Playstation 1 atau lebih dikenal dengan sebutan PS1 adalah salah satu konsol game terbaik yang pernah ada.

Berkat konsol buatan Sony tersebut, banyak orang bisa menikmati game-game keren yang terus diingat sampai sekarang.

Meskipun grafisnya kalah dengan game jaman sekarang, game terpopuler PS1 menawarkan alur cerita menarik serta keseruan tersendiri.

10 Game Terpopuler PS1 yang Masih Seru Dimainkan Lagi

Sebenarnya banyak sekali game PS1 yang populer pada masanya karena menawarkan kesenangan tersendiri bagi setiap pemainnya.

Bahkan tidak jarang seorang gamer menghabiskan waktunya berlama-lama hanya untuk bermain game PS1. Namun dari sekian banyak game-game PS1 yang pernah dirilis, 10 game dibawah ini adalah contohnya.

Metal Slug X

Metal Slug X adalah game 2D yang memiliki alur cerita sangat baik. Memang hanya ada empat karakter yang bisa kamu mainkan namun hal tersebut tidak mengurangi keseruan saat memainkannya.

Membawa tema peperangan, kamu bisa mengunjungi banyak medan perang seperti padang pasir, hutan, dan masih banyak lagi.

Hal unik dari Metal Slug X adalah berbagai senjata aneh yang digunakan untuk menyerang lawan serta efek-efek yang dihasilkannya.

Bahkan bisa dipastikan bahwa kamu pernah rebutan dengan temanmu untuk menunggangi unta atau tank.

Tekken 3

Pada era PS1 memang banyak pilihan game fighting yang bisa dimainkan, namun kamu tidak boleh melewatkan Tekken 3.

Pemain Tekken 3 pasti tidak pernah lupa dengan karakter bernama Hwoarang atau Eddy Gordon karena keduanya merupakan andalan untuk mengalahkan lawan.

Tampilan visual 3D yang cukup menawan membuatnya sangat populer pada waktu itu.

Desain karakter dan jalan ceritanya juga menarik sehingga susah untuk dilupakan. Bahkan pasti banyak diantara kamu yang rela menyewa PS1 dirumah hanya untuk bermain Tekken 3 bersama teman-temanmu.

Crash Bandicoot

Crash Bandicoot adalah game terpopuler PS1 yang pasti membuat ketagihan siapapun yang memainkannya.

Disini kamu akan berperan menjadi makhluk aneh mirip anjing dengan dua kaki bernama Crash. Hal yang tidak terlupakan dari Crash Bandicoot adalah serangannya yang berputar-putar seperti angin topan dan lompatan-lompatan ketika melewati rintangan.

Hingga saat ini game yang pertama kali dirilis tahun 1996 tersebut masih sangat populer. Alur petualangan yang seru dengan balutan unsur-unsur kocak didalamnya membuat Crash Bandicoot menjadi game yang tidak pernah membosankan ketika dimainkan.

Pepsiman

Pepsiman adalah game lari yang tujuan akhir dari setiap misinya adalah untuk meminum pepsi.

Namun untuk menyelesaikan misi sederhana tersebut bukanlah hal mudah. Banyak halangan yang siap mengganggu lari Pepsiman hingga membuatnya terjatuh.

Hal yang sulit dilupakan dari game yang satu ini adalah ketika kamu sudah berlari jauh dan hampir mencapai tujuan akhir namun kehabisan waktu sehingga harus mengulang misinya.

Meskipun konsepnya cukup simpel tetap membuat Pepsiman sebagai game yang seru untuk dimainkan.

Crash Team Racing (CTR)

Hampir tidak mungkin kalau pemain PS1 belum pernah memainkan CTR alias Crash Team Racing. Terlepas apakah kamu suka dengan game bertema racing atau tidak, CTR menawarkan keseruan tersendiri.

Disini kamu bisa balapan sekaligus bersenang-senang dengan menyerang mobil lawan. Jadi tidak hanya soal kecepatan saja, kamu juga harus pintar-pintar mengatur strategi untuk mengalahkan lawan.

CTR terkenal karena memiliki karakter-karakter unik serta ikonik. Ditambah, musik yang dimainkan hingga berbagai jenis senjata untuk menyerang lawan membuat pemain CTR tidak akan merasa bosan.

Hal itu jugalah yang membuatnya menjadi salah satu game paling populer pada saat itu.

Fisherman’s Bait

Fisherman’s Bait adalah game memancing yang cukup populer pada masa keemasan PS1. Ditambah, game Fisherman’s Bait juga menjadi salah satu permainan yang paling awal menggunakan dua analog dengan fungsi getar.

Fungsi sederhana tersebut memang cukup membuat penasaran para pemain PS1 sehingga mereka ingin merasakannya saat bermain Fisherman’s Bait.

Fisherman’s Bait sendiri adalah game yang memiliki grafis cukup baik. Gameplaynya juga menarik dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda di setiap misinya.

Banyak jenis ikan yang bisa kamu pancing baik yang berukuran kecil hingga besar dan sulit ditemui.

Harvest Moon: Back To Nature

Harvest Moon: Back To Nature adalah game terpopuler PS1 yang mampu mencitrakan seorang tokoh utama dengan berbeda dari pada game-game petualangan yang sebelumnya pernah dirilis.

Disini kamu “hanya” akan berperan sebagai petani. Tentu sangat berbeda dari sebagian besar game petualangan dengan kisah tokoh utama sebagai orang yang melakukan segalanya untuk menyelesaikan misi.

Namun, bukan berarti menjadi seorang petani itu mudah. Kamu harus mengurus peternakan serta membangun relasi yang baik dengan penduduk kota.

Tingkat kesulitan Harvest Moon: Back To Nature baru akan terasa ketika kamu harus menentukan rutinitas harian hingga menghapalkan item-item yang disukai para NPC di game tersebut.

WWF Smackdown

Saat WWF Smackdown masih tayang di televisi Indonesia banyak anak-anak yang mengalami hype dengan acara tersebut.

Hasilnya saat WWF Smackdown dibuat menjadi game di Playstation hampir semua televisi yang ada di rental PS menampilkan permainan tersebut. Pemainnya tidak lain anak-anak yang mengalami hype tadi.

Visualnya mungkin biasa-biasa saja, namun berkat gameplay serta berbagai aksi ikonik seperti People’s Elbow dari The Rock membuatnya menjadi game yang populer.

Apalagi music entrance saat para karakter menuju ring tentu menambah keseruan dalam bermain WWF Smackdown.

Suikoden 2

Bagi kamu yang pernah merasakan jamannya PS1 pasti pernah memainkan atau setidaknya tahu tentang game Suikoden 2.

Game bergenre RPG tersebut layak disebut sebagai salah satu game terpopuler PS1. Bertema kepahlawanan, kamu diajak untuk mengikuti alur cerita yang penuh petualangan dan ketegangan.

Kamu bakal merasakan peperangan, persahabatan, penghianatan, hingga kematian dalam game yang satu ini.

Secara visual mungkin tampilannya kurang menarik, namun jalan cerita, mini game, music, serta berbagai macam karakternya menjadi nilai plus yang sayang untuk dilewatkan.

Gran Turismo

Gran Turismo mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Namun dinegara lain terutama kawasan Eropa, Gran Turismo adalah game balapan yang sangat diminati para gamer.

Grafis dan gameplaynya yang bagus ditambah marketing yang baik membuatnya sukses mendapatkan rating tinggi dari ulasan media-media game.

Pada game Gran Turismo ada ratusan mobil yang bisa kamu pakai untuk balapan.

Semakin bagus peringkat yang kamu dapatkan saat balapan semakin banyak juga hadiah yang diterima. Kamu bisa memodifikasi mobilmu sendiri dengan uang yang telah diperoleh.

Itu tadi daftar 10 game terpopuler PS1 yang pernah mendapatkan masa keemasannya. Pasti banyak diantara kamu yang pernah memainkannya.

Walaupun dari segi grafik kalah dengan game jaman sekarang, game-game PS1 tetap menarik untuk dimainkan. Apalagi buat kamu yang ingin bernostalgia, tidak ada ruginya untuk memainkan game-game diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here