Batman adalah tokoh superhero fiksi terbitan dari DC Comic yang diciptakan oleh seniman bernama Bob Kane dan ditulis oleh Bill Finger.

Tokoh ini pertama kali muncul dalam komik berjudul Detective Comics volume 27 pada bulan Mei 1939. Terdapat banyak fakta menarik batman yang menarik untuk kamu ketahui.

Yang menarik lainnya: Diluar perkiraan, ternyata Mera bukanlah Aquawoman. Simak Fakta-fakta menarik Aquaman lainnya.

Fakta Batman yang Perlu Kamu Ketahui

Superhero yang beroperasi di Gotham City ini mempunyai identitas asli bernama Bruce Wayne, seorang pengusaha kaya raya yang memiliki sifat yang dermawan.

Pada dasarnya, Bruce Wayne menciptakan kepribadian seorang Batman yang terinspirasi dari kelelawar serta melatih dirinya secara intelektual dan fisik setelah ia bersumpah untuk membasmi kejahatan semenjak ia menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh oleh penjahat.

Selain itu, masih banyak lagi fakta menarik Batman yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Asal usul nama seorang Bruce Wayne

Asal usul nama seorang Bruce Wayne
Asal usul nama seorang Bruce Wayne

Pencipta dan penulis karakter superhero Batman alias Bruce Wayne memiliki inspirasi nama dari dua tokoh sejarah ikonik.

Bruce adalah nama dari pemimpin perang dari Skotlandia untuk kemerdekaan negaranya yaitu King Bruce I of Scotland.

Dan untuk nama belakang Wayne juga diambil dari nama belakang pahlawan perang revolusioner Amerika yaitu Brigadir Jenderal Anthony Wayne.

Sedangkan dalam cerita komik, orangtua dari Bruce Wayne yaitu Thomas dan Martha Wayne memberikan nama tersebut seperti nama dari keponakan mereka yaitu Bruce N. Wayne yang merupakan seorang detektif.

Orangtua dari Bruce tersebut mempunyai harapan bahwa kelak anaknya akan menjadi seorang penegak keadilan sama halnya dengan keponakan mereka yang merupakan seorang detektif.

Baca lebih lanjut: Ketahui fakta-fakta menarik si SuperHero Cantik Wonder Woman

2. Sempat mengalami perubahan kostum dan karakteristik

Perubahan Kostum dan Karakteristik
Perubahan Kostum dan Karakteristik

Telah banyak terjadi perubahan yang dialami oleh Batman semenjak pertama kali diciptakan dari segi penampilan hingga sifat dan karakteristik superhero tersebut.

Desain awal dari kostum Batman ini berwarna merah dengan ikat pinggang warna kuning dan jubah hitam.

Serta tidak memakai topeng seperti saat ini. Sedangkan untuk Bruce Wayne, dulunya Ia memiliki rambut berwarna pirang kekuningan kemudian warna rambut tersebut diubah menjadi hitam seperti kostumnya yang juga diubah menjadi warna hitam.

Untuk karakteristiknya, dulunya Ia diciptakan dengan sifat yang sadis dan menggunakan pistol sebagai senjatanya kemudian sifat Batman tersebut diubah menjadi pengampun dan hanya bertarung dengan tangan kosong.

3. Batman mulai latihan sejak umur 14 tahun

Batman mulai latihan sejak umur 14 tahun
Batman mulai latihan sejak umur 14 tahun

Tidak seperti superhero DC lainnya yang memiliki kekuatan super sejak lahir, Untuk menjadi seorang Batman, Bruce Wayne berusaha keras dari pelatihannya yang waktu lama dan menghabiskan banyak biaya.

Untuk itu, Ia telah menjalani pelatihan yang dimulai sejak berumur 14 tahun. Selama masa latihan, Bruce banyak belajar tentang kriminologi, kimia, martial arts, dan forensik.

4. Penguasaan dalam 40 Bahasa

Penguasaan dalam 40 bahasa
Penguasaan dalam 40 bahasa

Fakta menarik Batman selanjutnya adalah penguasaannya terhadap 40 bahasa. Tidak hanya melatih fisiknya saja, Bruce juga mengasah intelegensinya yang dibuktikan dengan penguasaan 40 bahasa.

Bahasa yang dikuai oleh Bruce diantaranya adalah bahasa Italia, Rusia, Spanyol, dan berbagai bahasa lainnya yang umum.

Selain penguasaan bahasa dari berbagai negara tersebut, Ia juga menguasai bahasa pemrograman dalam komputer yang yang ia gunakan untuk menciptakan teknologi yang pendukung saat Batman beraksi.

5. Makanan kesukaan seorang Batman

Makanan kesukaan seorang Batman
Makanan kesukaan seorang Batman

Meski seorang miliarder yang kaya raya, ternyata makanan favorit Batman tersebut bukanlah makanan yang terhitung mahal yaitu sup mulligatawny.

Sup mulligatawny merupakan sebuah sup yang dibuat dengan nasi, daging sayuran, dan dibalut dengan bumbu kari.

Selain sup mulligatawny, salah satu makanan favorit Batman adalah sup french onion yang dibuktikan pada episode Vendetta dalam seri animasi Batman the Animated Series.

Sup french onion tersebut dibuat dari karamelisasi sup bawang serta berisikan sherry dan daging.

6. Batman yang memiliki fobia terhadap kelelawar

Batman yang memiliki fobia terhadap kelelawar
Batman yang memiliki fobia terhadap kelelawar

Fakta menarik Batman yang satu ini memang cukup aneh. Berbagai peralatan canggih yang dimiliki oleh Batman tersebut berbentuk menyerupai kelelawar, mulai dari markasnya yang Ia beri nama Batcave hingga mobil pendukung aksinya yang dinamai Batmobile.

Asal kamu tahu, sebenarnya inspirasinya terhadap kelelawar bukanlah sebuah alasan jika Bruce Wayne menyukai kelelawar, melainkan karena Ia memiliki fobia terhadap kelelawar tersebut.

7. Kakak laki-laki dari Batman

Kakak laki-laki dari Batman (Captain Boomerang)
Kakak laki-laki dari Batman (Captain Boomerang)

Ternyata Bruce Wayne sendiri tidak tahu jika Ia masih mempunyai seorang kakak. Kakak laki-laki dari Bruce Wayne tersebut bernama Thomas Wayne Jr. yang memiliki usia 3 tahun lebih tua dari Bruce.

Sewaktu Thomas masih kecil, Ia mengalami sebuah kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada otaknya sehingga stabilitas mentalnya terganggu kemudian membuat Thomas menjadi seseorang yang berbahaya.

Tak punya pilihan lain, orang tuanya memasukan Thomas ke dalam rumah sakit jiwa yang bernama Willowood kemudian mengubah nama Thomas Wayne Jr. menjadi Thomas Willowood.

Suatu ketika, Thomas kabur dari rumah sakit tersebut kemudian menjadi seorang penjahat yang bernama Boomerang Killer. Meskipun ia tumbuh menjadi penjahat yang kejam, Ia sempat menyelamatkan adiknya yaitu Bruce pada akhir hidupnya.

8. Batman mempunyai seorang anak

Batman mempunyai seorang anak (Robin)
Batman mempunyai seorang anak (Robin)

Akibat komitmen yang telah ia pegang teguh dalam membasmi kejahatan, Bruce Wayne jarang sekali terlihat memiliki hubungan serius dengan seorang wanita.

Bahkan Ia terlihat seperti tidak membutuhkan hal semacam itu. Akan tetapi, ternyata Bruce Wayne mempunyai seorang anak yang berasal dari hubungannya dengan seorang superhero yang bernama Thalia Al-Gul.

Thalia Al-Gul juga merupakan anak dari guru Bruce Wayne yang bernama Rash Al-Gul. Dari hubungan antara Bruce Wayne dan Thalia Al-Gul menghasilkan anak bernama Damian Wayne.

Anak dari Bruce Wayne tersebut juga menjadi superhero bernama Robin yang setia membantu ayahnya dalam membasmi kejahatan.

9. Hubungan antara ayah Batman dan ayah Superman

Hubungan antara ayah Batman dan ayah Superman
Hubungan antara ayah Batman dan ayah Superman

Ternyata jauh sebelum perkelahian antara Batman dan Superman pada film Batman v Superman Dawn of Justice, Thomas Wayne yaitu ayah Batman pernah menjalin komunikasi dengan ayah kandung Superman yang berada di planet Krypton kemudian mengirim Superman ke planet Bumi.

Dimana hal ini terjadi pada komik Superman/Batman. Menurut cerita dalam komik tersebut, ayah dari Batman menggunakan kesempatan ini untuk menyelamatkan perusahaannya yang bernama Wayne Enterprises dari kebangkrutan menggunakan teknologi yang berasal dari planet Krypton. Namun, hal ini tidak pernah diketahui oleh Batman maupun Superman.

10. Batman dalam Justice League

Batman dalam Justice League
Batman dalam Justice League

Dalam semesta DC Comic, Batman adalah satu-satunya superhero yang dapat mengakhiri nasib dari semua anggota Justice League.

Hal tersebut dikarenakan munculnya kewaspadaan Batman akan keberadaan makhluk asing dan manusia berkekuatan super yang dapat menimbulkan ancaman bagi bumi serta isinya.

Dengan sumberdaya dan teknologi yang telah Ia ciptakan, Batman telah menyimpan data yang berkaitan dengan semua makhluk asing dan manusia super serta mempersiapkan semua langkah untuk menyerang kelemahan mereka apabila suatu saat mereka mengancam keselamatan manusia di bumi.

Itulah beberapa fakta menarik Batman yang perlu kamu ketahui. Walaupun Batman hanyalah tokoh fiksi, namun banyak hal baik yang dapat kita contoh dari manusia kelelawar tersebut.

Salah satu universitas di Kanada pun secara mengejutkan membuat studi mengenai Batman. Dalam studi ini, mempelajari tentang adaptasi tubuh manusia yang bertumpu pada Batman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here