Seorang penulis Amerika terkenal, Ernerst Hemingway, pernah mengatakan suatu kutipan terkenal bahwa “Saya suka tidur, hidup saya cenderung hancur berantakan saat saya terbangun.” Namun, bagi beberapa billionaire super kaya di dunia, kutipan ini tidak berlaku. Alasannya sederhana, mereka tidak bisa melakukan apapun saat mereka tertidur. Jadi, kalau begitu berapa jam billionaire sukses dunia tidur setiap harinya?

Berapa jam Billionaire Sukses Dunia Tidur Per-Harinya
Berapa jam Billionaire Sukses Dunia Tidur Per-Harinya

Kamu mungkin sudah pernah mendengar beberapa nama pengusaha terkenal seperti Donald Trump dan Jack Dorsey yang ternyata hanya membutuhkan 3-4 jam tidur semalam. Beberapa pengusaha lain tidur dengan normal sepanjang 8 jam sehari, namun lebih banyak yang memaksakan diri, atau secara alami tidur lebih sebentar dari durasi umum tidur manusia. 

Berapa Jam Para Billionaire Sukses Dunia Tidur Perhari Sehingga Mereka Bisa Sukses?

Pemimpin bisnis bernilai jutaan atau miliaran dolar, seperti Tim Cook sebagai CEO Apple, memiliki segunung tanggung jawab yang menghalangi mereka untuk tidur sesuai dengan waktu yang disarankan untuk kesehatan manusia. Tim Cook biasa bangun tidak lebih dari jam 3:45 di pagi hari, dan memulai aktivitas sehari-harinya dengan menjawab sekitar 700-800 email yang diterimanya begitu terjaga. 

Tim Cook, CEO Apple
Tim Cook, CEO Apple

Jika kamu berniat untuk mengikuti gaya tidur mereka dengan merujuk fakta berapa jam para billionaire tidur, maka kamu mungkin bisa membaca beberapa kebiasaan orang sukses berikut ini.

Elitis yang tidak tidur

Julukan ini diterjemahkan dari istilah “Sleepless Elite” yang diciptakan oleh Wall Street Jurnal. Pendeknya, elitis yang tidak tidur adalah sebutan untuk orang-orang beruntung yang lahir dengan “Thatcher Gene”. Konon, “Thatcher Gene” adalah mutasi gen yang hanya dimiliki oleh satu sampai tiga persen dari seluruh populasi manusia di dunia. Mereka yang beruntung dengan gen ini, butuh waktu tidur yang lebih pendek dari orang normal. 

Sebenarnya, sampai saat ini belum diketahui siapa yang sebenarnya yang memiliki, atau siapa yang tidak memiliki “Thatcher Gene” ini. Yang jelas, beberapa pebisnis sukses nyatanya tidak masalah dengan tidur kurang dari delapan jam sehari. Jika kamu adalah salah satu yang lahir dengan sifat genetis ini, maka kamu bisa memanfaatkan waktu untuk bekerja saat dunia sedang tidur.

Donald Trump
Donald Trump

Contohnya saja, billionaire Donald Trump, Presiden Amerika Serikat ke 45. Ia berusia 70 tahun sekarang, dan pernah menyatakan bahwa ia hanya punya jadwal untuk tidur 3-4 jam semalam selama beberapa puluh tahun terakhir.

Angela Ahrendts
Angela Ahrendts

Angela Ahrendts, Wakil Presiden Perusahaan Apple mengatakan ia bisa pusing dan sakit kepala jika tidur lebih dari enam jam semalam, jadi ia bangun sekitar jam 4.35 pagi sebelum matahari terbit. 

Sergio Marchionne, CEO dari Chrysler Fiat, mengatakan bahwa ia bangun tiap hari jam 3.30 pagi untuk mengecek pangsa pasar Eropa. Pegawainya sampai mengeluarkan lelucon bahwa Marchionne menciptakan hari kedelapan dalam seminggu. Selain itu, Indra Nooyi, CEO dari Pepsico, pernah magang sebagai resepsionis shift malam sampai pagi saat ia masih kuliah di Universitas Yale, dan hanya mendapat 4-5 jam tidur dalam semalam.

Contoh lainnya adalah CEO Yahoo! Yaitu Marissa Mayer, yang diketahui hanya tidur selama empat jam semalam dan rumornya dapat bekerja sampai 130 jam dalam seminggu. Namun pada tahun 2014, ia pernah melewatkan acara makan malam yang penting dengan para eksekutif perusahaan karena tertidur selama 20 jam. Ini adalah pengingat bahwa perilaku yang di atas batas lazim, bahkan tidur sekalipun, selalu memiliki konsekuensi.

Marissa Mayer
Marissa Mayer

Disipliner yang pantang menyerah

Sementara beberapa billionaire di dunia sukses menjalankan hidup dengan jumlah tidur yang sebentar, beberapa pengusaha lain mencoba keras untuk memendekkan durasi tidur mereka yang normalnya berlangsung selama delapan jam semalam. Mereka berharap dapat memotong beberapa jam tidur untuk digunakan bekerja.

Tampaknya hal itu belum berhasil untuk diterapkan oleh Elon Musk, visioner SpaceX dan Tesla. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku bahwa ketajaman pikirannya menurun jika ia kurang tidur. Namun ia tetap berjuang untuk terlelap selama 6 – 6,5 jam semalam.

Elon Musk
Elon Musk

Kurang beruntung sepertinya juga terjadi pada Arianna Huffington, pendiri Huffington Post. Saat ia menerapkan jadwal tidur kurang dari 8 jam, ia pingsan selama 18 jam. Sejak kejadian yang diakibatkan karena kurang tidur tersebut, ia menjadi promotor aktif praktek tidur sehat.

Selain itu, aktor Dwayne Johnson atau yang lebih dikenal sebagai “The Rock”, sering memposting latihan olahraganya pukul empat pagi di sosial media. Ia bahkan membuat aplikasi smartphone, The Rock Clock, untuk memberitahu pengikutnya bahwa ia sudah bangun jam empat pagi dan pergi ke gym.

The Rock, Dwayne Johnson
The Rock, Dwayne Johnson

Tukang tidur yang sukses

Jika kamu termasuk orang normal yang tidur delapan jam sehari, ternyata ada beberapa pebisnis besar dan sukses yang juga tidur dengan jadwal yang sama. Mereka tidak perlu waktu lebih untuk bekerja demi menjadi sukses.

Mark Zuckerberg, misalnya. Billionaire pencipta Facebook ini ternyata biasa bangun jam delapan pagi. Bahkan lebih siang jika ia menghabiskan waktu untuk berjaga semalam dan mengobrol dengan programmer lain. Ia adalah contoh pertama orang sukses tanpa harus bangun terlalu pagi dan tidak mengikuti standar berapa jam billionaire tidur setiap hari.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Lalu ada pendiri ritel online Amazon, Jeff Bezos, sebagai pendukung gerakan tidur delapan jam sehari. Ia berkata bahwa ia merasa jauh lebih baik jika tidur delapan jam, lalu makan sarapan dengan istri dan anak-anaknya.

Dermawan pendiri Microsoft, Bill Gates, juga menekankan pentingnya tidur cukup tujuh jam sehari untuk mempertahankan kreativitas. Ia mengaku dulu sempat iri pada orang yang punya jadwal tidur pendek karena mereka dapat bekerja, belajar, dan  bermain lebih lama. Namun, hal itu tidak menghentikannya untuk tidur dengan waktu yang cukup dan sehat.

Ini juga menarik: Kisah Sukses Pendiri Tokopedia, Biografi Lengkap William Tanuwijaya

Cari jadwal rutin tidur yang optimal untuk kamu sendiri

Ternyata, jadwal berapa jam para billionaire tidur cukup bervariasi satu sama lain. Jam tidur yang pendek tidak selalu menjamin kesuksesan yang lebih banyak, bahkan sering kali sebaliknya. Begitu juga, jam tidur yang panjang tanpa alasan kuat tidak bisa selalu dikatakan bagus jika penyebabnya adalah kemalasan.

Tidur yang sehat bisa membuatmu bersemangat dan berenergi untuk melakukan apapun yang kamu inginkan saat terbangun. Jika rutinitas tidurmu saat ini jauh dari sehat dan seimbang, mungkin jadwal tidur yang pendek dan tidak wajar tidak akan berguna dan bermanfaat positif untuk hidupmu.

Tidur cukup membuat bersemangat setiap pagi
Tidur cukup membuat bersemangat setiap pagi

Fakta mengenai berapa jam billionaire tidur setiap hari sudah terjawab. Masih tertarik untuk mencoba tidur sesuai dengan kebiasaan mereka? Beberapa dari mereka tidur tiga jam, dan ada juga yang tidur delapan jam. Namun mereka mendapat kesuksesan besar yang tidak bisa dibantah. Karena itu, untuk mendapat hasil maksimal dari tidurmu, coba telusuri berapa jam tidur yang paling cocok untuk tubuhmu dan tetapkan hal itu sebagai kebiasaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here