namun, mencium tangan orang tua sendiri tentu merupakan hal yang sangat terpuji.

Rajin Mandi

Rata-rata penduduk Indonesia setiap harinya mandi minimal 2 kali atau bahkan lebih. Hal yang hanya ada di Indonesia ini tidak lepas dari kondisi geografis Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa sehingga mempunyai cuaca cukup terik.

Kondisi tersebut membuat orang yang tinggal di Indonesia lebih mudah berkeringat sehingga mandi lebih dari 2 kali dalam satu hari adalah hal lumrah.

Tentu kebiasaan mandi tersebut berbeda dengan negara lain terutama yang terletak jauh dari garis khatulistiwa.

Kondisi cuaca yang lebih dingin membuat penduduk beberapa negara di dunia lebih sedikit mengeluarkan keringat sehingga cukup berpengaruh pada kebiasaan mandi mereka. Bahkan bukanlah hal yang aneh jika mereka tidak mandi dalam satu hari.

Kebiasaan Makan yang Unik

Selain dikenal dengan sajian makanan yang enak, masyarakat Indonesia juga memiliki beberapa kebiasaan unik jika menyangkut kebiasaan makan.

Pertama, belum disebut makan jika tidak menggunakan nasi. Kedua, makan menggunakan tangan secara langsung tanpa sendok adalah hal biasa. Ketiga, meskipun tidak semua orang namun kehadiran sambal sebagai pelengkap sajian adalah nilai tambah dalam menyantap makanan.

Sangat berbeda dengan negara lain terutama yang makanan pokoknya bukan nasi. Selain itu kebiasaan makan melalui tangan secara langsung kadang dicap kurang higienis.

Sedangkan kehadiran sambal sebagai pelengkap saat menyantap makanan hanya berlaku jika makanan tersebut memang cocok disajikan dalam pilihan rasa pedas.

Banyak Perayaan

Indonesia memiliki ratusan suku bangsa dengan beragam budaya terutama dalam bentuk perayaan.

Tidak hanya untuk ritual-ritual hari besar saja, berbagai perayaan juga bisa dilihat pada acara umum seperti pernikahan dan khitanan.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, perayaan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus pelestarian budaya.

Misalnya, untuk acara pernikahan saja setiap daerah atau suku memiliki perayaannya masing-masing. Setiap daerah mempunyai ritual khusus serta berbagai hal pendukungnya seperti mahar maupun hidangan yang disajikan.

Halalbihalal

Halalbihalal adalah sebuah kegiatan yang sering dilakukan setelah hari raya idul fitri. Biasanya hal yang hanya ada di Indonesia tersebut berisi kunjungan ke keluarga atau kerabat untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.

Meskipun namanya ke arab-araban namun sebenarnya istilah halalbihalal asli dari Indonesia.

Menurut riwayatnya, istilah halalbihalal pertama kali digagas oleh ulama bernama KH Wahab Chasbulah.

Beliau pernah diundang oleh Presiden Soekarno ke Istana Negara dan dimintai masukkan untuk meredakan situasi politik kala itu.

KH Wahab Chasbulah kemudian memberikan saran supaya menggelar acara silaturahmi karena waktu itu mendekati hari raya Idul Fitri dengan istilah halalbihalal. Semakin lama istilah tersebut berkembang di masyarakat hingga seperti sekarang.

Makan Cabai Secara Langsung

Pernah melihat orang asing memakan cabai secara langsung? Mungkin hal tersebut jarang kamu temui ketika mengunjungi negara lain. Padahal di Indonesia memakan cabai secara langsung tanpa diolah merupakan hal lumrah.

Berbeda dengan negara lain yang sebagian besar penduduknya mungkin tidak pernah memakan cabai tanpa diolah. Mereka lebih suka meraciknya menjadi sambal sebelum dicampurkan dengan makanan.

Itu tadi daftar hal yang hanya ada di Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara lain. Sebagian dari 10 hal diatas merupakan budaya turun temurun dan menjadi kebiasaan positif yang perlu dilestarikan.

Selain jarang atau tidak akan ditemui di negara lain 10 hal diatas menjadi ciri khas yang dikenal wisatawan mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here