Banyak perusahaan besar dunia yang berawal dari ide sederhana dan dimulai dari tempat sederhana, seperti garasi di samping rumah.

Mendirikan usaha memang tidak selamanya mudah, apalagi bagi orang-orang yang ingin mencoba bisnis baru namun tidak memiliki modal besar.

Alhasil, semua harus dimulai benar-benar dari nol, termasuk tempat usahanya. Karena menyewa kantor atau rumah kontrakan untuk usaha membutuhkan biaya yang mahal, garasi di rumah pun bisa menjadi tempat untuk memulai usaha.

Daftar 13 Perusahaan dan Bisnis-Bisnis Besar Dunia yang Semuanya Dimulai dari Garasi Rumah

Beberapa tahun kemudian, tak ada yang menyangka jika perusahaan-perusahaan internasional ini semuanya dimulai dari bisnis sederhana, dan tempat usaha pertamanya adalah sebuah garasi rumah, bukan di perkantoran mewah seperti yang mereka semua tempati saat ini. Berikut ini daftarnya.

Baca juga: 10 Perusahaan Teknologi Terbaik Dunia Yang Paling Bikin Betah Berkarir

Amazon

Siapa yang tak kenal Amazon? Perusahaan e-commerce internasional ini digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk berbelanja online dengan mudah dan cepat. Amazon kini masuk dalam daftar perusahaan terbesar di dunia.

Amazon
Amazon

Perusahaan ini pada awalnya didirikan oleh Jeff Bezos di tahun 1994. Saat itu, ia hanya ingin mendirikan toko buku online. Jeff Bezos mengubah garasi rumahnya menjadi kantor untuk toko buku. Karena kegigihannya, satu dekade kemudian Amazon sudah menjadi perusahaan retail online nomor satu di dunia.

Mattel

Perusahaan pembuat boneka Barbie, Mattel, didirikan pada tahun 1945. Sebelumnya, pendiri Mattel menggunakan garasi rumahnya untuk merancang dan membuat boneka-boneka Barbie.

Mattel
Mattel

Home industri yang tampak sederhana ini terus berkembang seiring berjalannya waktu dan saat ini menjadi salah satu perusahaan besar dunia di bidang mainan.

Apple

Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Kedua orang yang sangat menyukai dunia komputer dan teknologi ini awalnya hanya iseng-iseng merakit-rakit komputer di garasi rumah Steve Jobs.

Apple
Apple

Komputer rakitan mereka kemudian dijual dan ternyata laris. Tahun 2017, Apple menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di dunia dan produknya kini tak hanya perangkat komputer, tapi juga ponsel dan gadget lain, seperti iPhone, iPod, dan iPad.

Baca juga: Mengenal Silicon Valley, Komplek Perkantoran Perusahaan Teknologi Dunia

Patagonia

Pendiri Patagonia, Yvon Chouinard, adalah penggemar olahraga panjat tebing sejak kecil. Karena orang tuanya tidak mampu membelikan alat-alat panjat tebing, ia membuat sendiri peralatan tersebut di garasi rumahnya.

Patagonia
Patagonia

Empat dekade kemudian, alat-alat panjat tebing buatan Yvon dijual dengan merk Patagonia dan telah menjadi perusahaan besar dunia.

Disney

Semua orang di dunia pasti tahu mengenai Disney. Perusahaan animasi film ini sudah memproduksi ratusan film hingga saat ini.

Tokoh-tokoh kartun Disney seperti Mickey Mouse dan Donald Duck juga sangat ikonik di seluruh kalangan masyarakat segala usia.

Disney
Disney

Walt Disney sebagai pendiri memulai semua itu di garasi rumah pamannya. Ia menggambar kartun dan membuat film animasi pertamanya di garasi tersebut. Di sinilah sejarah perusahaan animasi Disney dimulai.

Yankee Candle

Perusahaan lilin aromatik terkenal di dunia, Yankee Candle, ternyata juga dimulai dari garasi rumah.

Yankee Candle
Yankee Candle

Michael Kittredge, pendiri Yankee Candle, awalnya hanya iseng membuat lilin aromatik dengan bahan krayon di garasi rumah. Dari sinilah ide bisnis tersebut muncul dan berkembang pesat.

Hewlett-Packard

Bagi pengguna komputer, merk Hewlett-Packard atau HP pasti sudah tak asing lagi. HP memang merupakan merk perangkat komputer paling terkenal di dunia.

Produknya hampir mencakup semua perangkat keras komputer, mulai dari monitor, printer, mouse, keyboard, dan lain-lainnya.

Hewlett Packard
Hewlett Packard

Perusahaan ini dimulai di garasi milik keluarga Packard di tahun 1939. Kedua pendiri perusahaan ini, David Packard dan Bill Hewlett, menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari di dalam garasi untuk mendesain dan merancang alat-alat listrik dan teknologi.

Saat ini, HP sudah berhasil menjadi salah satu perusahaan perangkat komputer terbesar di seluruh dunia.

Lotus Cars

Loftus Cars, perusahaan perakitan mobil yang terkenal di ajang Formula One, ternyata juga dimulai dari sebuah garasi tua sederhana.

Lotus
Lotus

Pendiri Loftus Cars menggunakan garasi milik orang tuanya untuk mengotak-atik mobil dan merancang part mobil yang dikenal hingga saat ini. Loftus Cars kini menjadi perusahaan besar dunia di bidang otomotif dengan profit tertinggi tiap tahun.

Google

Google saat ini diklaim sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia. Awal dari Google ternyata sangat sederhana, yaitu dimulai dari sebuah garasi di belakang rumah.

Google
Google

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford yang tiap hari nongkrong di garasi untuk melakukan eksperimen dan menciptakan alat-alat dan software terkait dengan internet. Dari situlah Google ditemukan dan berkembang hingga saat ini.

Nike

Nike, merk sepatu yang terkenal secara internasional, didirikan pada tahun 1971 di sebuah garasi rumah.

Nike
Nike

Ya, di garasi inilah sepatu-sepatu Nike pertama diproduksi. Karena memang desainnya bagus dan kualitasnya mumpuni, sepatu-sepatu ini laris dijual. Nike kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia dan merupakan usaha bernilai jutaan dolar.

Harley-Davidson

Merk moge (motor gede) paling populer tentu saja adalah Harley-Davidson. Selain terkenal sebagai motor mahal, Harley-Davidson juga terkenal tangguh dan canggih. Tahukan kamu jika kedua pendiri brand moge ini, William S.

Harley Davidson
Harley Davidson

Harley dan Arthur Davidson, adalah dua anak remaja yang hobinya utak-atik sepeda? Ya, kedua anak ini menghabiskan waktu di garasi rumah mereka untuk mengembangkan hobi otomotif. Hasilnya, terciptalah si motor ikonik Harley-Davidson.

Microsoft

Bill Gates saat ini terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya datang dari perusahaan yang didirikannya: Microsoft.

Microsoft
Microsoft

Perusahaan IT ini ternyata dimulai di garasi rumah Bill Gates dan dikelola oleh Bill Gates, Paul Allen sang co-founder, dan tiga orang karyawan.

Saat ini, Microsoft memiliki lebih dari 120.000 orang karyawan dan telah berubah menjadi perusahaan multinasional.

The Beatles

Meski secara teknis The Beatles bukan perusahaan, tapi band ini tetap menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah dan menjadi contoh yang tepat jika sebuah nama besar bisa dimulai dari tempat sederhana seperti garasi.

The Beatles
The Beatles

The Beatles berawal dari band lokal bernama The Quarrymen yang didirikan oleh John Lennon.

The Quarrymen kerap latihan di sebuah garasi yang akhirnya menjadi basecamp mereka.

Dari garasi inilah The Quarrymen sukses manggung di sana-sini dan akhirnya berkembang menjadi The Beatles saat Paul McCartney, George Harrison, dan tentu saja Ringo Starr pada akhirnya, bergabung.

Nah, siapa yang menyangka jika semua nama-nama perusahaan besar di atas tadi semua berawal di garasi rumah.

Usaha memang tak akan pernah mengkhianati hasil. Sesederhana apapun awalnya, jika sebuah bisnis diperjuangkan dengan sepenuh hati dan orang-orang di dalamnya memberikan dedikasi 100% terhadap bisnis tersebut, dalam beberapa tahun pasti bisnis itu akan berkembang pesat.

Semua perusahaan besar dunia di atas bisa menjadi contoh konkrit bahwa keberhasilan suatu usaha tidak bergantung pada besar kecilnya modal di awal.

Referensi: brightside.me

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here