Belajar Bahasa Inggris“, berdasarkan tool online ubersuggest kata kunci belajar bahasa inggris telah dicari di Google sebanyak 60,500 kali per bulannya, apakah kamu ada diantara penyumbang angka itu?

Pencarian kata kunci belajar bahasa inggris perbulan berdasarkan Ubersuggest
Pencarian kata kunci belajar bahasa inggris perbulan berdasarkan Ubersuggest

Tuntutan untuk mampu berbahasa inggris sudah disadari setiap orang, terbukti dari banyaknya pencarian yang diketikan pengguna google.

Globalisasi yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa international, smartphone, komputer, software, aplikasi dan berbagai penemuan teknologi baru default awalnya menggunakan bahasa inggris, syarat dunia kerja juga menempatkan kemampuan berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan menjadi hal wajib seolah memaksa setiap orang untuk ngeh berbahasa inggris kalau tidak mau disebut ketinggalan zaman.

Bahasa inggris sudah dipelajari 12 tahun semasa sekolah plus rata-rata 4 tahun saat kuliah, total 16 tahun belajar tapi kenapa masih banyak juga yang belum lancar berbahasa inggris?

Belajar bahasa inggris dari 16 tahun dari SD, SMP, SMA, Kuliah
Belajar bahasa inggris dari 16 tahun dari SD, SMP, SMA, Kuliah

Ada yang nilai bahasa inggrisnya A atau 100, dia paham rumus grammar, dia hapal 16 tenses, hafal banyak vocab, hafal V1, V2, V3 dan seterusnya tapi waktu disuruh ngomong loadingnya lama.

Ada yang sebaliknya, berani ngomong dan berekpresi dengan bahasa inggris tapi grammarnya berantakan, akhirnya hanya membuat lawan bicara binggung dan ga paham.

Kita bisa menduga-duga, ada yang kurang tepat disini. Bisa jadi dari bagaimana cara sekolah mengajari kita bahasa inggris, bisa juga karena cara kita memperlakukan bahasa inggris hanya menjadi mata pelajaran buat dikejar nilainya saja.

Apapun cerita, goal dari konten koalahero kali ini adalah menjabarkan cara belajar bahasa inggris paling fun, efektif dan efisien untuk semua kemampuan berbahasa, dari listening, speaking, reading hingga writing.

Kami fokus membuat konten ini selama kurang-lebih 1 bulan sebelum akhirnya dipublish, melewati proses brainstorming bersama beberapa rekan, riset dan tanya jawab dengan beberapa orang yang kami anggap ahli. Jadi boleh dibilang kami serius membuat panduan ini.

Cara dan kebiasaan yang dibahas adalah hasil memfilter banyak cara lalu hanya menyisakan cara-cara yang kemungkinan berhasilnya paling tinggi, tetap fun dijalaninya dan yang terpenting terjangkau, bahkan ada yang tanpa biaya. Walau begitu modal niat dan koneksi internet tetap wajib ada ya.

Panduan ini dibuat tidak hanya untuk dibaca, tapi juga dipraktekkan. So, pastikan kamu baca dari awal hingga akhir lalu biasakan, trust me it works.

Ini Kuncinya, Belajar Cepat Berbahasa Inggris Tergantung dari Seberapa Sering Kita Terekspos Bahasa Inggris

Kita yang ada di indonesia, menempatkan bahasa inggris menjadi bahasa kedua bukan bahasa ibu, bukan bahasa yang dibiasakan sejak lahir.

Pernah tidak bertanya-tanya, bagaimana dedek yang baru lahir di amrik, london atau dimanapun yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya, dia lahir, tumbuh, belajar tentang lingkungan dan kehidupan dalam konteks bahasa inggris.

Papa, mamanya menyapa dan mengajak berbicara dengan bahasa inggris, semua text yang bisa dibaca dari koran, baleho, tanda lalu lintas, televisi, radio, lingkungan semua menggunakan bahasa inggris.

Dedek yang sedari kecil terbiasa dengan english
Dedek yang sedari kecil terbiasa dengan english

Inilah yang kami maksud dengan terekspos atau terpapar. Semua yang lahir di negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya tanpa komitmen belajar bahasa inggris pun mereka juga akan terbiasa melihat, mendengar, membaca segala hal dengan bahasa inggris.

Dan sebenarnya tidak jauh berbeda, terlepas dari dimanapun kita lahir kalau orang tua kita mengkondisikan tumbuh kembang kita dekat sekali dengan bahasa inggris dipastikan hasilnya juga sama.

Misal orang tua kita menyapa dan berbicara dengan kita dengan bahasa inggris, papa-mama kita berkomunikasi dengan bahasa inggris dan seterusnya sehingga kita akan terekpos bahasa inggris lebih sering dan akhirnya terbiasa.

Nah, case itu memang pasti di masa lalu, itupun kalau orang tua kita dulu sadar. Kalau kamu salah satu dedek yang dibesarkan dengan exposure bahasa inggris, maka selamat kami yakin kamu sudah pasti terbiasa dengan bahasa inggris dan mungkin saat ini sudah lancar, beruntung banget ya.

Jaman sekarang banyak dan mudah kita temukan anak kecil yang sudah lancar bahasa inggrisnya, kadang iri dengernya kan.

Celotehnya bisa selancar itu karena selain orang tuanya yang membiasakan berbahasa inggris.

Dia juga bersekolah di sekolah yang mewajibkan semua muridnya menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dan dalam proses belajar mengajar.

Intinya adalah exposure, tidak perlu menyalahkan orang tua, atau sekolah kamu dulu yang tidak membiasakan menggunakan bahasa inggris.

Tidak perlu juga menyesali masa lalu, ha ha… 🙂

Saat ini pun, tidak peduli sudah kelas berapa atau seberapa tua kamu, kamu belum terlambat untuk membentuk kehidupanmu terpapar bahasa inggris lebih sering.

Cara dan kebiasaan yang selanjutnya dibahas memastikan siapapun yang komit mempraktekannya akan terekspos bahasa inggris dan akhirnya terbiasa.

Biasakan 8 Hal Ini, Bahasa Inggrismu Dipastikan Berkembang Pesat

Kami memakai istilah biasakan bukan lakukan. Ada maksud disini, 8 cara berikut memang harus diperlakukan sebagai kebiasaan, dilakukan rutin setiap hari, setiap saat sambil terus dinikmati.

Belajar bahasa adalah belajar membiasakan
Belajar bahasa adalah belajar membiasakan

Sebelum ke poin-poin apa rutinitas yang harus dibiasakan, ada baiknya kita pastikan kebiasaan ini akan bertahan lama dan terus kamu lakukan. Cara membuatnya bertahan lama adalah dengan motivasi dan komitmen.

Serius, lakukan ini dulu sebelum mulai, agar kebiasaanmu awet kamu lakukan terus:

Sebelum mulai tulis goalmu, manfaatnya kalau tercapai dan konsekuensinya kalau tidak tercapai

Cari kertas kosong dan pena, tulis goal kamu, manfaat dan konsekuensinya kalau tidak tercapai. Ini contoh milik kami:

Tulis goal dan manfaat belajar lancar berbahasa inggris koalahero.com
Tulis goal dan manfaat belajar lancar berbahasa inggris koalahero.com

Kalau kurang jelas, saya pastekan disini:

Goal:
Saya ingin lancar berbahasa inggris listening, speaking, reading hingga writing.
Berbahasa dengan cakap dan tidak loading lama tentunya dengan grammar yang benar.

Manfaat jika tercapai:
Dengan kemampuan saya berbahasa inggris dapat mendukung cita-cita meningkatkan karir; bekerja di multinational company.

Konsekuensi jika tidak tercapai:
Karir tidak berkembang
Ilmu baru sulit dipelajari
Ketinggalan zaman, tidak bisa mengikuti perkembangan zaman

Lalu tempel di dinding dekat meja belajar atau meja kerja, pintu kamar atau dimanapun asal mudah dibaca agar kamu selalu ingat kamu punya misi buat lancar berbahasa inggris.

Ingat belajar bahasa itu tentang membiasakan jadi harus konsisten dan awet semangatnya, harapannya dengan memakai coretan goal ini kamu selalu termotivasi dan pantang nyerah sampai goalnya tercapai.

Lanjut dengan 8 kebiasaan. Beberapa diantaranya mungkin bukan hal baru buat kamu, tapi percayalah apa yang kami list disini langsung berasal dari beberapa orang yang sudah mempraktekkannya dan berhasil.

Cara Pertama dan Terutama, Cari Sparring Partner dan Biasakan Berlatih dan Belajar Bersama

Belajar bahasa inggris dengan sparring partner atau sparring group
Belajar bahasa inggris dengan sparring partner atau sparring group

Tujuan punya sparring partner hampir mirip dengan tujuan ditempelkannya coretan goal sebelumnya, membuatmu terus termotivasi untuk terus belajar.

Adanya teman belajar bersama membuatmu lebih bersemangat.

Tentunya karena kalian memiliki tujuan yang sama.

Kamu bisa sparring bersama sahabat, teman sekelas, pacar, suami, istri, anak, adik, kakak, ayah, ibu, rekan kerja atau siapapun itu yang penting kalian berdua punya goal yang sama, ingin bisa lancar bahasa inggris.

Jadwalkan waktu bersama, hari, jamnya dan juga agendakan apa yang akan dilakukan bersama.

Selain sparring partner, kamu juga bisa membentuk sparring group. Share goal kamu beserta manfaat kalau goal kamu tercapai ke beberapa orang. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama denganmu, orang-orang yang ingin lancar berbahasa inggris.

Ntar pasti terasa, saat kamu lagi demotivated akan ada yang ngasih semangat, ada orang yang ngingatin kamu dengan goal lancar berbahasa inggris, tentunya selain coretan goal yang kamu tempel sebelumnya.

Sekedar sharing, salah satu rekan kami yang tinggal di bali memiliki pengalaman unik saat berkesempatan memiliki sparring partner native speaker dari Australia.

Rekan kami yang bernama Sarah ini merasa beruntung bertemu dengan teman sparring partnernya bernama Zoe.

Bersama sarah, Zoe belajar bahasa indonesia dan sebaliknya Sarah belajar bahasa inggris dari Zoe. Sarah mengaku hasilnya luar biasa.

Jika kamu memiliki kesempatan yang sama seperti Sarah, maka manfaatkan ya.

Kita lanjut lagi ya. Kebiasaan-kebiasaan selanjutnya juga sangat disarankan dilakukan bersama sparing partner kamu ya.

Kebiasaan Kedua, Kaitkan Bahasa Inggris dengan Hobimu

Setiap orang pasti menikmati hobinya masing-masing. Triknya disini, kaitkan dengan bahasa inggris, jadi sambil menjalani hobimu kamu bisa mendalami bahasa inggris. Beberapa hobi berikut contohnya:

Hobby Membaca: Cari Bacaan Berbahasa Inggris

Buat kamu para kutu buku bisa dong buku selanjutnya cari yang berbahasa inggris.

Dengan belajar bahasa inggris melalui membaca kamu mempelajari beberapa aspek berbahasa inggris, tentunya reading, speaking, menambah vocab hingga membiasakan tata bahasa atau biasa disebut grammar.

Untuk jenis bacaannya bebas aja. Mulai dari yang fiksi seperti novel, koran, majalah, blog, berita online dan sebagainya, kamu tinggal cari yang berbahasa inggris. Banyak rekan mimin yang merekomendasikan bacaan fiksi seperti novel bahasa inggris, kenapa?

Novel yang memiliki alur cerita akan lebih mudah membekas di ingatan, kalau jalan ceritanya bagus maka banyak vocab yang ada di dalam cerita yang akan kamu ingat.

Yang kedua, novel ini macam sinetron atau film berseri tapi dinikmatinya dengan dibaca bukan ditonton jadi kalau membaca memang hobimu pasti kamu nagih dan penasaran ingin terus membaca kelanjutan ceritanya.

hobby membaca cari bacaan berbahasa inggris
Hobby membaca: cari bacaan berbahasa inggris | Photo by freestocks on Unsplash

Dikutip dari english.com dan british-study.com, berikut beberapa rekomendasi judul novel fiksi yang paling direkomendasikan untuk beginner:

  1. High Fidelity” – Nick Hornby
  2. Empty World” – John Christopher
  3. The Wind in the Willows” – Kenneth Grahame
  4. Lord of the Flies” – William Golding
  5. Fantastic Mr. Fox” – Roald Dahl
  6. Animal Farm” – George Orwell
  7. To Kill a Mockingbird” – Harper Lee
  8. Tuesdays with Morrie” – Mitch Albom
  9. The Curious Indident of the Dog in the Night-Time” – Mark Haddon
  10. Harry Potter and the Philosopher’s Stone” – J.K. Rowling
  11. The Old Man and the Sea” – Ernest Hemingway
  12. The Giver” – Lois Lowry

Tips dari mimin, cari dulu gretongannya misal cari online versi pdfnya, kalau ada kan bisa hemat budget. 😉

Neh mimin kasih referensi salah satu situs penyedia novel gratis, manybooks.net

manybooks.net_referensi_cari_ebook_free_online_koalahero.com
manybooks.net referensi cari ebook free online koalahero.com
Cara belajar bahasa inggris dari novel

Nah sekarang bagaimana cara belajar bahasa inggris lewat novel? simple koq,

Step 1. Siapkan buku yang akan dibaca.

Buat kamu yang ngerasa beginner, direkomendasikan novel yang tidak terlalu tebal, satu chapternya tidak terlalu panjang.

Jadi satu bab bisa selesai terlahap satu kali sesi membaca. Boleh pilih novel dari yang direkomendasikan sebelumnya diatas.

Selain itu sediakan notes terpisah bila perlu, fungsinya buat jadi media mencatat vocab-vocab baru.

Jangan lupa juga sediakan pensil dan sticky notes kecil.

Sediakan_novel notes_sticky_notes_dan_pensil_koalahero.com
Novel notes, sticky, notes, dan, pensil

Step 2. Mulailah membaca dengan kecepatan lambat tapi lantang.

Kenapa harus lantang? tujuannya agar rasa percaya diri berbicara dan berekpresi menggunakan bahasa inggris terbentuk.

Tergantung dimana level bahasa inggrismu, namun sekali kamu tidak yakin bagaimana pengucapannya, kamu bisa cek terlebih dahulu via google translate.

Penggunaan google translate untuk memastikan pengucapan bahasa inggris
Penggunaan google translate untuk memastikan pengucapan bahasa inggris

Setelah dipastikan, ucapkan kembali dengan pronunciation yang benar.

Step 3. Sambil terus membaca dan mengerti maksudnya coba temukan vocab-vocab baru.

Jangan asal membaca tanpa mengerti artinya, pastikan mengerti maksud kalimat demi kalimat.

Jika kamu menemukan vocab-vocab baru, cari arti dan tulis langsung di novelnya.

Catat arti dari vocab baru langsung di novelnya
Catat arti dari vocab baru langsung di novelnya

Misal kamu sayang banget sama novelmu, nga mau novel kesayangan kamu kecorat-coret, kamu bisa pakek sticky note kecil.

Tulis artinya di sticky notes dan tempel
Tulis artinya di sticky notes dan tempel
Kalau kamu memakai ebook versi pdf, kamu bisa memberikan sticky notes seperti ini, jangan lupa di-save ya sebelum menutup pdfnya.

Cara membuat sticky notes di Adobe acrobat reader DC

Cara membuat sticky notes di Adobe acrobat reader DC

Step 4. Catat vocab-vocab baru di notes terpisah. Step ini optional, hanya untuk kamu yang ingin lebih serius lagi.

Goal dari step ini adalah mengumpulkan di satu tempat semua vocab-vocab baru dari berbagai koleksi bukumu. Saat ada waktu luang kamu bisa buka lagi notes kamu dan pelajari ulang vocab-vocab yang sebelumnya sudah kamu kumpulkan.

Contohnya seperti ini,

Contoh catatan vocabulary di notes terpisah
Contoh catatan vocabulary di notes terpisah

Cara yang sama juga sudah di bahas di channel Learn With Sam And Ash di video ini:

Salah satu kesulitan belajar bahasa inggris dari membaca

Rekan mimin share pengalaman saat diawal-awal dia mulai membiasakan diri rutin membaca novel berbahasa inggris.

Karena novel adalah karya sastra bebas jadi tidak jarang ditemukan kalimat yang walaupun kata per kata sudah dimengerti artinya tapi maksud dari keseluruhan kalimat tetap belum jelas.

Solusinya adalah dengan berdiskusi dengan sparing partnermu, tanyakan maksud dari kalimat tersebut atau kalau tidak terjawab juga, kamu bisa menanyakan pada guru, dosen bahasa inggris atau siapapun yang kamu anggap jago bahasa inggrisnya.

Solusi lainnya, bisa jadi buku atau novel yang kamu pilih terlalu advanced. Kamu butuh memastikan buku atau novel yang kamu pilih sudah cocok untuk kamu, misal untuk kamu yang baru pertama kali membaca buku berbahasa inggris.

Berikut ada list rekomendasi buku dari kak Vanessa dari channel youtubenya Speak English With Vanessa, 8 buku atau novel berbahasa inggris yang paling cocok untuk pemula,

Hobby Music: Sering Mendengarkan Lagu atau Podcast dalam Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Music

Untuk kamu yang hobi dengerin atau main musik kamu bisa mulai lebih sering ndengerin lagu-lagu barat.

Sekedar share, mimin suka lagu-lagunya The Beatles mulai dari “Hey Jude”, “Come Together” hingga “Eight Days a Week” semua mimin suka dengerin kalau lagi fokus kerja.

Kalau di rasa The Beatles udah jadul boleh juga pakek lagu barat modern boleh dari Maroon 5, Imagine Dragon dll. Cara belajarnya alamiah aja, nikmati, nyanyiin, tulis ulang lyric-nya dan cari artinya. Nantinya vocabmu juga pasti nambah dan nambah lagi.

Untuk pemilihan lagu sesuai selera ya.

Hobby Nonton: Sering Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

Itu hanya 3 hobi dan hampir semua hobi, minat dan passion bisa dikaitkan dengan bahasa inggris tinggal gimana kita ngakalinnya aja.

Kita masih di kebiasaan kedua dan masih ada 6 kebiasaan lainnya. Agar posting ini tidak terlalu panjang, kami sengaja buat di posting terpisah.

Kebiasaan atau Cara Ketiga: Belajar dari Aplikasi

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, sekarang semakin mudah bahkan tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi belajar bahasa inggris yang tersedia di google play store.

Ada aplikasi Duolingo, Cake, Memrise, Busu, Mondly, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lewat aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa belajar writing, speaking, reading, serta listening dengan cara yang lebih menyenangkan.

Bukan hanya belajar bahasa Inggris saja, lewat apliksi tersebut kamu juga bisa belajar bahasa-bahasa asing yang lainnya seperti bahasa Rusia, bahasa Jepang, bahasa Cina, Bahasa Jerman, dan lain sebagainya.

Kebiasaan atau Cara Keempat: Belajar dari Youtube

Kalau kamu nggak mau ribet harus download aplikasi untuk belajar bahasa inggris, alternatif lain bisa belajar dari youtube.

Youtube adalah aplikasi bawaan, sehingga kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi.

Bagi sebagian orang, belajar lewat video itu jauh lebih menarik daripada hanya melalui tulisan.

Kamu bisa menonton video pembelajaran dari channel-channel berikut ini untuk belajar bahasa inggris :

  • Voa Learning English
  • BBC Learning English
  • English Class 101
  • Learn English With TV Series
  • English With Lucy
  • Jennifer ESL

Kebiasaan atau Cara Kelima: Belajar Sambil Bermain

Belajar bahasa Inggris itu nggak harus tegang-tegang kok, sambil bermain pun juga bisa.

Terutama bagi anak-anak, metode belajar sambil bermain paling tepat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar mereka.

Percayalah, anak-anak pasti bosan jika terus menerus diberikan materi tanpa diselingi permainan. Begitupun kamu yang sudah dewasa, terkadang masih butuh hiburan juga.

Sebagai contoh, ketika anak belajar angka 1-10 dalam bahasa inggris, bisa diselingi dengan permainan petak umpet. Lalu, berhitung menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, ada juga game-game menarik yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar bahasa inggris.

Contohnya yaitu

  • Hangman
  • Apple to Apples
  • Pictionary
  • Scrabble
  • Undercover
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebiasaan atau Cara Keenam: Tempel Sticky Note

Sticky note adalah selembaran kertas catatan dengan ukuran khusus yang memiliki sebaris perekat di salah satu sisi.

Jadi, bisa dibilang sticky notes ini semacam kertas untuk menulis catatan-catatan kecil.

Nah, bagi kamu yang saat sedang belajar bahasa Inggris, bisa menulis materi-materi bahasa Inggris yang sedang kamu pelajari di sticky notes.

Kenapa nggak di buku saja?

Ya, kamu memang bisa mencatatnya dibuka akan tetapi menulis di sticky notes terlihat jauh lebih menarik sehingga kamu tidak bosan mempelajarinya.

Berbeda halnya dengan buku, apalagi catatanmu sampai berlembar-lembar bukan tidak mungkin kamu akan bosan mempelajarinya.

Sticky notes ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencatat kosakata dalam bahasa Inggris.

Kebiasaan atau Cara Ketujuh: Ikut Komunitas, Perluas Pergaulan

Kamu yang nggak bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak, bisa mengikuti komunitas. Misalnya, kamunitas Kampung Inggris di Pare.

Kamu bukan hanya mendapatkan ilmu baru, melainkan juga teman baru dan pengalaman baru.

Kalau ada materi yang tidak dipahami, kamu bisa bertanya kepada sesama komunitas atau mentor yang biasa memberikan materi di komunitas tersebut.

Selain itu, komunitas resmi biasanya menawarkan sistem pelajaran yang membuatmu tidak akan bosan mempelajari bahasa Inggris terus menerus.

Kebiasaan atau Cara Kedelapan: Buat Vlog atau Blog Berbahasa Inggris

Kalau kamu adalah orang yang percaya diri tampil di depan kamera, cobalah untuk membuat vlog dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan skill dan kemampuan berbahasa Inggris.

Awal-awal mungkin masih banyak yang salah, namun lambat laun kamu akan belajar dan akhirnya mengedit video tersebut sehingga kosakata bahasa Inggrismu ada peningkatan.

Lewat komentar netizen kamu akan tau seberapa parah tingkat kesalahanmu ketika berbicara dalam bahasa Inggris.

Ke-8 cara diatas adalah cara paling efektif, efisien dan fun belajar bahasa inggris.

Lakukan secara konsisten bersama sparring partner dan lihat bagaimana kemampuan berbahasa inggrismu akan berkembang pesat hari demi hari.

Good luck.

Apakah artikel ini membantumu?