Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan, terutama untuk kaum milenial.

Ke manapun dan kapan pun, handphone menjadi barang wajib yang harus selalu ada. Tidak terkecuali bagi kamu yang suka traveling.

Memilih handphone yang cocok untuk traveling bisa sangat membantu kebutuhan kamu selama perjalanan.

Bagaimanapun, handphone yang kamu bawa harus bisa diandalkan, baik untuk menangkap momen yang berharga atau sekedar berbagi kabar dengan orang di rumah. Nah, berikut adalah tips memilih handphone yang pas dibawa traveling.

Memilih Handphone yang Tepat Diajak Traveling

Memilih hp yang cocok untuk traveling. images by wirelesstraveler.com
Memilih hp yang cocok untuk traveling. images by wirelesstraveler.com

Secara umum, yang kamu butuhkan saat traveling adalah sebuah smartphone dengan kamera yang baik dan daya tahan baterai yang kuat.

Hal tersebut paling penting karena kamu harus bersiap-siap jika tiba-tiba menemukan momen atau tempat yang bagus dan tidak menemukan soket listrik dalam waktu dekat.

Namun, bukan hanya masalah kamera dan baterai saja tentunya yang menjadi perhatian. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu tahu untuk memilih handphone yang cocok untuk traveling.

1. Kamera Primer yang Bagus

Kamera primer atau belakang yang bagus. image by blog.hiltongrandvacations.com
Kamera primer atau belakang yang bagus. image by blog.hiltongrandvacations.com

Yang paling menarik dari traveling adalah menemukan tempat-tempat baru yang indah. Sebagai traveler, kamu tentu ingin mengabadikan berbagai momen dan tempat-tempat tersebut bukan?

Nah, handphone menjadi salah satu alat yang bisa kamu andalkan dalam hal ini jika sedang tidak membawa kamera profesional.

Saat ini, standar kamera handphone sudah mencapai belasan hingga puluhan Megapixel. Mulai dari 13 MP hingga 40 MP, kamu bisa bebas memilih di pasaran. Bahkan sudah banyak handphone dengan fitur dual-camera sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan fotografi traveling kamu.

Jika tidak digunakan sebagai kebutuhan fotografi profesional, maka kamera handphone dirasa sangat cukup untuk menangkap momen sekilas dan tempat-tempat tak terlupakan.

2. Kamera Selfie Mumpuni

Kamera handphone harus mumpuni. image by wwwnc.cdc.gov
Kamera handphone harus mumpuni. image by wwwnc.cdc.gov

Selain kamera primer, kebutuhan kamera selfie juga wajib kamu perhatikan. Apalagi buat kamu yang selfie-addict, tentu tidak mau jika hasil selfie yang didapatkan malah terlihat buram dan tidak enak dipandang.

Nah, semenjak tren selfie naik daun, banyak perusahaan handphone yang menawarkan handphone dengan kemampuan kamera selfie yang luar biasa.

Bahkan sudah ada handphone dengan dual-kamera selfie sekaligus lengkap beserta LED flashnya. Namun, jangan berpatokan pada fitur kamera selfie-nya saja. Masih banyak faktor lain yang harus kamu perhatikan selanjutnya.

3. Daya Tahan Baterai dan Kecepatan Pengisian

Daya tahan baterai tahan lama dan cepat mengisi saat charging. image by techadvisor.co.uk
Daya tahan baterai tahan lama dan cepat mengisi saat charging. image by techadvisor.co.uk

Selanjutnya adalah daya tahan baterai dan kecepatan pengisiannya. Saat melakukan traveling, tentu kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan daripada berdiam diri di hotel, bukan?

Nah, untuk membuat kebutuhan kamu tercukupi selama berada di luar, maka kamu perlu memilih handphone yang cocok untuk traveling dengan daya tahan baterai yang kuat.

Saat ini, kapasitas baterai standar handphone berkisar mulai dari 3.100 hingga 5.000 mAh. Dengan pemakaian normal, kamu bisa menggunakan handphone selama kurang lebih 9 hingga 11 jam.

Namun, bukan hanya daya tahan dan kapasitasnya saja, kamu juga perlu memperhatikan fitur kecepatan pengisiannya.

Disarankan kamu memilih smartphone dengan fitur pengisian cepat (Fast Charging). Hal tersebut dikarenakan dalam traveling, kamu tidak bisa menunggu lama-lama untuk melakukan pengisian.

Jika sudah punya fitur Fast Charging, mengisi baterai di mana saja bisa kamu lakukan. Di stasiun, terminal, dan di bandara. Tinggal colokkan handphone sementara menunggu kendaraan kamu, maka handphone sudah terisi dan siap digunakan lagi.

4. Memori Internal yang Besar

Memori internal smartphone harus besar. image by androidpit.com
Memori internal smartphone harus besar. image by androidpit.com

Meskipun saat ini handphone sudah menyediakan fitur memori eksternal, namun kehabisan memori di tengah jalan saat traveling tentu bukan hal yang menyenangkan.

Bayangkan jika kamu sedang asyik mengabadikan foto atau video, dan tiba-tiba muncul notif jika memori internal sudah penuh.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih handphone dengan minimal memori internal 16GB. Lebih besar memori internal akan lebih baik untuk berjaga-jaga kamu membutuhkannya di tengah perjalanan.

5. Desain yang Ergonomis

Desain handphone yang ergonomis cocok untuk traveling. image by jetsetter.com
Desain handphone yang ergonomis cocok untuk traveling. image by jetsetter.com

Mungkin banyak dari kamu lebih suka handphone dengan desain yang terlihat classy dan mewah. Namun saat traveling, bukan handphone dengan desain tersebut yang kamu butuhkan.

Kamu lebih membutuhkan handphone dengan desain compact dan nyaman digenggam. Hal tersebut tak lain untuk mengimbangi aktivitas outdoor kamu juga.

Handphone dengan dimensi dan lebar layar yang terlalu besar akan sangat menghambat aktivitas kamu.

Selain itu, material handphone yang licin juga kurang cocok digunakan untuk traveling karena rentan jatuh saat digenggam.

Maka dari itu, usahakan untuk memilih handphone yang cocok untuk traveling dengan rentang layar maksimal 5 inchi dan material desain yang bertekstur agar mudah saat digunakan dan lebih aman dari jatuh.

Baca juga: Percaya ga, ada handphone harga 1.5 miliar? cek disini. 

6. Tahan Benturan dan Goresan

Handphone tahan benturan dan goresan. image by techadvisor.co.uk
Handphone tahan benturan dan goresan. image by techadvisor.co.uk

Selain desain yang ergonomis, handphone yang kamu pilih untuk traveling juga harus tahan benturan sekaligus goresan.

Terutama pada bagian layarnya. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan handphone saat tidak sengaja terjatuh dari genggaman kamu di tengah-tengah aktivitas outdoor.

Saat ini, rata-rata handphone sudah dibekali dengan pelindung layar khusus untuk meminimalisir benturan yang terjadi sehingga tidak sampai merusak komponen di dalamnya.

Dan jangan lupa juga untuk teliti memilih material bodinya. Usahakan kamu memilih handphone dengan material yang fleksibel seperti plastik fiber sehingga insiden pecah bodi bisa diantisipasi lebih awal.

7. Konektivitas Handal

Konektivitas smartphone harus handal. image by iotize.com
Konektivitas smartphone harus handal. image by iotize.com

Traveling memang paling asyik kalau bisa langsung upload hasil jepretan ke media sosial.

Tapi bagaimana jika tiba-tiba sinyal handphone kamu hilang karena tipe konektivitas tidak tersedia?

Menjengkelkan sekali bukan? Nah, maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu yang mau traveling buat memilih handphone terutama dengan konektivitas 4G LTE, terutama yang travelingnya ke luar negeri.

Mengapa demikian? karena di luar negeri hampir semua jaringan handphone sudah berbasis 4G. Atau jika tidak, minimal kamu bisa mengandalkan jaringan 3G. Yang terpenting, usahakan konektivitas dengan internet jangan sampai hilang.

8. Performa Handphone Keseluruhan yang Bagus

Smartphone harus tahan lemot. image by bripoin.com
Smartphone harus tahan lemot. image by bripoin.com

Apa kamu termasuk orang yang sering dibuat jengkel dengan handphone lemot? Jika iya, maka sebaiknya kamu lebih hati-hati lagi dalam memilih handphone yang cocok, apalagi jika untuk kebutuhan traveling.

Selama traveling, tentu kamu akan banyak bergerak dan sering kali dikejar waktu. Untuk momen seperti ini, kamu butuh handphone dengan performa yang baik dan mampu mengimbangi mobilitas kamu.

Nah, performa handphone sendiri ditentukan oleh kombinasi prosesor, RAM, dan memori internal.

Saat ini, kamu bisa memilih handphone dengan RAM minimal 2GB supaya aktivitas multitasking menjadi lancar tanpa hambatan.

Jika memang kamu terpaksa menggunakan handphone dengan RAM di bawah 2GB, usahakan untuk meminimalisir aplikasi yang terpasang dan melakukan manajemen memori dengan baik.

Traveling dengan smartphone yang tepat. image by videoblocks.com
Traveling dengan smartphone yang tepat. image by videoblocks.com

Itulah tips memilih handphone yang cocok untuk traveling.

Meskipun kamera dan daya tahan baterai menjadi faktor terpenting, namun beberapa tips lainnya juga harus kamu perhatikan supaya traveling kamu lancar dan tanpa hambatan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here