Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat dalam cahaya sempurna. Kehadiran warna memberikan variasi dalam kehidupan sehari-hari.

Warna dalam kehidupan sehari-hari
Warna dalam kehidupan sehari-hari

Dengan warna, semua yang nampak di penglihatan mata akan indah. Warna rumah, warna pakaian, warna sayur dan buah-buahan mendatangkan kesegaran tersendiri bagi mata kita. Apakah kamu tahu makna dari setiap warna yang ada di muka bumi ini? Mari kita pelajari beberapa arti warna di bawah ini.

Warna adalah suatu nilai estetika yang memberikan makna pada hal yang dibawanya. Setiap bentuk benda yang mengandung warna akan menghadirkan arti tersendiri. Contohnya seperti pakaian yang dikenakan.

Tidak jarang, kamu akan menyesuaikan pemilihan warna pakaian untuk acara atau kegiatan tertentu. Kesalahan memakai warna pakaian terkadang menimbulkan dampak yang fatal kedepannya. Seperti jika kamu mendatangi atau sedang mengunjungi teman yang berkabung, kamu tidak akan memilih pakaian dengan warna merah atau kuning.

Makna Dari Warna dan Kesan yang Dikandungnya

Warna dan Kesan yang dibawanya
Warna dan Kesan yang dibawanya

Belajar arti warna adalah belajar mengenai pesan dan kesan dari warna itu sendiri. Sehingga diharapkan kamu mengerti bagaimana menempatkan pemakaian warna dalam kegiatan sehari-hari. Warna juga dianggap sebagai gambaran kepribadian bagi penggemarnya.

Tidak dipungkiri bahwa kita sering kali lebih condong untuk menyukai warna tertentu. Inilah beberapa arti warna yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Ketahui aplikasi pemutar musik android terbaik

1. Putih

Putih merupakan warna netral yang melambangkan kebersihan, kesucian dan suasana terang. Kesan suci sering dijumpai dalam acara keagamaan yang menggambarkan sisi agama adalah aspek suci dalam diri.

Wanita Berkaos Putih
Wanita Berkaos Putih

Kesan kebersihan dipergunakan dalam bidang kedokteran, menggambarkan bersih yang memberikan makna sehat.

Warna putih juga sering dipergunakan sebagai penyamarataan tanpa memandang aspek lain seperti seragam putih.

Jika kamu memakai warna putih, kesan yang didapatkan adalah bersih, terang, dan natural. Kamu akan terlihat bersih dan polos ketika kamu menggunakan warna ini.

Orang-orang di sekitarmu akan merasakan kedamaian ketika berada di sisimu.

2. Hitam

Pria Ber-Jas Hitam
Pria Ber-Jas Hitam

Ada dua pendapat mengenai kesan warna yang satu ini. Di satu sisi, warna hitam menggambarkan kekuatan, maskulinitas, percaya diri dan klasik.

Inilah mengapa warna hitam sering sekali dipergunakan dalam dunia fashion. Warna dasar ini mampu menciptakan kesan klasik dan mewah.

Di sisi lain, warna hitam mengandung kesedihan, misterius, kegelapan dan kesuraman. Sisi yang satu ini, membawa warna hitam pada kesan yang menakutkan sehingga terkadang menggambarkan kesedihan mendalam.

Seperti ketika kamu dirundung duka karena kematian. Secara naluriah, kamu akan memilih warna hitam sebagai refleksi kesedihan yang dialami.

3. Merah

Wanita Berbaju Merah
Wanita Berbaju Merah

Dalam dunia psikologi, warna merah menggambarkan keberanian, energi, kekuatan, gairah, kegembiraan, dan kemewahan.

Hal ini kerap dihubungkan dengan warna matahari, warna api yang diumpamakan sebagai kekuatan energi. Pemakai warna ini memberikan kesan semangat yang berkobar-kobar, energi yang tak pernah habis dan kegembiraan yang meluap-luap.

Jika digunakan pada warna rumah, maka warna merah akan menyumbangkan semangat dan energi pada penghuninya. Setiap hari akan ada semangat baru yang dimunculkan oleh setiap anggota keluarga.

4. Biru

Pria Ber-Jas Biru
Pria Ber-Jas Biru

Warna biru menggambarkan kedamaian, ketenangan, sejuk, stabil dan santai. Warna biru mewakili langit dan laut yang juga memberikan kesan luas jika diaplikasikan pada interior rumah.

Dalam hal fashion atau tata berbusana, filosofi warna biru menggambarkan ketenangan yang hakiki. Pemakai warna ini lebih kepada pembawaan yang santai namun tetap formal dan berwibawa.

Dalam suatu hubungan, warna biru memberikan kesan profesionalisme, simbol kepercayaan diri, kecerdasan dan kepandaian.

Akan tetapi dalam hal psikologi, warna ini menggambarkan sifat yang keras kepala, tidak mampu bersikap ramah, kurang bisa merasakan empati kepada orang lain dan acapkali bersikap dingin.

5. Kuning

Wanita Berbaju Kuning
Wanita Berbaju Kuning

Warna ini merupakan salah satu warna terang yang dominan di banyak bidang. Warna yang menggambarkan keceriaan, kebahagiaan, energi semangat dan rasa optimis yang positif kerap mewakili para pecinta warna kuning.

Sikap ramah nan bersahabat sering kali ditunjukkan jika kamu menggunakan warna kuning yang cerah dan ceria ini.

Dalam bidang psikologi, warna kuning mampu menstimulasi munculnya ide kreatif, meningkatnya daya analisa dan merangsang aktivitas pikiran dan mental.

Maka tidak salah jika kamu menggunakan warna kuning ini sebagai warna kamarmu agar selalu merangsang munculnya ide-ide kreatif dan pikiran yang positif.

6. Hijau

Wanita Menikmati Alam Hijau
Wanita Menikmati Alam Hijau

Menjadi perwakilan dari warna alam semesta di sekitar kita, hijau menggambarkan keseimbangan, kedamaian, kesuburan dan kesegaran.

Warna hijau sering kali dipergunakan dalam kegiatan yang berhubungan dengan relaksasi, karena warna ini dipercaya mampu memberikan efek menenangkan bagi mereka yang merasa stress berat.

Warna hijau cocok diaplikasikan di ruang tidur karena kesan menenangkan akan memberikan dampak yang signifikan bagi jiwa raga yang lelah setelah aktivitas seharian.

7. Orange

Warna Orange
Warna Orange

Warna yang satu ini cukup menarik mata untuk menjadi satu fokus yang dituju. Dengan kesan menariknya yang kuat, warna ini bisa dikatakan melambangkan semangat yang membara, optimisme, dan kekuatan yang besar.

Dalam dunia kerja, warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja karena kesan semangat yang ditimbulkan. Akan tetapi, karena coraknya yang kuat, warna ini kurang begitu diminati dalam dunia fashion.

Kesan yang diperoleh ketika memakai warna ini adalah ramai karena efek warnanya yang mencolok di mata.

8. Ungu

Kaos Berwarna Ungu
Kaos Berwarna Ungu

Arti warna yang satu ini lebih pada kebijaksanaan, mandiri, imajinatif dan spiritual yang tinggi. Sering dipergunakan dalam bidang fashion, warna ini memberikan kesan yang dapat menarik perhatian.

Secara tingkatan warna, ungu dan biru hampir memiliki spectrum yang sama. Sehingga tidak jarang, ungu juga bisa menggambarkan rasa santai namun tetap misterius.

Kamu bisa menggunakan warna ini dalam acara formal ataupun nonformal. Penggunaannya dapat diaplikasikan dengan warna lainnya seperti hitam atau putih.

9. Coklat

Perabot Rumah Tangga dengan Warna Coklat
Perabot Rumah Tangga dengan Warna Coklat

Coklat adalah warna natural yang juga mewakili alam semesta. Warna ini bisa dikatakan menghadirkan kenyamanan dan kehangatan.

Sering kali mata kita dimanjakan dengan warna coklat yang mampu menampilkan kesan santai. Warna ini cocok sekali jika diaplikasikan untuk perabot-perabot di ruang keluarga.

Kehangatan dan kebersamaan dalam keluarga akan lebih meningkat. Namun jika warna ini dipergunakan secara berlebihan, akan memberikan kesan kaku dan kolot.

10. Abu-abu

Pria dengan Jass Abu-Abu
Pria dengan Jass Abu-Abu

Warna ini merupakan perpaduan warna netral hitam dengan putih. Sering dipergunakan untuk menggambarkan sisi positif, kemandirian, kestabilan, dan juga kemampuan bertanggung jawab.

Warna abu-abu ini menjadi warna standar yang bisa mencairkan tingkat warna di atasnya yang terlalu mencolok seperti orange.

Akan tetapi, pemakaian warna ini sering memberikan kesan membosankan dan kurang menarik. Pemakainya akan terlihat kurang menarik untuk dipandang.

Itulah tadi beberapa filosofi warna yang bisa kamu pelajari. Dengan mengerti arti beberapa warna, kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam cara pemilihan warna pakaian yang akan dipergunakan.

Ataupun jika hendak mengubah warna cat rumah atau kamar, kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan kesan yang ingin didapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here