Gejala Anak Alergi Susu Formula, Bunda Wajib Tahu!

Home Forums Forum Kesehatan Gejala Anak Alergi Susu Formula, Bunda Wajib Tahu!

Tagged: 

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #6186
    demilia
    Participant

    Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua susu formula cocok dikonsumsi untuk bayi, ada juga yang alergi susu formula dan hanya susu tertentu saja. Untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, biasanya si kecil membutuhkan kalsium. Salah satu sumber kalsium yang terbaik adalah berasal dari susu.

    Ketika bayi berusia 6 – 12 bulan, asupan nutrisi baik itu kalsium biasanya diperoleh dari air susu ibu. Umumnya, setelah bayi menginjak usia 1 tahun baru bisa mengonsumsi susu sapi dan sejenisnya. Namun, kamu juga bisa memberikan susu penambah berat badan untuk bayi usia 6 – 12 bulan.

    Namun, tidak seluruh bayi dapat mengonsumsi seluruh jenis susu formula. Sebagian besar ada yang alergi terhadap kandungan pada susu formula, ada yang tidak cocok dengan susu sapi, dan lain sebagainya. Pada artikel ini akan dibahas gejala apa saja yang menunjukkan si kecil alergi terhadap susu.

    Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula

    Sebenarnya, para bunda tidak disarankan memberikan susu formula kepada bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Mengapa demikian? Hal ini karena tidak semua nutrisi yang ada dalam sufor dapat dicerna dengan baik oleh bayi. Di mana sistem pencernaan bayi di usia tersebut belum siap mengolahnya.

    Di era sekarang ini, ada banyak jenis susu formula bayi yang mudah dijumpai di pasaran. Hampir seluruh produk dari susu formula banyak mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral. Selain itu, ada juga jenis hewani, serta ada pula susu nabati.

    Adapun ciri-ciri bayi yang alergi susu formula ataupun intoleransi terhadap laktosa, umumnya memiliki kesamaan. Meskipun demikian, kedua kondisi seperti ini sendiri sebenarnya juga terdapat beberapa perbedaan.

    Di mana bayi yang alergi terhadap sufor cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang condong bereaksi kepada salah satu kandungan protein dalam susu tersebut. Hal tersebut memang umum dialami oleh bayi yang baru lahir.

    Berikut ini beberapa gejala yang seringkali muncul ketika bayi merasa tidak cocok dengan kandungan susu formula, di antaranya:
    1. Timbul ruam merah di bagian kulit dan disertai rasa gatal
    2. Pembengkakan di bagian wajah, bibir, serta sekitar mata
    3. Cenderung sering mengalami flu atau pilek
    4. Muntah dan sakit perut
    5. Diare, hingga mengalami BAB berdarah
    6. Gangguan pernapasan, seperti sesak napas, batuk, dan yang paling parah seperti anafilaksis.

    Bagi kamu para bunda yang belum tahu mengenai gejala apa saja yang dialami si kecil jika tidak cocok dengan susu formula, ulasan di atas diharapkan dapat bermanfaat. Jika kamu memiliki anak yang alergi susu formula sejak dini, maka sebaiknya konsultasikan segera pada dokter anak.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.