Apa saja jenis pekerjaan yang kamu tahu? Guru, dokter, perawat, pegawai negeri sipil, wiraswasta, atau mungkin dosen?

Pekerjaan tersebut tentunya memiliki keunikan tersendiri. Banyak di antara kamu yang mungkin memiliki orang tua dengan pekerjaan tersebut.

Akan tetapi tahukah kamu jika kaum milenial sekarang selalu memiliki inisiatif untuk membuka jenis pekerjaan terbaru? Seperti misalnya 10 profesi menjanjikan di masa depan yang akan diulas berikut ini,

Binggung Menentukan Karir
Binggung Menentukan Karir

Mungkin bagi kamu yang sedang menunggu waktu kelulusan pasti akan bertanya-tanya, mau jadi apa nantinya?

Pekerjaan apa yang cocok untukku? Tenang saja. Pertanyaan semacam itu wajar muncul di benak.

Tak perlu cemas karena semua orang pasti mengalami kegundahan tersebut. Kamu bisa memulainya dengan memahami potensi diri sendiri.

Kenali apa yang bisa kamu lakukan, apa yang disukai, dan bagaimana tipe pekerjaan yang cocok dengan kepribadianmu.

10 Profesi Menjanjikan di Masa Depan yang Cocok Bagi Kaum Milenial

Pilihan karir kaum millenial
Pilihan karir kaum millenial

Bekerja adalah suatu kegiatan yang pasti dilakukan setiap orang. Setiap individu memiliki peranan masing-masing untuk menentukan jalan hidupnya, termasuk di antaranya memilih pekerjaan mana yang tepat.

Jika bisa pekerjaan yang baik adalah yang bisa membuat kamu nyaman dan menyukainya. Selain itu pekerjaan dengan potensi berkembang yang besar juga baik untuk dicoba.

Berikut adalah daftar 10 profesi menjanjikan di masa depan untuk kaum milenial yang sangat modern.

1. Business Analyst (Analis Bisnis)

Business Analyst
Business Analyst

Pekerjaan pertama yang menjanjikan di masa depan adalah menjadi seorang analis bisnis.

Analis bisnis atau bahasa bekennya Business Analyst memiliki tugas untuk melakukan penganalisisan serta memberi rekomendasi solusi dengan tujuan untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan.

Selain itu mereka juga bisa menyelesaikan masalah bisnis yang dibantu dengan sejumlah teknologi canggih.

Di tahun-tahun mendatang persaingan bisnis akan semakin ketat. Itu sebabnya profesi yang satu ini akan sangat diperlukan.

Baca juga: Teknologi-teknologi yang sedang dan akan terus berkembang di masa depan

2. Software Developer

Software Developer
Software Developer

Software Developer sekilas akan terlihat sama dengan Web Developer. Yang membedakannya hanyalah tugasnya saja.

Profesi menjanjikan di masa depan tersebut menuntut kamu untuk mendukung pembuatan aplikasi dengan teknologi canggih yang bisa mempermudah pemenuhan hidup sehari-hari.

Dengan adanya kecanggihan komputer yang terus berkembang, maka pekerjaan ini akan terus dibutuhkan.

Itu artinya lowongan pekerjaan sebagai Software Developer akan meningkat. Bisa saja di masa depan bukan kamu yang mengejar pekerjaan ini namun kamulah yang akan dicari oleh mereka yang membutuhkannya.

3. Pengusaha

Pengusaha
Pengusaha

Pengusaha atau yang kerap disebut dengan enterpreneur menjadi profesi menjanjikan di masa depan selanjutnya yang bisa dicoba.

Kembali berhubungan dengan teknologi canggih, hal itu dapat membuat persaingan di bidang bisnis semakin ketat pula.

Itu artinya pengusaha berbasis online maupun offline akan semakin bertambah. Pengusaha muda yang satu per satu mulai muncul akan mengembangkan usaha baru mereka di sejumlah jenis.

Penghasilan sebagai pengusaha terbilang banyak dan tak henti mengalir apabila kamu bisa mengembangkan dan mempertahankannya dengan baik. Seru bukan?

4. Tenaga Pendidik

Tenaga Pendidik atau Guru
Tenaga Pendidik atau Guru

Lini pendidikan selalu menjadi terfavorit orang-orang. Walaupun sudah banyak peminatnya, namun menjadi tenaga pendidik juga masih menjadi impian bagi banyak orang, termasuk kaum milenial.

Berbagai pekerjaan terkait dengan dunia pendidikan seperti misalnya guru, dosen, tutor, dan sejenisnya akan cocok menjadi profesi menjanjikan di masa depanmu.

Walaupun kecanggihan internet yang bisa membuat belajar jadi bisa dimana saja, namun masih banyak orang yang tertarik mengambil pendidikan secara formal.

Karena memang sudah kodratnya manusia yang tak pernah berhenti belajar hal-hal baru, maka profesi ini akan selalu diperlukan.

Pekerjaan ini akan cocok buat kamu, apalagi jika kamu menyukai tantangan mengajar anak-anak.

5. Video Editor

Video Editor
Video Editor

Kamu tahu Youtuber bukan? Youtuber yang memiliki banyak subscriber pasti memiliki video dengan kualitas baik.

Terkadang ada Youtuber yang memang mengedit sendiri video mereka. Namun, tak sedikit yang menggunakan jasa video editor untuk membantu pekerjaan mereka.

Bukan hanya Youtube saja, namun juga sejumlah platform lainnya. Berbekal kemampuan desain grafis yang mungkin kamu miliki, kamu bisa menjual jasa pengeditan berbagai jenis video.

Kamu bisa menawarkannya secara online melalui sosial media agar orang-orang tahu kemampuanmu dalam mengedit video atau film.

6. Engineer

Engineer
Engineer

Engineer atau Bahasa Indonesianya adalah insinyur menjadi profesi menjanjikan di masa depan kaum milenial.

Dengan perkembangan industri yang terus bertumbuh maka kesempatan untuk memiliki pekerjaan menjanjikan ini juga semakin lebar.

Setiap tahun pasti semua negara akan membutuhkan orang dengan konsentrasi bidang teknik.

Lulusan teknik bisa menjadi engineer yang dapat membangun negeri ini. Berbagai jenis lulusan teknik seperti Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Kerdirgantaraan, Teknik Perminyakan, dan masih banyak lagi akan selalu dibutuhkan untuk memajukan negara ini.

7. Web Developer

Web Developer
Web Developer

Jika di nomor dua tadi ada Software Developer, maka profesi menjanjikan di masa depan kali ini adalah Web Developer.

Kebutuhan untuk membuat aplikasi digital pasti akan selalu naik. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan aplikasi mobile atau web untuk para konsumen.

Baik itu perusahaan start up atau perusahaan rintisan hingga perusahaan yang global berlomba-lomba menghasilkan aplikasi terbaik.

Web Developer bisa membantu orang-orang untuk membuat maupun mengembangkan website.

Siapa tahu kamu tertarik: 10 permainan mengasah otak anak agar lebih cerdas

8. Desain Grafis

Desain Grafis
Desain Grafis

Profesi menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah desain grafis.

Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai passion di bidang yang menuntut kreativitas yang tinggi.

Di proses pemasaran suatu perusahaan, pastinya diperlukan strategi yang menarik demi menarik minat orang.

Strategi tersebut menjadi “senjata pemasaran” tersendiri bagi perusahaan tersebut. Dari hal itulah seorang desain grafis dibutuhkan.

Seseorang yang bisa membantu membuat “senjata pemasaran” bagi suatu perusahaan akan selalu diperlukan selama bisnis itu terus mengalami perkembangan.

9. Public Relation

Public Relation
Public Relation

Public Relation adalah orang yang bekerja dengan cara berhubungan langsung dengan individu atau masyarakat.

Banyak perusahaan yang berusaha sekuat tenaga untuk menarik hati masyarakat. Itu sebabnya semua perusahaan pasti memerlukan orang yang ahli dalam menarik simpati orang-orang.

Itulah peran dari Public Relation. Seorang Public Relation atau yang kerap disebut dengan PR akan melakukan komunikasi dengan banyak orang.

Mereka akan memberikan informasi dan berita terknini demi menunjang kinerja perusahaan tersebut.

Pekerjaan ini akan tepat bagi kamu yang pandai dan suka berkomunikasi dan bertemu orang baru setiap harinya.

10. Social Media Specialist

Social Media Specialist
Social Media Specialist

Siapa yang tidak bermain sosial media di zaman sekarang ini? Hampir semua orang dan kalangan pasti sudah sangat akrab dengan sosial media.

Jika kamu membuka sosial media maka pasti kamu akan cukup sering melihat iklan di sana. Itulah yang dilakukan seorang Social Media Specialist.

Profesi menjanjikan di masa depan yang satu ini bertugas melakukan pendekatan dengan membuat sebuah kesan antara pelanggan dengan suatu brand secara terus menerus. Karir yang satu ini cocok sekali untuk kaum milenial, bukan?

Itu tadi daftar 10 profesi menjanjikan di masa depan. Macam-macam karir tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Yang terpenting adalah kamu nantinya akan nyaman melakukannya dan tak menjadi beban tersendiri. Maka dari itu kenalilah diri sendiri sebelum memilih profesi mana yang cocok untukmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here