Kemajuan teknologi saat ini membuat semua kegiatan menjadi lebih mudah. Internet dan gadget menjadi 2 hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari terutama bagi kamu yang sedang berkuliah atau bekerja.

Meskipun kamu sering menggunakan internet dan gadget, apakah kamu mengenal Silicon Valley yang selalu dikaitkan dengan gadget?

Kebanyakan orang masih belum tahu apa iatu Silicon Valley atau dalam Bahasa Indonesianya diterjemahkan sebagai lembah silikon.

Mengenal Silicon Valley dan Sejarahnya

Silicon Valley merupakan daerah di Amerika Serikat yang terletak di San Fransisco, Califronia, dan Bay Area. Silicon Valley terdiri atas San Jose, Palo Alto, Sunnyvale, Santa Clara, dan beberapa daerah lain.

Silicon Valley
Silicon Valley

Silicon Valley merupakan kawasan industri penghasil teknologi informasi terbesar. Ada juga yang mengatakan bahwa tanpa Silicon Valley, produksi gadget akan terhenti.

Nama ‘Silicon Valley’ bukanlah nama asli, tetapi hanya sebutan warga sekitar untuk menjuluki kawasan industri tersebut. Bagaimana asal usul Silicon Valley?

Baca juga: Mengenal generasi baby boomers, x, y, z dan alfa

Awal Pendirian

Untuk mengenal Silicon Valley, kamu harus tahu terlebih dulu mengenai sejarah kehadirannya. Silicon Valley mulai ada ketika 2 orang sahabat lulusan Stanford University, Hewlett dan Packard, mendirikan perusahaan HP pada 1939.

Mereka memilih lokasi tersebut berdasarkan kestrategisannya. Adanya perusahaan HP tersebut menjadi permulaan bagi perusahaan lain untuk mendirikan industri di sekitarnya.

Perkembangan Silicon Valley

Silicon Valley
Silicon Valley

Perusahaan HP terus berkembang dengan pesat dan berhasil berubah menjadi perusahaan yang besar.

Melihat hal tersebut, banyak perusahaan gadget lain yang memilih Silicon Valley untuk lokasi industrinya.

Beberapa perusahaan seperti Apple Computer, Xerox, Fairchild Semiconductor, dan PARC akhirnya mendirikan industri di kawasan Silicon Valley.

Kemudian disusul oleh Yahoo!, Google, Intel, Silicon Graphic, Sun Microsystems, Cisco System dan 3com.

Silicon Valley juga dikenal sebagai ‘Lembah Kesempatan’.

Hal tersebut disebabkan kawasan Silicon Valley dilihat sebagai sebuah kesempatan yang bagus untuk mengembangkan industri teknologi informasi.

Asal Usul Nama Silicon Valley

Nama Silicon Valley merupakan hasil persetujuan perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan tersebut. Mereka mencari nama untuk

menunjukkan identitas kawasan berisi perusahaan teknologi informasi. Munculah nama Silicon Valley yang diusulkan oleh pebisnis California, Ralph Vaerst.

Ralph memilih kata silikon untuk menunjukkan situasi perusahaan teknologi informasi yang kebanyakan menggunakan siliko di setiap produknya.

Sedangkan Valley merupakan istilah yang identik tentang Santa Clara.

Nama tersebut kemudian dipopulerkan oleh Don Hoefler di artikel dalam kabar mingguan Electronic News yang terbit pada 11 Januari 1971.  

Sejak saat itu, istilah Silicon Valley semakin dikenal oleh banyak orang.

Sampai saat ini, Silicon Valley menjadi ikon bagi perusahaan teknologi informasi.

Perusahaan yang berada di kawasan tersebut terus berkembang dan menjadi panutan bagi perusahaan teknologi informasi yang baru.

Perusahaan Teknologi Dunia yang Berkantor di Silicon Valley

Perusahaan-perusahaan di Silicon Valley sangat beragam. Mereka mendirikan perusahaan di kawasan tersebut agar dapat berkembang menjadi perusahaan yang mendunia.

Berikut merupakan contoh perusahaan-perusahaan yang ada di Silicon Valley.

Apple

Kantor Apple di Silicon Valley
Kantor Apple di Silicon Valley

Apple didirikan oleh Steve Jobs, Ronald Wayne, dan Steve Wozniak. Apple mulai beroperasi pada 1976. Sampai saat ini, Apple telah mencapai laba yang tinggi dan menghasilkan produk-produk yang dikenal oleh banyak orang. Beberapa produk yang diproduksi oleh Apple adalah Mac, iPhone, iPad, iPod, dan sebagainya.

Baca juga: Profesi paling cerah di masa depan

Xerox

Kantor Xerox di Silicon Valley
Kantor Xerox di Silicon Valley

Xerox merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mesin percetakan. Xerox adalah perusahaan yang memproduksi mesin fotokopi pertama kali.

Sekarang Xerox telah melebarkan sayap dengan memproduksi printer.

Fairchild Semiconductor

Kantor Fairchild Semiconductor di Silicon Valley
Kantor Fairchild Semiconductor di Silicon Valley

Fairchild didirikan pada 1 Oktober 1957 dan bergerak di bidang semikonduktor, jaringan komputer, pencahayaan, dan perlindungan sirkuit listrik.

Produk yang dihasilkan mulai dari sirkuit terpadu, prosesor sinyal, transistor, dan pengendali motor.

Saat ini Fairchild dipegang oleh  Mark Thompson dan Mark S. Frey. Fairchild telah berkembang dan memiliki banyak pabrik yang tersebar di dunia.

PARC (Palo Alto Research Center)

Kantor PARC(Palo Alto Research Center) di Silicon Valley
Kantor PARC(Palo Alto Research Center) di Silicon Valley

Saat mengenal Silicon Valley, kamu sebaiknya harus tahu mengenai salah satu perusahaan yang ada di kawasan tersebut.

PARC didirikan pada 1949 oleh Jacob Goldman. PARC merupakan anak perusahaan Xerox.

Sama seperti induknya, PARC bergerak di bidang mesin percetakan dan produk teknologi lain. Produk yang dimiliki oleh PARC antara lain printer laser, eternet, dan lain sebagainya.

Google

Kantor Google di Silicon Valley
Kantor Google di Silicon Valley

Perusahaan Google bergerak di jasa dan produk. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998.

Google menciptakan mesin pencarian yang saat ini digunakan oleh sebagian besar penduduk dunia.

Google mengembangkan produk lain seperti komputasi web, periklanan dalam jaringan, dan perangkat lunak.

Yahoo!

Kantor Yahoo! di Silicon Valley
Kantor Yahoo! di Silicon Valley

Mesin pencarian selain Google yang terkenal adalah Yahoo!. Yahoo! didirikan pada 2 Maret 1995 oleh David Filo dan Jerry Yang.

Kantor pertama Yahoo! ada di Santa Clara, California yang merupakan salah satu kawasan Silicon Valley.

Banyak layanan yang dimiliki oleh Yahoo! yang terus berkembang dan tetap eksis seperti Yahoo! Answer. Di sisi lain, ada juga layanan yang kurang diminati sehingga ditutup seperti Yahoo! Photos dan Yahoo! Mash Beta.

Intel

Kantor Intel di Silicon Valley
Kantor Intel di Silicon Valley

Perusahaan multinasional Intel berpusat di Amerika Serikat. Kantor Intel pertama didirikan pada 18 Juli 1968 dan berlokasi di Silicon Valley.

Intel beroperasi di seluruh dunia dengan memproduksi produk semikonduktor seperti mikroprosesor, chipset papan induk, kartu jaringan, dan sebagainya.

Silicon Graphic

Kantor Silicon Graphic di Silicon Valley
Kantor Silicon Graphic di Silicon Valley

Perusahaan teknologi lain yang ada di Silicon Valley adalah Silicon Graphic. Perusahaan ini didirikan oleh Abbey Silverstone dan Jim Clark pada 1982.

Produk awal yang dibuat adalah terminal tampilan grafik 3 dimensi.

Saat ini, Silicon Graphic juga berkecimpung di komputasi berkecepatan tinggi, penyimpanan, dan visualisasi.

Silicon Valley di Amerika Serikat tidak hanya menginspirasi perusahaan teknologi informasi untuk berkembang, tetapi juga menginspirasi negara lain untuk mengembangkan kawasan industri terpadu.

Taiwan adalah negara yang ingin membentuk Silicon Valley di Asia. Taiwan dikenal dengan negara produsen beberapa gadget seperti laptop dan HP.

Inovasi Silicon Valley di Asia

Taiwan merupakan asal produsen HTC, Foxconn, Acer, dan Asus. Selain itu, Taiwan secara rutin mengadakan Computex.

Computex merupakan pameran teknologi yang telah berjalan lebih dari 30 tahun. Di pameran ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis inovasi teknologi yang memukau.

Computex 2018
Computex 2018

Melihat antusias pengunjung dan perusahaan yang berpartisipasi, kepala dewan pengembangan mengatakan Computex bisa menjadi awal untuk menciptakan Silicon Valley Asia.

Diharapkan selanjutnya setelah mengenal Silicon Valley Asia, Asia dapat menjadi pusat inovasi teknologi baru dan bisa mendunia.

Untuk memulai harapan tersebut, Taiwan membutuhkan banyak ahli khususnya di bidang teknologi informasi.

Silicon Valley tidak akan pernah mati selama teknologi informasi masih dibutuhkan di seluruh dunia.

Setelah mengenal Silicon Valley, kamu akan dapat melihat perkembangan yang luar biasa dari Silicon Valley. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan di Silicon Valley akan membutuhkan banyak tenaga kerja dari berbagai kawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here