Pada usia dini, perkembangan otak anak tidak hanya didapatkan melalui belajar saja, bermain juga dapat mengasah kecerdasan otak anak lho.

Bermain dapat membantu mengasah otak kanan yang berperan untuk daya kreativitas, imajinasi, dan intuisi.

10 Permainan Pengasah Otak Anak
10 Permainan Pengasah Otak Anak

Sedangkan belajar membantu mengasah otak kiri yang berperan mengendalikan kemampuan membaca, menulis, menghitung, serta berlogika.

Ada beberapa permainan pengasah otak yang dapat membantu anak mengasah otak kiri maupun otak kanan sekaligus.

Sangat menginspirasi: Biografi Lengkap Elon Musk, pengusaha multi-company dari Paypal, Tesla, Solar City, SpaceX, yang ber-ambisi mengirim dan memungkinan koloni manusia bermigrasi ke planet Mars.

10 Permainan Pengasah Otak yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

10 Permainan Pengasah Otak Anak
10 Permainan Pengasah Otak Anak

Di masa kini permainan yang dapat mengasah otak sudah banyak dikembangkan, hal tersebut bertujuan membantu para orangtua mendidik anak sekaligus mengajak mereka bermain.

Anak memang belum waktunya untuk sepenuhnya memikirkan masalah pelajaran dan sejenisnya, mereka masih dalam masa bermain sambil belajar.

Ada beberapa permainan yang bagus untuk membantu anak mengasah otak mereka tanpa merasa terbebani seperti ketika memikirkan pelajaran. Berikut ini 10 permainan pengasah otak yang patut untuk kamu berikan kepada anak:

1. Jigsaw Puzzle

Jigsaw Puzzle
Jigsaw Puzzle

Jigsaw puzzle mungkin sudah akrab di telinga maupun mata kita, puzzle jenis ini memang yang paling populer di pasaran.

Jigsaw puzzle merupakan jenis puzzle yang berupa potongan potongan kecil dari sebuah gambar utuh.

Tugas kamu dalam memainkannya adalah dengan merangkai potongan kecil tersebut agar menjadi gambar yang utuh kembali.

Jigsaw puzzle cocok dimainkan oleh anak-anak karena tidak terlalu rumit, jumlah dan bentuk potongan dapat menyesuaikan umur anak, jadi kamu tidak perlu khawatir anak akan kebingungan.

Anak dengan umur 10 bulan sudah bisa dikenalkan dengan permainan ini.

Jigsaw puzzle dapat membantu mengasah otak anak dalam memecahkan masalah dengan pikiran mereka sendiri, mengembangkan koordinasi mata dan tangan, serta membantu mengembangkan kemampuan motorik dan kognitif.

Jigsaw Puzzle
Jigsaw Puzzle

Jigsaw puzzle membuat anak berfikir mana potongan selanjutnya yang cocok dengan potongan sebelumnya, mereka juga akan belajar mengenal objek-objek pada potongan puzzle.

2. Lego

Lego termasuk permainan klasik yang cukup populer untuk dimainkan oleh anak-anak. Lego adalah permainan asal Denmark yang berupa balok warna warni.

Lego
Lego

Balok Lego dapat dibongkar pasang menjadi berbagai macam bentuk seperti mobil, rumah, istana, pesawat, dan lain sebagainya.

Permainan satu ini selain menyenangkan juga dapat mengasah otak anak untuk berfikir bagaimana merangkai balok balok tersebut agar menjadi bentuk yang mereka inginkan.

Selain untuk mengasah otak, Lego juga memiliki manfaat baik untuk kecerdasan anak diantaranya yaitu meningkatkan kreativitas, mengembangkan logika dan pemecahan masalah, dan jika dimainkan bersama teman dapat meningkatkan kerjasama tim dan juga sosialisasi.

3. Flash Card

Flash Card
Flash Card

Flash Card merupakan sebuah permainan sederhana yang menggunakan sebuah kartu bertuliskan huruf atau gambar pada satu sisinya.

Permainan ini dapat membantu mengasah otak anak karena mereka akan dilatih untuk mengingat dan menghafalkan huruf atau gambar yang ada di kartu.

Flash Card dibuat dengan desain dan warna yang menarik untuk anak sehingga mereka tertarik untuk bermain dengan permainan pengasah otak satu ini.

Manfaat lain yang dimiliki permainan flash card yaitu membantu melatih kemampuan membaca, membantu menambah kosakata, dan melatih kemampuan mendengar, membaca, dan berbicara.

Untuk memainkan permainan ini kamu harus ikut membantu anak agar lebih menyenangkan.

4. Rubik

Rubik
Rubik

Rubik merupakan sebuah permainan berbentuk kubus yang memiliki enam sisi dengan enam warna berbeda yaitu kuning, merah, putih, hijau, orange, dan biru.

Pemain diharuskan menyusun kubus agar memiliki warna yang sama pada setiap sisi.

Anak yang dianjurkan memainkan rubik adalah yang sudah berumur di atas 5 tahun, karena permainan ini cukup menguras otak dan kesabaran.

Manfaat yang didapatkan jika memainkan rubik diantaranya adalah melatih kecerdasan emosional anak, melatih otak kanan dan otak kiri agar seimbang, dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

5. Congkak

Congklak
Congkak

Congkak merupakan salah satu permainan tradisional yang masih menyenangkan dimainkan sampai sekarang.

Congkak dimainkan oleh dua orang dengan sebuah papan yang memiliki beberapa cekungan, terdapat 7 biji di setiap cekungan untuk dimainkan.

Permainan ini dapat mengasah otak karena anak diharuskan memiliki strategi agar mengalahkan lawan dengan membuat biji yang ada di ujung papan miliknya lebih banyak dibanding dengan biji yang dimiliki lawan.

6. Shape Sorter

Shape Sorter
Shape Sorter

Permainan pengasah otak selanjutnya adalah Shape Sorter.

Permainan ini merupakan sebuah permainan untuk anak yang memiliki berbagai macam bentuk bisa kotak, kereta, mobil, bola, dan sebagainya.

Setiap bentuk shape sorter memiliki lubang dengan berbagai macam bentuk juga seperti bintang, bulan, kotak, segi lima, segi enam, lingkaran, dan lain-lain.

Jika bermain dengan shape sorter anak dituntut untuk memecahkan masalah yaitu menutupi lubang dengan bentuk yang sesuai, jika tidak cocok dia akan berusaha mencari bentuk lain yang sekiranya cocok pada lubang tersebut.

Dengan permainan ini anak juga dapat belajar macam bentuk dan warna.

7. Activity Table

Activity Table
Activity Table

Activity Table merupakan mainan yang biasanya diberikan kepada bayi dengan bentuk menyerupai meja yang memiliki banyak tombol, tuas, bola, rattle, dan lain sebagainya.

Mainan ini cocok diberikan untuk anak usia di bawah tiga tahun karena penggunaannya yang mudah dan tidak berbahaya.

Activity Table dapat berguna untuk mengembangkan kemampuan motorik halus bayi, meningkatkan kemampuan kognitif, dan dapat merangsang pergerakan bayi sehingga ia bisa tumbuh dengan aktif.

8. Labirin atau Maze

Labirin atau Maze
Labirin atau Maze

Labirin atau maze merupakan sebuah permainan untuk menyelesaikan sebuah misi yaitu menuju titik akhir dari sebuah titik awal, namun dengan perjalanan yang rumit dan cukup banyak jalan buntu.

Anak akan dituntut menemukan jalan yang tepat agar sampai ke titik akhir dengan benar.

Permainan ini mampu membantu anak mengasah kemampuan motoriknya, belajar menyelesaikan masalah, serta dapat meningkatkan imajinasi dan kreatifitas.

9. Sandbox

Sandbox
Sandbox

Sandbox merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk permainan yang membiarkan anak untuk berkreatifitas membentuk sesuatu menjadi sesuatu yang dia inginkan.

Permainan sandbox terdiri dari permainan membentuk dengan pasir, play dough, lilin, atau bahan lain yang bisa digunakan untuk membentuk sesuatu.

Permainan ini dapat membantu anak mengasah otak karena anak dibiarkan berimajinasi dan berfikir bentuk apa yang ingin dia buat dan bagaimana caranya.

10. Petak Umpet

Petak Umpet
Petak Umpet

Petak Umpet merupakan permainan tradisional yang cukup melegenda, permainan ini sudah dimainkan sejak ibu-ibu masa kini masih menjadi anak-anak di jamannya.

Permainan ini bisa mengasah otak karena anak dituntut untuk menebak dimana temannya bersembunyi, dan juga bagaimana dia berfikir dimana tempat aman untuk bersembunyi.

Hal tersebut dapat meningkatkan intuisi dan skill observasinya terasah dengan baik.

Itulah 10 permainan pengasah otak yang bisa membantu anak meningkatkan kecerdasannya. Bermain sambil belajar memang cara yang bagus diterapkan untuk anak kamu. Jadi permainan mana nih favorit kamu yang ingin dimainkan bersama anak di waktu luang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here