Hidup di jaman modern memberikan dampak yang tidak terlalu baik bagi kesehatan. Banyaknya polusi, kebiasaan makan yang tidak sehat, tingkat kesibukan tinggi, dan juga kurangnya olahraga pada akhirnya membuat kualitas hidup semakin rendah.

Kualitas hidup yang rendah
Kualitas hidup yang rendah

Saat kualitas hidup terbilang rendah, maka tak heran jika orang-orang menjadi gampang sakit dan rentan terhadap paparan virus. Untuk itu, solusi terbaik adalah mengubah kebiasaan buruk sehari-hari dan gaya hidup kurang sehat agar kualitas hidup semakin meningkat. Faktanya, kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup ternyata dapat dilakukan dengan mudah.

Jika kamu juga merasa kualitas hidupmu semakin menurun, berarti sudah saatnya kamu melakukan beberapa perubahan dalam hidup. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Semuanya cukup mudah dilakukan dan efeknya sangat baik bagi kesehatan, baik itu untuk jiwa maupun ragamu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup?

Hidup sukses dan bahagia
Hidup sukses dan bahagia

Berikut ini adalah daftar lima kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Setelah membaca penjelasan di bawah ini, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang hidup tidak sehat dan tubuh yang rentan terhadap penyakit. Semua kebiasaan ini terbilang sepele dan mungkin tak banyak dipedulikan oleh sebagian besar orang. Meski dianggap remeh, jika semua kebiasaan di bawah ini dilakukan setiap hari, niscaya kualitas hidupmu pasti akan meningkat.

Sarapan dengan Menu yang Sama Setiap Hari

Sarapan dengan menu sayuran dan buah
Sarapan dengan menu sayuran dan buah

Menurut penelitian, orang yang sarapan dengan menu yang sama tiap hari terbilang lebih bahagia dan tidak sering pusing dan merasa buntu ketika menghadapi masalah. Mengapa bisa demikian? Sarapan menjadi jam makan yang krusial. Tiap hari orang harus sarapan dan biasanya waktunya mepet. Menghabiskan waktu untuk memikirkan mau sarapan apa bisa memicu tubuh untuk panik dan pusing.

Alhasil, bukannya kenyang, yang ada malah rasa terburu-buru saat sarapan karena waktumu habis untuk memikirkan menu. Inilah mengapa sangat disarankan untuk makan menu sarapan yang sama tiap harinya. Yang terbaik adalah makan buah dan sayur saja tiap pagi. Banyak sekali varian buah dan sayur yang bisa disiapkan dengan mudah malam harinya, sehingga pada pagi hari, kamu tinggal makan atau mengolahnya saja. Tak perlu lagi pusing memikirkan mau sarapan, bukan?

Luangkan Waktu untuk Berdiri

Bekerja dengan berdiri
Bekerja dengan berdiri

Sebagian besar orang-orang modern bekerja kantoran 8 jam sehari, atau bahkan lebih. Banyak dari mereka yang menghabiskan 8 jam di kantor untuk duduk di depan layar komputer. Bahkan makan pun mereka lakukan di situ. Jangankan untuk olahraga kecil, berdiri saja tidak. Padahal, hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Duduk terlalu lama membuat badan kaku dan menimbulkan banyak penyakit. Menurut penelitian, orang yang tidak banyak berdiri selama jam kantor lebih rentan terhadap penyakit tulang dan sendi, dan juga lebih sering terserang sakit kepala. Inilah pentingnya meluangkan waktu untuk berdiri. Paling tidak satu jam sekali berdirilah dari kursimu dan jalan-jalanlah di sekitar ruangan kantor.

Lakukan Meditasi

Meditasi
Meditasi

Kalau kamu pecinta meditasi dan merasa nyaman berada dalam suasana hening dan tenang, kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup untukmu adalah meditasi. Cara menenangkan diri ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan memang efeknya baik untuk membuat jiwa lebih tenang dan nyaman.

Meditasi harus dilakukan di tempat yang benar-benar sunyi senyap, tanpa ada gangguan sama sekali. Hal ini tidak mungkin dilakukan di kantor atau di rumah ketika ada banyak orang di dalamnya. Maka, saat kamu sendirian atau pada saat ada kesempatan di mana suasana di sekitarmu terbilang sepi, lakukanlah meditasi. Gunakan pakaian senyaman mungkin, duduklah bersila dengan nyaman, dan pejamkan mata. Pikirkan hal-hal positif dan menyenangkan selama bermeditasi.

Bersyukur dan Tertawa

Bersyukur dan tertawa
Bersyukur dan tertawa

Banyak orang yang terobsesi dengan sosial media di jaman sekarang ini. Mereka terlalu sibuk membuka sosmed dan melihat kehidupan orang lain. Sebagian dari mereka kemudian mulai membanding-bandingkan kehidupannya dengan milik orang lain. Hasilnya? Mereka jadi kurang bersyukur, dan tidak bisa lagi tertawa lepas tanpa beban.

Padahal, salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup adalah dengan terus bersyukur dan tertawa. Kedua kebiasaan ini meningkatkan kesehatan jiwa dan membuat kita terhindar dari stres. Jika perlu, siapkan jurnal atau buku catatan kecil. Tuliskan semua hal baik dalam hidupmu yang patut kamu syukuri. Tuliskan juga hal-hal yang bisa membuatmu tertawa dan bahagia.

Terdengar receh dan terlalu filosofis? Ya, mungkin seperti itu awalnya. Tapi tidak ada salahnya mencoba dan rasakan perbedaannya. Dengan menanamkan sikap rendah hati, menerima, dan selalu bersyukur, dijamin semua hal dalam hidupmu akan terasa cukup dan menyenangkan.

Tak perlulah terlalu sering melihat ke atas, ke arah orang-orang yang hidupnya kamu rasa lebih enak dan lebih nyaman. Tengoklah sekali-kali ke bawah, di mana banyak orang yang kurang beruntung dan mungkin untuk makan saja susah. Di situlah kamu akan melihat jika semua hal yang kamu terima dalam hidup patut disyukuri.

Matikan Handphone 30 Menit Sebelum Tidur Malam

Menonaktifkan handphone 30 menit sebelum tidur
Menonaktifkan handphone 30 menit sebelum tidur

Kebiasaan terakhir inilah yang mungkin sangat tidak mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia jaman sekarang, atau istilah kerennya “people jaman now”. Kita sekarang ini hidup di era gadget, terutama smartphone, di mana gadget hampir tidak pernah lepas dari tangan. Coba ingat-ingat, sebelum tidur apa kamu main smartphone juga, bahkan scrolling-scrolling sosial media hingga akhirnya mengantuk dan tidur?

Sekali dua kali pasti kamu pernah melakukannya. Sayangnya, ada orang yang tiap hari seperti ini. Padahal, efeknya sangat tidak baik bagi kesehatan. Ada dua efek buruk utamanya: terkena radiasi dari layar ponsel dan membuatmu tidak bisa tidur nyenyak. Berdasarkan penelitian, bermain smartphone sebelum tidur bisa membuat kepala pusing dan menurunkan kesehatan mata. Parahnya lagi, kebiasaan ini juga membuatmu tidak nyenyak tidur.

Untuk itulah, bagi yang ingin tidur nyenyak dan lebih sehat tiap harinya, matikan semua perangkat, termasuk smartphone, gadget, TV, alat pemutar musik, dan lain-lainnya paling tidak 30 menit sebelum jam tidur. Kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup ini akan membuat kamar tidurmu terasa tenang dan nyaman karena tidak ada bunyi dering notifikasi dan suara-suara mengganggu lainnya. Alhasil, kamu bisa tidur dengan cepat, nyaman, dan lelap.

Baca lebih lanjut: Kualitas dan durasi tidur mempengaruhi kesuksesan masa depanmu.

Hidup bahagia
Hidup bahagia

Itulah tadi beberapa hal atau kebiasaan yang bisa dilakukan tiap hari dan memiliki efek baik untuk meningkatkan kualitas hidup sehari-hari. Semua orang pasti ingin sehat dan bahagia, bukan? Termasuk juga kamu! Untuk itu, lakukan semua kebiasaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup di atas tadi agar hari-harimu menjadi semakin menyenangkan, menyehatkan, dan tentunya berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here