Investasi Zaman Milenial
Investasi Zaman Milenial

Generasi milenial dikenal karena bisa merasakan kemudahan dalam berbagai hal. Namun jika tidak bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka tentu saja bisa merugikan di kemudian hari. Sebut saja misalnya dalam hal finansial.

Bisa dibilang saat ini adalah masa produktif bagi para generasi milenial. Lalu bagaimana dengan beberapa tahun yang akan datang? Tidak ada yang tahu.

Untuk itu, sebagai sebuah persiapan untuk masa depan, ada baiknya jika generasi milenial ini mulai memikirkan masa depan finansialnya dengan cara berinvestasi.

Saat ini pun investasi masa kini di zaman milenial semakin beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Konten menarik lainnya: Pekerjaan paling menjajikan di masa depan

7 Instrumen Investasi Masa Kini di Zaman Milenial yang Menjanjikan

Investasi Zaman Milenial
Investasi Zaman Milenial

Di usia yang masih sangat produktif, generasi milenial bisa menghasilkan pendapatan sendiri yang jumlahnya pun bervariasi.

Ketika sudah memiliki pendapatan sendiri, para milenial tak jarang ingin menggunakannya untuk kebutuhan yang sifatnya rekreatif.

Nah, daripada berlaku boros di masa muda, akan lebih baik jika Kamu mulai mempertimbangkan masa depan dari segi finansial.

Untuk itulah berinvestasi saat ini menjadi trend baru yang banyak diminati para milenial. Lantas jenis investasi masa kini di zaman milenial apa saja yang bisa dicoba? Berikut beberapa diantaranya.

1. Reksadana di Tokopedia

Reksadana di Tokopedia
Reksadana di Tokopedia

Reksadana adalah salah satu bentuk investasi yang saat ini banyak diminati oleh kaum milenial. Reksadana sendiri merupakan sebuah wadah dimana masyarakat yang memiliki modal bisa menghimpun dana untuk diinvestasikan.

Dengan menggunakan reksadana, pemodal tak perlu bingung memikirkan instrumen-instrumen investasi yang dibutuhkan.

Salah satu yang saat ini banyak diminati adalah reksadana di Tokopedia. Reksadana Tokopedia ini termasuk dalam instrumen investasi reksadana online yang memberikan banyak kemudahan buat Kamu yang baru memulai berinvestasi.

Mendaftar dan segala aktivitas pembelian maupun penjualan unit reksadana bisa dilakukan secara online. Tidak hanya itu saja, Kamu juga tidak akan dikenai biaya tambahan lagi.

2. Reksadana di Bukalapak

Reksadana di Bukalapak
Reksadana di Bukalapak

Tidak hanya Tokopedia, situs online lain yang menawarkan investasi masa kini di zaman milenial dalam bentuk instrumen reksadana adalah Bukalapak melalui fitur BukaReksa.

Keunggulan dari produk reksadana disini adalah karena BukaLapak hanya melayani produk reksadana untuk pasar uang. Pemilihan produk ini diklaim lebih menguntungkan karena potensi kerugiannya relatif lebih kecil.

Dana yang dibutuhkan pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000. Dengan dana itu Kamu bisa mendapatkan potensi return yang lebih besar dan lagi bisa dijual kapan saja.

Tak usah khawatir karena instrumen investasi ini sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia.

3. Beli Emas di Tokopedia

Beli Emas di Tokopedia
Beli Emas di Tokopedia

Sudah tidak diragukan lagi jika emas adalah salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan.

Bagi para milenial kini tidak perlu membeli emas batang yang tentu memiliki berat minimum saat membelinya. Lebih canggih lagi, investasi emas yang ditawarkan oleh Tokopedia memungkinkan Kamu berinvestasi emas digital yang bisa dibeli dalam jumlah gram lebih kecil.

Hanya dengan modal mulai dari 500 rupiah Kamu sudah bisa menanamkan investasi dalam bentuk emas dari produk Tokopedia Emas. Tidak hanya itu saja, disini Kamu bisa membeli maupun menjual emasmu dengan harga yang sangat kompetitif.

4. Obligasi

Obligasi
Obligasi

Obligasi juga menjadi pilihan investasi kekinian bagi para generasi milenial. Berbeda dengan beberapa pilihan sebelumnya yang menawarkan produk dengan harga terjangkau, untuk obligasi mungkin lebih cocok untuk Kamu yang memiliki modal cukup besar.

Namun berbanding terbalik dengan modal yang harus dikeluarkan, resiko dari investasi ini tergolong lebih kecil.

Yang dimaksud dengan obligasi sendiri merupakan sebuah surat perjanjian hutang yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh pihak yang berhak mengeluarkan obligasi kepada kepada pihak kedua.

Pihak kedua ini adalah pemegang obligasi. Dengan menggunakan dana dari pihak kedua ini, nantinya pihak pertama harus mengembalikan dana tersebut beserta keuntungan dalam bentuk bunga.

5. Deposito

Deposito
Deposito

Jika Kamu ingin berinvestasi jangka pendek, deposito bisa menjadi pilihan yang tepat. Caranya adalah dengan menyimpan uang yang Kamu miliki di bank dalam periode waktu tertentu.

Periode waktu ini bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan yang sudah dibuat. Waktunya bisa satu tahun, dua tahun atau berapa tahun sesuai kesepakatan yang sudah dibuat.

Deposito sendiri bisa menjadi pilihan terbaik karena menawarkan keuntungan lebih besar dengan resiko yang lebih kecil.

Keuntungannya bahkan diklaim lebih besar dibandingkan dengan menabung dengan cara biasa. Bedanya ada pada besarnya bunga yang diberikan tergantung pada jangka waktu yang sudah disepakati oleh nasabah sebelumnya.

6. Properti

Properti
Properti

Instrumen investasi selanjutnya yang bisa menjadi investasi menjanjikan di zaman milenial ini adalah properti.

Properti dalam bentuk apapun, baik berupa rumah, bangunan ataupun tanah terbukti menjanjikan keuntungan yang lumayan besar dengan resiko yang relatif rendah. Hal ini karena harga properti di Indonesia yang cenderung naik setiap tahunnya.

Apalagi jika Kamu memiliki properti di wilayah-wilayah yang strategis.

Jika jaman dulu bisnis properti didominasi oleh tanah, maka di jaman milenial seperti saat ini, anak-anak muda lebih memilih apartemen sebagai produk investasinya.

Dengan memiliki apartemen, apalagi di kawasan strategis, nantinya bisa disewakan lagi atau bahkan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Selain apartemen, pilihan lain yang saat ini juga banyak diminati adalah rumah. Pemilihan properti apa yang ingin dijadikan instrumen investasi ini sebenarnya tergantung pada budget Anda.

Sekali lagi, investasi ini memang membutuhkan modal yang cukup besar namun keuntungan yang dijanjikan juga tak bisa dibilang kecil.

7. Saham

Saham
Saham

Jika berbicara tentang saham, apa yang Kamu pikirkan? Pengusaha tua dengan modal besar atau perusahaan yang sudah berkembang pesat.

Jika Kamu berpikir demikian maka Kamu salah besar. Saham saat ini juga menjadi salah satu instrumen investasi masa kini di zaman milenial yang banyak diminati oleh kaum milenial.

Mungkin jika Kamu baru memulai, ada banyak hal yang harus dipelajari ketika memilih investasi ini.

Namun sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang, saham menawarkan keuntungan yang sangat besar.

Ketika Kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk saham, maka Kamu akan bisa berpartisipasi dalam menentukan strategi untuk pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang.

Cara berinvestasi pada instrumen satu ini adalah dengan cara membeli saham yang bisa memberikan peluang naik.

Jika harga sahamnya sudah meningkat, Kamu bisa menjualnya lagi dan otomatis keuntungan ada di depan mata.

Resikonya adalah pada performa perusahaan yang tidak stabil. Jika performanya turun, maka harga saham juga akan turun.

Di zaman milenial seperti saat ini, melakukan investasi menjadi sebuah keharusan untuk menjamin masa depanmu.

Investasi yang bisa Kamu lakukan pun beragam dengan keuntungan dan resikonya masing-masing.

Namun, ada beberapa jenis atau instrumen investasi masa kini di zaman milenial yang bisa Kamu coba seperti yang dijelaskan di atas.

Instrumen-instrumen tersebut adalah investasi yang menjanjikan peluang keuntungan besar dengan resiko yang berbeda.

Jadi, sekarang Kamu bisa menciptakan trend bahwa anak muda yang kekinian tidak hanya bisa eksis saja, namun juga menjaga eksistensinya di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here