Kamu tentunya pasti tahu dua minimarket di Indonesia, yaitu Indomaret dan Alfamart. Dapat dibilang jika Indomaret berdiri lebih dulu sebelum Alfamart muncul sebagai pesaing beratnya.

Untuk saat ini persaingan kedua minimarket tersebut sangatlah ketat, bahkan dapat disebut sebagai persaingan abadi.

Di mana pada suatu tempat ada Indomaret pasti sekitarnya ada Alfamart, begitupun juga dengan sebaliknya.

Pasti kamu pernah berpikir, mengapa kedua minimarket itu selalu membuka cabang gerai yang berdekatan di berbagai tempat? Ternyata ada beberapa fakta Indomaret dan Alfamart yang menarik tentang kedekatan lokasi dua minimarket ini.

Fakta Tentang Kedekatan Lokasi antara Indomaret dan Alfamart

Lokasi berdiri yang dekat antara Indomaret dan Alfamart ini merupakan suatu hal unik yang perlu kamu ketahui. Tentunya hal ini bukan karena tidak disengaja.

Terdapat alasan dan tujuan tertentu dari cara bersaing dari kedua minimartket tersebut. Oleh karena itu berikut beberapa fakta Indomaret dan Alfamart yang selalu berdiri secara berdekatan.

Adu Persaingan yang Ketat

Seolah-olah berada pada sebuah pertandingan, baik Indomaret ataupun Alfamart akan saling menunjukan kelebihannya masing-masing untuk merebut hari para konsumen.

Lokasi keberadaan dari kedua minimarket ini dapat menjadi indikasi bahwa persaingan diantara keduanya memanglah cukup ketat.

Walaupun memiliki peran yang sama, mereka akan terus berusaha serta memperketat persaingan untuk menjadi yang terbaik dan terlaris.

Mempunyai jarak yang saling berdekatan bukanlah halangan bagi Indomaret ataupun Alfamart, karena cara yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi dari keduanya berbeda.

Pembidikan Pasar Lebih Luas

Fakta Indomaret dan Alfamart yang kedua adalah tentang strategi marketing. Di mana tempat pembeli berada, maka penjual akan berusaha untuk menghampiri.

Hal ini pastinya tidak akan dilewatkan begitu saja oleh Indomaret dan Alfamart. Tentunya, membidik pasar yang lebih luas merupakan strategi marketing yang digunakan oleh dua minimarket ini.

Walaupun pasar yang harus dijangkau, berada pada wilayah yang sama.

Pasar yang Besar

Salah satu bisnis yang sangat menjanjikan pasar dan tidak ada habisnya adalah bisnis retail. Kebutuhan pokok masyarakat seperti makanan, minuman, peralatan kebersihan, dan sebagainya memang tidak akan pernah mengalami penurunan.

Bahkan semakin hari kebutuhan dari masyarakat tersebut terus meningkat seiring dengan naiknya pendapatan dan perubahan gaya hidup masyarakat itu sendiri.

Hal tersebut yang membuat Indomaret dan Alfamart, sama-sama tidak takut untuk mendirikan persaingan di tempat yang berdekatan.

Selain itu, tentunya mereka tahu bahwa pasar yang dibidik merupakan pasar yang sangat besar. Kedua minimarket ini tidak akan pernah mempunyai kendala dalam jumlah konsumen, karena dapat dipastikan konsumen di wilayah tersebut tidak akan pernah habis.

Mengusung keunggulan berbeda

Jika dilihat secara sekilas, Indomaret dan Alfamart tidak memiliki perbedaan yang signifikan apalagi dimata konsumen.

Layaknya saudara, kedua minimarket ini memiliki banyak sekali kesamaan. Namun, ternyata keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulan yang berbeda.

Konsep bisnis yang dibawakan Indomaret berbeda dengan Alfamart. Nilai plus yang ditawarkan juga berbeda.

Ada yang mengusung keunggulan dari segi keramahan pelayanan, kenyamanan suasana, penawaran harga murah, maupun kapasitas toko yang luas.

Semua hal yang ditawarkan oleh kedua minimarket tersebut menjadi nilai tersendiri yang membedakan antara keduanya.

Penambahan Gerai secara Maraton

Sebagai pemimpin pangsa pasar atau market leader dari bisnis minimarket di Indonesia, Indomaret telah mempunyai lebih dari 3000 gerai disusul oleh kompetitor utamanya yaitu Alfamart.

Walaupun kedua telah menjadi ikon keberadaan mini market, baik Indomaret maupun Alfamart tidak pernah berhenti untuk terys melebarkan sayap kejayaannya.

Dalam hal ini membuktikan bahwa mereka target yang tanggung-tanggung dalam penambahan jumlah gerai.

Seakan keduanya melakukan pembukaan gerai secara maraton dan tidak peduli jika gerai baru yang dibuka berdekatan dengan pesaingnya.

Penjualan Produk yang Seragam

Dapat dibilang produk yang dijual pada kedua minimarket ini sama. Namun, perbedaannya terdapat pada diskon dan promo yang bertujuan untuk menarik minat para konsumen.

Untuk selebihnya hampir tidak ada produk yang berbeda. Jika kamu menemukan Indomaret dan Alfamart yang jaraknya berdekatan, cobalah masuk ke dalam dua minimarket tersebut.

Kamu tidak akan merasakan perbedaan dari keduanya, hanya saja yang satu identik berwarna biru sedangkan satunya lagi berwarna merah.

Visi dan Misi yang Sama

Fakta Indomaret dan Alfamart yang selanjutnya adalah kesamaan dari visi dan misi mereka.

Keduanya menerapkan konsep bisnis dan sistem bisnis yang sama, serta penggunaan SDM yang sama.

Untuk menghilangkan kesamaan dari kedua minimarket tersebut, tentunya ada persaingan harus lebih ditingkatkan lagi.

Dengan strategi marketing dan semangat berkompetisi yang matang, tidak diragukan lagi bahwa keduanya telah menjadi pemegang pasar utama dalam bisnis waralaba atau retail berbasis minimarket.

Adanya Sistem Waralaba

Indomaret dan Alfamart sama-sama memberi kesempatan bagi siapapun yang mempunyai modal untuk mengajukan permohonan kerja sama waralaba.

Sudah pasti, untuk urusan lokasi dan tempat ditentukan berdasarkan keinginan investor tersebut. Bisa saja para investor akan memilih lokasi yang sama berdasarkan pertimbangan mereka.

Ketika melihat suatu tempat yang dirasa lebih strategis daripada lokasi lainnya, maka tempat inilah yang akan menjadi kesempatan emas untuk memperoleh keuntungan dari bisnis waralaba minimarket tersebut.

Walaupun jarak dengan minimarket lain, tetap saja ada suatu perbedaan yang dapat diunggulkan di antara keduanya.

Membangun Persepsi dalam Konsumen

Membangun persepsi pada setiap konsumen tentunya merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis waralaba minimarket ini.

Jika kamu sudah sering berbelanja di satu minimarket, maka kamu akan sering bahkan seterunya berbelanja pada minimarket tersebut. Hal ini disebabkan oleh persepsi yang muncul pada pikiran konsumen, entah itu harga murah, pelayanan ramah, maupun jarak yang dekat.

Dalam hal ini persaingan Alfamart dan Indomart akan semakin ketat. Tidak peduli jika gerai yang didirikan harus saling berdekatan dengan pesaingnya, kelebihan masing-masing yang diusung oleh Indomaret atau Alfamart, pastinya akan memberikan sebuah persepsi pada setiap konsumennya sehingga mereka dapat menjadi pelanggan tetap.

Tidak Adanya Larangan

Alasan terakhir dari dekatnya jarak antara gerai Indomaret dan Alfamart ini adalah, tidak adanya peraturan dan undang-undang yang menetapkan bahwa kedua minimarket ini harus mempunyai jarak minimal dalam pembuatan gerai antara satu dengan lainnya.

Tentunya hal ini membuat pihak Alfamart maupun Indomaret dapat mendirikan gerai di suatu tempat yang menurut mereka merupakan lokasi strategis.

Tidak peduli dengan pesaingnya, jika tempat tersebut dirasa benar-benar akan menguntungkan maka persaingan yang ketat juga akan dilakukan.

Itulah 10 fakta Indomaret dan Alfamart tentang kedekatan lokasinya yang akan menjawab pertanyaan kamu.

Dengan persaingan yang ketat antara kedanya ini, keunggulan dari Indomaret ataupun Alfamart tentunya juga akan menguntungkan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here