Superhero atau pahlawan super merupakan tokoh fiksi yang melakukan tindakan hebat secara sukarela demi kepentingan umum.

Mereka biasa menggunakan kekuatan luar biasa di atas rata-rata manusia biasa yang dimilikinya baik itu kekuatan dari lahir maupun kekuatan buatan dan sering digambarkan sebagai sosok penolong bagi yang membutuhkan dalam membasi berbagai macam kejahatan.

Kumpulan superhero Marvel, Fantastic Four dan X-Men
Kumpulan superhero Marvel, Fantastic Four dan X-Men

Tidak hanya itu, superhero juga selalu tampil ikonik dengan kostum yang khas. Untuk itu, berikut deretan superhero terpopuler sepanjang masa.

Deretan Superhero Terpopuler di Dunia Sepanjang Masa

Seperti yang telah diketahui bahwa sosok superhero ini diciptakan oleh seseorang dan kebanyakan diterbitkan melalui komik.

Tokoh superhero dilahirkan dari kisah komik
Tokoh superhero dilahirkan dari kisah komik

Hal inilah yang menyebabkan para superhero ini menjadi populer dan dikenal oleh masyarakat secara luas. Untuk saat ini, beberapa superhero terpopuler di dunia sepanjang masa telah dikuasai oleh superhero yang berasal dari dua komik terbesar di dunia, yaitu DC comics dan Marvel comics.

Superman

Superman
Superman

Tokoh superhero terpopuler di dunia sepanjang masa yang pertama berasal dari DC comics, yaitu Superman.

Superhero ini digambarkan sebagai sosok lelaki bernama Kal-El yang sangat kuat dan berasal dari planet bernama Krypton. Ia dikirim ke bumi oleh orang tuanya ketika terjadi peperangan besar di planet kelahirannya.

Sedangkan ketika di bumi, Ia ditemukan dan dibesarkan oleh pasangan Jonathan Kent dan Martha Kent serta ia diberi nama Clark Kent.

Dengan kekuatan super dan mata laser, ia terus berusaha memerangi kejahatan di bumi. Akan tetapi, kelemahan Superman ini adalah sebuah batu hijau bernama Kyptonite.

Batman

Batman
Batman

Tokoh superhero selanjutnya masih berasal dari DC comics, yakni Batman. Nama asli Batman adalah Bruce Wayne, seorang playboy dari Amerika yang kaya raya namun mempunyai sifat dermawan.

Awal mula ia berambisi untuk menjadi seorang Batman, yaitu ketika menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh ketika ia masih kanak-kanak.

Semenjak itu, ia telah bersumpah untuk membalaskan dendamnya dengan memberantas para penjahat.

Batman merupakan salah satu superhero yang tidak mempunyai kekuatan super. Namun dengan bantuan teknologi, intelegensi, dan pengetahuannya.

Iron Man

Iron Man
Iron Man

Iron Man merupakan salah satu superhero paling populer yang berasal dari Marvel comics. Hampir seperti Batman, sebenarnya Iron Man tidak memiliki kekuatan super.

Identitas asli dari Iron Man yaitu bernama Tony Stark, seorang playboy dan pengusaha kaya raya asal Amerika. Dalam memberantas kejahatan, ia dibantu dengan intelegensi dan teknologi canggih yang dimilikinya.

Dalam mengoperasikan teknologi yang dimiliki tersebut, ia juga dibantu oleh seorang asisten yang bernama Jarvis. Selain itu, Iron Man mempunyai sifat konyol namun tetap jenius. Ia juga merupakan pendiri dari tim superhero Marvel terkenal, yaitu The Avengers.

Captain America

Captain America
Captain America

Sosok dibalik topeng Captain Amerika ini adalah seorang pria bernama Steve Rogers. Sebenarnya, Steve Rogers merupakan seorang tentara biasa dalam perang dunia ketika pasukan Amerika Serikat menghadapi NAZI.

Namun berkat serum super solider yang dibuat oleh Dr. Joshef Reinstein, ia berubah menjadi sesosok pahlawan super yang kuat  serta dibekali dengan perisai vibranium (logam terkuat di bumi dalam dunia Marvel) bernama Captain America.

Hingga suatu hari ketika ia harus menyelatkan kota dari bom dalam pesawat, Ia rela membeku bersama pesawat yang ditumpangi dan tertidur selama 70 tahun.

Spiderman

Spiderman
Spiderman

Spiderman merupakan tokoh superhero ramah yang dibuat oleh penulis terkenal dari Marvel, Stan Lee dan pertama kali muncul pada tahun 1960-an.

Nama asli dari Spiderman yaitu Peter Parker, seorang remaja yang tinggal di Queens, Manhattan bersama bibinya bernama May Parker.

Awal mula Peter parker menjadi Spiderman adalah ketika ia mengunjungi sebuah institut milik Norman Osborn.

Di dalam sana, ia digigit oleh seekor laba-laba yang terkena radioaktif sehingga ia mempunyai berbagai kekuatan super seperti mampu mengeluarkan jaring laba-laba dari tangannya. Spiderman ini juga merupakan salah satu superhero yang mempunyai sifat jenaka dan ramah.

Wolverine

Wolverine
Wolverine

Wolverine merupakan superhero terpopuler di dunia sepanjang masa yang berasal dari tim X-Men.

Identitas asli dari Wolverine adalah James “Logan” Howlett, seorang mutan yang menjadi prajurit dalam perang dunia dengan kekuatan super berupa healing factor dan dapat mengeluarkan cakar dari tangannya.

Seusai perang dunia, ia sempat menjadi bahan percobaan yang mengakibatkan seluruh tulangnya termasuk cakarnya diubah menjadi adamantium (salah satu logam terkuat di dunia X-Men) dan ingatannya benar-benar hilang.

Semenjak itu, ia beralih profesi menjadi sosok tentara bayaran. Namun, suatu saat ia bertemu dengan Profesor X yang mencoba untuk menyelamatkannya dan membuatnya bergabung dengan X-Men untuk membasmi kejahatan.

Wonder Woman

Wonder Woman
Wonder Woman

Wonder Woman adalah salah satu superhero paling terkenal dari DC comics. Ia merupakan seorang putri dari suku Amazon yang bernama Diana.

Wonder Woman mempunyai berbagai kekuatan super disertai keahlian bertarung yang hebat. Disamping itu, ia juga dibekali dengan senjata andalannya yang bernama laso kebenaran dan sepasang gelang terhebat.

Selain itu, ia pernah terlibat dalam perang dunia bersama pasukan Amerika serikat. Wonder Woman juga merupakan salah satu anggota dari Justice League bersama Superman, Batman, dan superhero dari DC comics lainnya.

Aquaman

Aquaman
Aquaman

Masih dalam dunia DC comics, superhero paling populer selanjutnya adalah Aquaman. Dapat dikatakan bahwa Arthur Curry atau Aquaman ini mempunyai dua gabungan darah antara ras manusia dan ras atlantean.

Ayahnya merupakan seorang penjelajah lautan dan ibunya adalah pewaris tahta kerajaan Atlantis.

Namun disaat Arthur masih kecil, ibunya harus meninggalkannya bersama sang ayah karena telah dijodohkan dengan orang lain.

Ketika ia tumbuh dewasa, ia harus mengalahkan adik tirinya bernama Ocean Master untuk mendapatkan tahta yang seharusnya menjadi miliknya.

Deadpool

Deadpool
Deadpool

Nama asli Deadpool adalah Wade Wilson, seorang mutan yang memiliki kekuatan healing factor sangat tinggi dan pernah menjadi kelinci percobaan dalam sebuah eksperimen mengerikan.

Sebenarnya Deadpool ini adalah teman lama Wolverine ketika mereka menjadi pembunuh bayaran.

Ketika tim tersebut dibubarkan, Deadpool masih menjadi seorang pembunuh bayaran tanpa tuan namun mempunyai sifat dan sikap yang konyol.

Awal mula ia menjadi seorang superhero, adalah ketika tim X-Men yang baru menemuinya dan membimbingnya ke jalan yang benar.

Hulk

Hulk
Hulk

Hulk merupakan sosok makhluk berbadan hijau besar dengan emosi yang sangat tinggi. Awal mula terciptanya Hulk ini adalah ketika Dr. Bruce Banner terkena ledakan dari bom gamma secara tidak sengaja.

Semenjak itu, ketika Dr. Bruce Banner marah maka fisiknya akan berubah menjadi menyeramkan dan emosinya tidak terkendali.

Namun dengan kecerdasan yang dimilikinya, akhirnya sosok Bruce Banner dan Hulk dapat bersatu dengan menjadi Professor Hulk yang mempunyai sifat pandai namun fisiknya kuat.

Itulah deretan 10 superhero terpopuler di dunia yang perlu untuk kamu ketahui.

Walaupun mereka hanyalah karakter fiksi, namun sifat dan sikap yang dimilikinya dapat dijadikan sebagai teladan dan memberikan semangat dalam kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here