Smartphone menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Smartphone membawa kemudahan dan hiburan dalam kehidupan manusia.

Performa smartphone dapat membuat kerjamu menjadi lebih praktis dan cepat. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjaga performa smartphone sehingga membuat smartphone menjadi cepat rusak.

Jika kamu ingin smartphone kesayangan menjadi tahan lama, maka kamu dapat menerapkan 10 tips merawat smartphone berikut ini.

10 Tips Merawat Smartphone dengan Mudah

Tips merawat smartphone dengan mudah
Tips merawat smartphone dengan mudah

Smartphone merupakan barang praktis dan sederhana sehingga banyak yang menggunakannya.

Segala kecanggihan dalam smartphone akan menjadi percuma jika tidak dijaga dengan baik.

Hal tersebut akan membuat smartphone cepat rusak dan tidak bisa digunakan. Kamu bisa mencoba berbagai 10 tips untuk merawat smartphonemu supaya umurnya menjadi lebih lama dan dapat terus menemanimu berkegiatan.

Mungkin kamu tertarik: Hingga 2 milyar, 10 smartphone termahal dalam sejarah dunia

1. Menjaga Kebersihan Smartphone

Membersihkan smartphone
Membersihkan smartphone

Kebersihan adalah satu hal yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Membersihkan smartphone akan membuat performanya menjadi lebih baik dan dapat bertahan lama.

Bagian yang perlu dibersihkan antara lain port untuk kabel USB dan earphone. Keduanya rentang menjadi tempat debu untuk menumpuk.

Kamu dapat menggunakan pembersih lensa kamera untuk mengurangi debu di port tersebut. Layar juga menjadi bagian yang perlu dibersihkan. Kamu dapat menggunakan tisu kering atau tisu beralkohol. Jangan gunakan air untuk membersihkan bagian smartphone karena dapat membuat smartphone rusak.

2. Gunakan Pelindung Smartphone Tambahan

Casing handphone
Casing handphone

Tidak jarang kita menjatuhkan smartphone secara tidak sengaja.

Jika smartphone tidak terlindung, hal tersebut akan membuat smartphone menjadi cepat rusak karena sering terbentur atau tergores.

Kamu bisa memasang produk seperti tempered glass untuk melindungi layar smartphone. Hal tersebut akan mengurangi kemungkinan layar tergores.

Kamu juga bisa memasang pelindung case. Saat ini tersedia beragam case untuk smartphone.

Kamu bisa memilih jenis leather atau flip sesuai dengan kesukaanmu. Bahan dan motif case juga bermacam-macam sehingga bisa kamu sesuaikan dengan favoritmu.

Biasanya case akan menjadi identitas seseorang yang menggunakan smartphone tersebut. Meskipun akan mengeluarkan biaya tambahan, kamu bisa menjaga smartphone dari benturan dan goresan.

3. Menjaga Kondisi Baterai

Baterai handphone
Baterai handphone

Baterai mungkin menjadi bagian yang paling diabaikan. Tips merawat smartphone selanjutnya adalah menjaga kondisi baterai smartphone.

Jagalah baterai smartphone agar tidak terkena air. Hindari menggunakan smartphone saat hujan, di dalam toilet, di area pantai, atau dekat dengan makanan dan minuman.

Kamu bisa menggunakan pelindung smartphone anti air untuk menghindari tetesan air yang mungkin mengenai baterai.

Performa baterai juga sering diabaikan. Banyak orang mengisi daya dalam waktu lama bahkan lupa mencabut kabel ketika daya sudah penuh.

Namun, saat ini banyak smartphone canggih yang dapat memutus arus dengan sendirinya ketika daya telah terisi penuh.

Beberapa lainnya suka membiarkan smartphone mereka mati sebelum akhirnya diisi daya.

Hal tersebut dapat merusak baterai smartphone yaitu menjadi lebih cepat habis atau lama saat proses pengisian. Lebih baik isi daya ketika persentase mulai memasuki angka 10-15%.

4. Menyimpan di Tempat yang Tepat

Menyimpan di Tempat yang Tepat
Menyimpan di Tempat yang Tepat

Jika kamu sedang tidak menggunakan smartphone dan melakukan kegiatan lain, simpan dan letakkan smartphone di tempat aman.

Kamu bisa menyimpannya di tempat tinggi dan jauh dari barang-barang yang dapat merusak smartphone.

Jangan sampai smartphone-mu terinjak oleh orang lain atau terlindas barang lain. Kamu bisa menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan smartphone-mu yang bisa kamu ingat terus.

5. Memilih Aplikasi Sesuai Kemampuan Smartphone

Memilih aplikasi sesuai kemampuan smartphone
Memilih aplikasi sesuai kemampuan smartphone

Smartphone tidak akan menarik jika di dalamnya tidak dipasang berbagai aplikasi. Aplikasi tersebut juga yang membantu kegiatanmu menjadi lebih mudah.

Sebelum memulai mengisi smartphone dengan beragam aplikasi, kamu harus tahu spesifikasi smartphone-mu terlebih dulu.

Ketahuilah kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone. Jika kamu merasa kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone besar, maka kamu bisa lebih leluasa dalam memasang aplikasi.

Namun, kamu perlu lebih selektif jika kondisinya menunjukkan sebaliknya.

Semakin banyak aplikasi terpasang akan membuat performa smartphone menjadi lebih lambat.

Hal tersebut akan terlihat jelas jika kapasitas penyimpanan atau RAM kecil. Smartphone akan berjalan lebih lambat bahkan aplikasi tidak dapat dijalankan dengan normal dan sesuai fungsinya.

6. Menjaga dari Serangan Virus dan Malware

Serangan virus dan malware
Serangan virus dan malware

Smartphone tidak bisa terhindar dari serangan virus dan malware. Virus dan malware dapat merusak aplikasi dan menurunkan performa smartphone.

Kemungkinan terburuknya adalah perangkat dapat rusak akibat serangan virus dan malware yang tidak diatasi. Berikut tips merawat smartphone agar terhindar dari virus dan malware.

Untuk mengantisipasi adanya serangan tersebut, kamu bisa memasang antivirus sehingga adanya virus di smartphone dapat terdeteksi dan dihapus.

Kamu bisa memperoleh aplikasi antivirus di Google Play Store. Cara pencegahan lain adalah tidak memasang aplikasi yang bersumber selain dari Google Play Store.

Aplikasi yang berasal dari website dapat memunculkan virus dan malware berbahaya bagi smartphone.

7. Menggunakan Tombol dengan Hati-Hati

Tombol volume smartphone
Tombol volume smartphone

Tombol yang dimiliki oleh smartphone tidak sebanyak dengan model HP lama.

Umumnya terdapat 4 tombol di smartphone, yaitu power, home, volume up, dan volume down. Saat menekan tombol tersebut pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras.

Akibat dari penekanan yang keras akan membuat tombol smartphone menjadi lebih dalam sehingga kamu akan lebih susah menggunakannya di lain waktu. Jangan lupa untuk membersihkan debu yang mungkin ada di sela-sela tombol smartphone.

8. Melakukan Backup Data

Backup data
Backup data

Fitur backup data sangat penting untukmu. Secara rutin pilihlah file-file seperti gambar, audio, atau video yang ada di smartphone-mu.

Pindahkanlah file tersebut ke perangkat lain seperti laptop atau disimpan di cloud. Backup data dilakukan untuk menjaga kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone tetap berada pada batas amannya.

Selain itu, backup data dilakukan untuk langkah jaga-jaga jika smartphone mengalami masalah yang mengakibatkan seluruh file hilang atau rusak.

9. Membersihkan Aplikasi yang Jarang Dipakai

Membersihkan aplikasi yang jarang dipakai
Membersihkan aplikasi yang jarang dipakai

Terlalu banyak aplikasi di smartphone bukanlah pilihan bagus. Aplikasi yang menumpuk akan semakin mengurangi ruang penyimpanan.

Kamu bisa memilah mana saja aplikasi yang sudah jarang digunakan.

Kamu bisa uninstall dan menghapus semua data aplikasi tersebut. Aplikasi bawaan biasanya tidak bisa dihapus. Cara untuk mengatasinya adalah disable aplikasi tersebut.

Aplikasi yang dimaksud termasuk segala aplikasi game di smartphone-mu.

Game merupakan aplikasi yang membuat ruang penyimpanan dan RAM banyak termakan. Mengurangi jumlah game dalam smartphone adalah salah satu tips merawat smartphone yang dirasa susah dilakukan bagi para gamer.

10. Memperbarui Aplikasi

Memperbarui aplikasi
Memperbarui aplikasi

Aplikasi smartphone yang diunduh melalui Google Play Store terus dikembangkan sehingga kamu perlu terus update aplikasi tersebut.

Update dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan versi sebelumnya dan mengatasi bug yang mungkin muncul.

Periksalah update aplikasi rutin minimal setiap minggu. Jika smartphone-mu terkoneksi dengan WiFi, biasanya update akan berjalan otomatis.

Memiliki smartphone tidak hanya sekadar memiliki. Kamu harus merawatnya dengan baik agar performa terus bertahan.

Kamu bisa menerapkan 10 tips merawat smartphone supaya kamu bisa menggunakan smartphone dengan nyaman dan tanpa gangguan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here