Iron Man
Iron Man

Siapa sih yang tidak tahu Iron Man, tokoh superhero satu ini termasuk ke dalam superhero yang terkenal di seluruh dunia.

Iron Man merupakan salah satu tokoh superhero fiksi yang dibuat oleh Marvels Comics, pertama kali muncul dalam sebuah komik kemudian di tahun 2008 difilmkan ke layar lebar.

Ironman Trilogy, Film Ironman 1, 2 dan 3
Ironman Trilogy, Film Iron man 1, 2 dan 3

Film layar lebar dari Iron Man menjadi box office di berbagai negara yang menayangkannya baik Iron Man 1, Iron Man 2, maupun Iron Man 3.

Karena cukup populer Iron Man selalu muncul di berbagai produk anak seperti tas, baju, sepatu, dan lain sebagainya.

Meskipun karakter Iron Man sangat terkenal ada beberapa fakta unik Iron Man yang mungkin belum kamu ketahui.

10 Fakta unik Iron Man yang Wajib Kamu Tahu

Film Iron Man yang pertama mulai tayang di tahun 2008 yaitu sekitar 52 tahun sejak publikasi pertama tokoh ini yang ditampilkan pada serangkaian kartun di tahun 1966.

Tokoh tersebut merupakan bagian dari tim gabungan superhero terkenal yaitu Avengers.

Iron Man sendiri merupakan sebuah karakter transformasi seorang tokoh bernama Tony Stark setelah dia mengalami kecelakaan hebat dengan luka parah dalam sebuah konflik perang.

Penculikan Tony Stark oleh Teroris Ten Rings
Penculikan Tony Stark oleh Teroris Ten Rings

Dari kecelakaan itu Tony Stark berhasil lolos dari maut namun dia harus diculik oleh kelompok teroris yang bernama Ten Rings.

Karena hidup yang terancam akhirnya Tony Stark membuat sebuah baju pelindung agar bisa menghindari kelompok Ten Rings yang ingin membunuhnya.

Ironman dengan baju armor pertama Mark I
Iron man dengan baju armor pertama Mark I
Ironman Suit 1. Mark I
Ironman Suit 1. Mark I

Sebagai penggemar Iron Man mungkin kamu sudah tahu banyak tentang fakta-faktanya, namun mungkin masih ada beberapa fakta dari Iron Man lain yang belum kamu ketahui.

Berikut ini adalah 10 fakta unik Iron Man yang harus kamu ketahui:

1. Aktor Pemeran Tony Stark Sebelum Robert Downey Jr.

Robert Downey Junior atau yang dikenal dengan singkatan RDJ memang sudah sangat melekat dengan tokoh Tony Stark.

Tom Cruise hampir memiliki pemeran Tony Stark
Tom Cruise hampir memiliki peran Tony Stark

Ternyata sebelumnya tokoh Tony Stark sempat ditawarkan kepada pemain lain, salah satunya adalah aktor tampan dan terkenal Tom Cruise.

Namun, mantan suami Nicole Kidman ini menolak tawaran tersebut karena menganggap naskah dari film Iron Man tidak menarik.

Nicholas Cage hampir memiliki pemeran Tony Stark
Nicholas Cage hampir memiliki peran Tony Stark

Karakter Tony Stark yang jenius, playboy, kaya, dan filantropis ini juga pernah akan diberikan kepada Nicolas Cage yang merupakan seorang penggemar komik.

Kevin Feige, Sutradara Film Ironman
Kevin Feige, Sutradara Film Iron man

Namun, akhirnya sang sutradara Kevin Feige menjatuhkan pilihannya kepada Robert Downey Jr yang ia rasa paling cocok memainkannya.

2. Film Iron Man Mempengaruhi Komiknya

Comic Iron man
Comic Iron man

Kebanyakan film dipengaruhi oleh komiknya, karena memang komik biasanya rilis lebih dulu dibandingkan dengan filmnya.

Namun berbeda dengan Iron Man, karena komiknya justru yang terpengaruh oleh filmnya.

Tony Stark in Comic
Tony Stark in Comic

Contohnya yaitu karakter Tony Stark yang ada di film diperankan oleh Robert Downey Jr, semakin ke sini penampilan dari Tony Stark di komik juga semakin menyerupai Robert Downey Jr.

Tony Stark di Comic
Tony Stark di Comic

Selain itu armor milik Iron Man yang bernama Hulkbuster, di komik versi lama penampilan dari armor ini berbeda dengan yang ada di film Avengers: Age of Ultron.

Hulkbuster di Comic
Hulkbuster di Comic
Hulkbuster di Comic
Hulkbuster di Comic

Namun, setelah penayangannya kemudian rilis komik Avengers : Rage of Ultron hulkbuster memiliki penampilan yang sama dengan yang ada di versi film tersebut.

3. Karakter Tony Stark Terinspirasi dari Manusia Nyata

Howard Hughes
Howard Hughes

Fakta unik Iron Man berikutnya yaitu karakter pria kaya, jenius, dan playboy yang digambarkan pada tokoh Tony Stark tidak sepenuhnya fiksi. Tony Stark terinspirasi dari tokoh kaya yang jenius, playboy, dan filantropis Howard Hughes.

Howard Hughes sendiri merupakan seorang pria asal Amerika yang lahir pada 24 Desember 1905.

Howard Hughes
Howard Hughes

Dia merupakan seorang penemu, petualang, penerbang, dan sutradara film yang kaya dan digilai banyak wanita. Karakter tersebut sangat cocok dengan tokoh Tony Stark yang ada di Iron Man.

4. Iron Man Merupakan Superhero yang Jenius

Tony Stark yang merupakan sosok di belakang superhero Iron Man merupakan lulusan MIT.

MIT adalah singkatan dari Massachusetts Institute of Thecnology, dia lulus pada umur 21 tahun dengan berbagai gelar yang disandangnya.

Massachusetts Institute of Technology
Massachusetts Institute of Technology

MIT sendiri sebenarnya bukan institusi fiksi melainkan Universitas nyata yang ada di Amerika Serikat.

5. Tony Stark Merupakan Seorang Ateis

Ironman Atheist
Ironman Atheist

Tony Stark dengan karakter yang playboy dan jenius digambarkan tidak percaya adanya Tuhan atau dewa yang bisa kita sebut Ateis.

Di film maupun di komik digambarkan bahwa Tony Stark pernah bertemu dengan dewa-dewa dari berbagai cerita akan tetapi meski sudah melihatnya secara langsung dia tetap tidak mempercayainya.

6. Tony Stark Mengalami Major Depressive Disorder

Tony Stark mengalami Major Depressive Disorder
Tony Stark mengalami Major Depressive Disorder

Tony Stark yang seorang jenius pernah mengalami depresi berat, depresi tersebut terpicu salah satunya karena kesalahan yang tidak sengaja dia buat seperti tidak sengaja membunuh penduduk, kejadian di Civil War yang menyebabkan Captain America mati, bibi May sekarat, dan Spider Man jatuh ke lubang hidup terdalam(referensi dari komik).

Hal hal tersebut membuat Tony Stark mengalami Major Depressive Disorder. Ada sebuah komik berjudul Demon in a Bottle yang menceritakan Tony Stark melawan depresi dan alkohol yang membuatnya kecanduan.

7. Tokoh Tony Stark Merupakan Seorang Pecandu Alkohol

Tony Stark adalah seorang pecandu alkohol
Tony Stark adalah seorang pecandu alkohol

Sudah disebutkan bahwa ada komik yang menceritakan Tony Stark melawan kecanduan alkoholnya.

Ya! Tony Stark merupakan pecandul alkohol berat, hal tersebut sempat akan dimasukkan ke dalam film Iron Man 3 namun ditolak Disney.

Mereka ingin karakter superhero menjadi teladan penontonnya, citra buruk di dalam karakter superhero dianggap tidak bagus untuk ditampilkan.

8. The Mandarin Awalnya Sebagai Musuh Utama Iron Man

The Mandarin
The Mandarin

The Mandarin sebenarnya adalah karakter yang dijadikan sebagai musuh utama Iron Man, seperti Joker pada Batman atau Lex Luthor pada Superman.

Hal tersebut merupakan fakta unik Iron Man yang tidak banyak diketahui. Sutradara dari Iron Man yaitu Jon Favreau juga mengatakan bahwa The Mandarin merupakan musuh utama Iron Man.

Namun, kenyataannya pada saat di film justru Obadiah Stane atau Iron Mongerlah yang menjadi musuh Iron Man.

Awalnya The Mandarin akan muncul di film series pertama namun tidak jadi karena dianggap terlalu fantastis untuk series pertama sehingga dipilihlah kelompok teroris Ten Rings yang lebih realistis.

9. J.A.R.V.I.S adalah Sebuah Singkatan

Jarvis
Jarvis

J.A.R.V.I.S merupakan kepala pelayan The Avengers yang setia di komik Marvel. Di film Iron Man sendiri J.A.R.V.I.S merupakan sebuah sistem kecerdasan buatan atau artificial intellegence yang membantu pekerjaan dari Iron Man.

Ternyata J.A.R.V.I.S adalah sebuah singkatan dari Just a Rather Very Intelligent System yang memiliki arti hanya sebuah sistem yang sangat cerdas.

10. Pakaian Iron Man Bisa Mengangkat Beban 100 ton

Tony Stark jika memakai pakai Iron Man mampu mengangkat beban sebanyak 100 ton, hal tersebut sangat fantastis karena beban maksimal yang bisa diangkat Hulk juga 100 ton saja.

Namun, Hulk bisa lebih kuat jika dalam keadaan tidak tenang sehingga bisa mengangkat lebih dari 100 ton.

Hulk & Hulkbuster
Hulk & Hulkbuster

Dalam suatu serie, Iron Man mendapatkan sebuah pakaian baru yang bernama Hulkbuster, pakaian ini bahkan bisa mengangkat beban seberat 175 ton.

Itulah 10 fakta unik Iron Man yang mungkin belum kamu ketahui mulai dari versi film maupun versi komiknya.

Iron Man memang sebuah cerita superhero yang sangat memukau dan sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here