Marvel menjadi salah satu produsen film sukses tahun ini. Berbagai film besutan Marvel dirilis dan berhasil menarik perhatian banyak orang.

DC VS Marvel
DC VS Marvel

Film Marvel sukses bertahan selama 10 tahun dengan memberikan bermacam-macam kejutan untuk penggemarnya. Kamu pasti penasaran apa rahasia kesuksesan Marvel yang membuatnya begitu terkenal dan dapat bertahan lama dengan mengangkat tema cerita yang sama.

Dengan cerita superheronya, Marvel dapat bertahan di antara film-film lain bahkan dengan cerita yang tidak jauh berbeda.

DC, kompetitor utama Marvel, tidak memberikan tanda kesuksesan yang sama seperti Marvel. Padahal DC juga banyak melibatkan personel hebat dalam proses pembuatan filmnya.

9 Rahasia Kenapa Marvel Lebih Sukses dari DC

DC VS Marvel
DC VS Marvel

Kesuksesan Marvel membuat orang bertanya-tanya. Sebuah observasi menuturkan apa yang menjadi rahasia kesuksesan Marvel dalam memberikan film superhero yang banyak disukai dari berbagai kalangan. Berikut rahasia kesuksesan yang dimiliki Marvel yang membuatmu penasaran.

1. Karakter Marvel berhasil menarik empati penonton

Kamu tentu mengenal Spiderman, Iron Man, Captain America, atau tokoh lain dalam film Marvel. Kehadiran tokoh superhero Marvel kebanyakan memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Karakter Marvel berhasil menarik empati penonton

Misalnya, Peter Parker sebagai Spiderman beraktivitas layaknya pelajar, atau Tony Stark sebagai Iron Man merupakan ilmuwan dan pengusaha, atau Captain America awalnya adalah tentara.

Masing-masing tokoh memiliki kepribadian dan kegiatan yang dapat kita temui setiap harinya.

Hal tersebut membuat penonton dapat melihat sosok manusia biasa dalam setiap superhero Marvel dan berempati terhadap mereka. Selain itu, kita menjadi lebih mudah dalam membayangkan bagaimana superhero Marvel dalam kehidupan sehari-hari kita.

Karakter seperti superhero Marvel jarang ditemukan di cerita DC. Superman, Wonder Woman, atau Aquaman merupakan superhero yang memiliki kekuatan sejak lahir.

Penonton akhirnya tidak bisa menyoroti aktivitas dan kepribadian dari masing-masing superhero DC.

Penonton tidak bisa memberikan sikap empati mereka kepada setiap superhero DC. Hal tersebut membuat para penonton susah membayangkan bagaimana jika karakter DC ada dalam dunia nyata.

2. Hidup di dunia yang sama

Hidup di dunia yang sama
Hidup di dunia yang sama

Film-film Marvel Studios tidak pernah lepas satu sama lain. Mereka benar-benar dibuat seolah-olah hidup dalam dunia yang sama. Hal tersebut terlihat dari setiap detail yang ada dalam masing-masing film.

Hidup di dunia yang sama
Hidup di dunia yang sama

Untuk menunjukkan kesinambungan film, produsen juga menyisipkan karakter lain dalam suatu film. Contohnya adalah The Avengers.

Dalam film tersebut, kamu bisa melihat adanya Tony Stark sebagai Iron Man, Thor, dan Steve Rogers sebagai Captain America bekerja sama.

Inilah yang membuat penonton menyenangi film-film Marvel dan menjadi rahasia kesuksesan Marvel.

3. Perkembangan karakter Marvel dijelaskan

Perkembangan karakter Marvel dijelaskan
Perkembangan karakter Marvel dijelaskan

Perkembangan karakter Marvel diceritakan dengan jelas melalui film. Contohnya adalah film Iron Man pertama menunjukkan bagaimana Tony Stark berusaha bebas dari penyanderaan dan berhasil menjadi Iron Man.

Film selanjutnya menggambarkan bagaimana Tony Stark menjadi superhero Iron Man dan akhirnya bertemu dengan superhero lain.

Latar belakang dan bagaimana sebuah karakter berkembang sebagai superhero dituangkan dalam sebuah film sehingga penonton dapat mengikuti cerita karakter tersebut. Penonton dapat mengetahui emosi yang dirasakan oleh setiap karakter.

Berbeda dengan film DC. Dalam film DC, kebanyakan karakter superhero tiba-tiba muncul dalam film bersama.

Contohnya dalam film Justice League, penonton mengetahui adanya Cyborg yang ikut bersama dengan gerombolan superhero. Latar belakang Cyborg hanya dijelaskan sekilas sehingga penonton tidak bisa mengikuti perkembangannya secara perlahan.

4. Alur cerita berkesinambungan

Alur cerita berkesinambungan
Alur cerita berkesinambungan

Kamu bisa menikmati film Marvel karena setiap filmnya berkesinambungan. Kamu akan lebih menikmati ketika kamu mengikuti film Marvel sejak pertama sehingga kamu akan mengerti banyak hal di film-film Marvel lainnya.

Setiap karakter memiliki keterkaitan dengan karakter lain baik di masa lalu maupun masa depan. Selain itu, setiap keputusan yang dibuat oleh masing-masing karakter akan berpengaruh dengan kejadian di masa depan.

Keterkaitan ini terlihat sejak film Marvel awal dan semakin jelas ketika karakter-karakter tersebut bertemu di film The Avengers.

5. Pemeran yang tidak berubah-ubah

Pemeran yang tidak berubah-ubah
Pemeran yang tidak berubah-ubah

Penonton mengenal Robert Downey Jr. sebagai pemeran Iron Man sejak film pertama sampai film Avengers terakhir.

Faktor ini menjadi ketertarikan dan kepuasan tersendiri bagi penonton. Pemeran karakter superhero menjadi lekat dalam pikiran penonton.

Hal ini disebabkan pemilihan pemeran yang benar-benar dilakukan secara tepat. Efek lain adalah penonton tidak perlu membandingkan satu pemeran dengan pemeran lain dalam memerankan karakter yang sama.

Selain itu, pemeran yang sama mempermudah produsen memproduksi film secara berkesinambungan tanpa perlu mencari pemeran pengganti.

Hal tersebut masih susah ditemui dalam film DC. Misalnya pemeran Superman dan Batman terus berubah menyesuaikan dengan produsen film.

Perubahan pemeran menyebabkan adanya pengulangan cerita yang membuat penonton merasa bosan. Pemeran yang berbeda-beda juga membuat penonton membandingkannya dengan satu sama lain.

6. Pemilihan jadwal tayang yang tepat

Pemilihan jadwal tayang yang tepat
Pemilihan jadwal tayang yang tepat

Pemilihan jadwal tayang menjadi salah satu rahasia kesuksesan Marvel. Pihak Marvel Studios selalu tepat dalam membidik jadwal tayang meskipun dalam setahun mereka merilis lebih dari 1 film.

Mereka dapat memperkirakan jarak dari setiap film tersebut agar semua film tetap menjadi incaran bagi penonton.

Marvel Studios juga berhasil “memimpin” kompetitornya, yaitu DC. DC sering lambat dalam menayangkan filmnya sehingga DC sering mendapatkan label sebagai bayang-bayang Marvel.

7. Penyisipan cuplikan film lain

Penyisipan cuplikan film lain
Penyisipan cuplikan film lain

Marvel memiliki trik yang cerdik dalam promosi filmnya. Mereka menyisipkan cuplikan film lain pada pemutaran film yang tayang saat itu.

Cuplikan film tersebut diletakkan di post credit scene. Tidak jarang Marvel menyisipkan 2 cuplikan film lain.

Trik tersebut menjadi salah satu trik promosi Marvel yang berhasil. Mereka dapat membuat penonton merasa penasaran dan menonton film Marvel lain.

8. Adanya humor dalam adegan film Marvel

Adanya humor dalam adegan film Marvel
Adanya humor dalam adegan film Marvel

Sutradara masing-masing film Marvel berhasil menghadirkan tawa di penonton. DC banyak mendapatkan kritikan karena ceritanya yang terlalu “gelap”.

Beberapa film Marvel seperti Ant-Man, Thor: Ragnarok, dan Deadpool berhasil menghadirkan karakter yang humoris.

Adanya candaan di tengah momen serius dalam film berhasil mencairkan suasana tegang di tengah penonton.

Penonton beranggapan adanya humor di tengah film superhero dapat mengurangi sifat monoton cerita superhero yang berkonsep pertarungan dua karakter dan diakhiri kemenangan salah satunya. Kehadiran humor dalam film Marvel membuatnya lebih ramah untuk ditonton anak-anak.

9. Pemerataan karakter

Pemerataan karakter
Pemerataan karakter

Kita mengenal istilah “big three” dalam DC yang mengacu pada tiga karakter utama, yaitu Superman, Batman, dan Wonder Woman.

Karakter DC seolah terfokus pada ketiganya. Bahkan kesuksesan film DC juga bergantung pada kehadiran ketiga karakter tersebut.

Berbeda dengan Marvel. Marvel menghadirkan banyak karakter dan menunjukkan secara merata. Marvel tidak memusatkan karakter tertentu dengan terlalu menonjol. Marvel dapat memperoleh kesuksesan dari banyak karakter yang ada.

Diantara banyaknya kelebihan Marvel yang menjadi rahasia kesuksesan Marvel, Marvel masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diatasi. Meskipun begitu, penggemar setia tetap mendukung Marvel dan menunggu setiap karyanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here