Softbank, pernahkah Kamu mendengar nama dari perusahaan ini? Softbank merupakan salah satu perusahaan besar yang bermarkas di Tokyo, Jepang.

Perusahaan ini mulanya berdiri sebagai software distributor, kemudian berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi dan sekarang telah berhasil mencakupi dalam berbagai bidang industri.

Softbank awalnya sebagai software distributor
Softbank awalnya sebagai software distributor

Sebagai perusahaan besar, Softbank mampu menghasilkan jutaan dolar seperti halnya Alibaba, Uber, dan WeWork. Akan tetapi perusahaan ini belum banyak diketahui, terutama oleh kelangan awam. Kamu penasaran dengan Softbank? Yuk kenali lebih dekat.

Softbank Termasuk Perusahaan Besar di Dunia

Semua orang tahu bahwa untuk menjadi sebuah perusahaan yang besar bahkan dalam skala dunia, bukanlah suatu hal yang mudah.

Terkait dengan hal, Softbank telah melewati berbagai hal dan kini dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Softbank peringkat ke-38 daftar the world biggest public company
Softbank peringkat ke-38 daftar the world biggest public company

Berdasarkan catatan dari forbes, Softbank menduduki peringkat ke-38 dalam daftar the world biggest public company. Bahkan posisi dari Softbank mengungguli beberapa perusahaan besar dan ternama lainnya seperti General Motor, IBM, Amazon, Coca-cola, dan Walt Disney.

Softbank Bergerak dalam Segala Bidang

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, Softbank ternyata bergerak dalam segala bidang. Mereka berhasil menjalin kerjasama dalam urusan telekomunikasi, e-commerce, keuangan, layanan teknologi, desain semikonduktor, media dan pemasaran.

Softbank - Desain Semikonduktor
Softbank – Desain Semikonduktor

Bahkan perusahaan ini pun bekerja sama dengan sebuah tim baseball dan juga terlibat dalam industri robotic. Jika melihat hal ini maka tidak heran bahwa dalam perkembangan Softbank maju begitu pesat.

Softbank Berhasil Membuat Robot Humanoid

Salah satu keberhasilan Softbank sebagai perusahaan terbesar dapat terlihat dalam industri robotic.

Perusahaan ini berhasil membuat sebuah robot humanoid yang mampu membaca emosi manusia.

Softbank - Robot Humanoid
Softbank – Robot Humanoid

Tidak hanya itu, robot hasil rancangan Softbank ini juga mampu mengenal nada suara. Ketika bertatapan dengan manusia, robot ini akan mengikuti arah gerak muka dari manusia tersebut dan akan memberikan respon melalui suara yang dikeluarkannya.

Biasanya robot akan memberitahukan keadaan emosi subjek yang berhadapan dengannya.

Sosok CEO dari Softbank

Masayoshi Son - CEO Softbank
Masayoshi Son – CEO Softbank

Setelah mengetahui keberhasilan dari Softbank, maka selanjutnya Kamu harus tahu siapa sosok dibalik kesuksesan Softbank tersebut. Softbank didirikan oleh seorang pria kelahiran Jepang yang dikenal dengan nama Masayoshi Son.

Pria ini lahir di Jepang tepatnya pada sebuah kota kecil di sana, kemudia ketika menginjak usia 16 tahun ia pindah ke California.

Lalu bagaimana dengan kariernya?

Ditilik dari sisi Pendidikan, Son merupakan lulusan dari UC Berkeley dengan menyandang gelar BA pada tahun 1980 di bidang ekonomi.

Hal inilah menjadi awal kesuksesan dari Son dalam dunia bisnis. Selanjutnya sebagai seorang pebisnis, Son dikenal karena strategi bisnisnya yang “ganas” dan terbukti membuahkan hasil yang memuaskan.

Masayoshi Son dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Masayoshi Son dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

Pada tahun 2016 lalu Son juga berhasil menyelenggarakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Hasil dari pertemuan tersebut menyebutkan bahwa pria kelahiran Jepang ini akan berinvestasi sebesar $ 20 miliar di bidang teknologi AS.

Akibat dari pengumuman tersebut, saham Softbank mengalami kenaikan 6% yang membuat Son meraup untung $ 2 miliar secara seketika. Berkat keberhasilannya ini Son dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Negeri Sakura, Jepang.

Sepak Terjang Softbank dalam Bidang Investasi

1. Berhasil Berivestasi $60 Miliar di Alibaba

Masayoshi Son bersama Jack Ma
Masayoshi Son bersama Jack Ma

Mulanya pada tahun 2000 Softbank melakukan investasi ke perusahaan kenamaan Alibaba. Hasil dari investasi tersebut mengantarkan Softbank berhasil menginvestasi sebanyak $ 20  juta dananya ke Alibaba.

Selanjutnya pada 14 tahun kemudian investasi yang dilakukan oleh Softbank tersebut berhasil meningkat pada angka $ 60 miliar.

Tentunya hal ini merupakan pencapaian terbesar bagi Softbank dan memberikan keuntungan yang sangat berlimpah hingga 300.000%  dalam kurun waktu 14 tahun. Dengan demikian tidak heran jika Softbank kini menjadi salah satu pusat investasi.

2. Menyumbang Investasi Lebih dari 50% dari 10 Investasi Terbesar Skala Corporate dan Startup

Selanjutnya pada tahun 2017, Softbank melakukan investasi lebih dari setengah dari 10 investasi terbesar dalam biggest VC-backed startup. Di dalamnya terdapat beberapa perusahaan besar seperti didi chuxing, grab, ola, flipkart, dan perusahaan e-commerce dari India.

Masayoshi Son - CEO Softbank
Masayoshi Son – CEO Softbank

Keberhasilan yang dicapai oleh Softbank ini tentunya tidak terlepas dari strategi Masayoshi Son.

Ketika didi chuxing dan uber mengatakan mereka tidak membutuhkan uang dari Softbank. Namun Son (CEO Softbank) justru melakukan mengancam akan melakukan investasi kepada perusahaan yang menjadi rival mereka.

Alhasil dua perusahaan tersebut (didi chuxing dan uber) menerima investasi yang dilakukan oleh Softbank. Maka tidak heran jika Softbank berhasil menggungguli ke-10 perusahaan tadi dan memiliki kekuatan yang cukup diperhitungkan.

3. Berhasil Mengakuisisi Arm Holdings

Arm Holdings
Arm Holdings

Tepatnya pada tahun 2016, Softbank kembali mencapai kesuksesannya. Pada tahun itu Son berhasil mengakuisisi sebuah perusahaan semi-konduktor asal Eropa, Arm Holdings.

Softbank berhasil mengakuisisi Arm Holdings
Softbank berhasil mengakuisisi Arm Holdings

Nilai akuisisi yang dicapai oleh Softbank berada pada angka $ 31 Miliar. Hal ini pun tercatat sebagai pembelian terbesar perusahaan teknologi yang pernah ada di Eropa.

Kemudian pada tahun 2017 Softbank juga berhasil membeli sebuah perusahaan robot yang dikenal dengan nama Boston Dynamic.

Meskipun tidak disebutkan besar nominalnya, namun pembelian tersebut juga menjadi prestasi tersendiri bagi Softbank dan semakin dikenal oleh dunia

Softbank dan Vision Fund

Softbank dan Vision Fund
Softbank dan Vision Fund

Seiring dengan berjalannya waktu investasi sofbank kini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Dana investasi yang dimiliki oleh Softbank ini kini lebih dikenal dengan istilah vision fund. Dana investasi ini pun dianggap sebagai dana investasi teknologi terbesar yang pernah ada.

Softbank kini memiliki dana investasi senilai $ 100 miliar dan termasuk investasi besar di beberapa perusahaan meliputi apple, qualcomm, sharp, dan beberapa aset lainnya di Arab Saudi dan UEA.

Dana sedemikan banyak yang dimiliki oleh Softbank ini telah mengalir di 30 perusahaan kenamaan di dunia termasuk Uber, ARM, Nvidia, dan WeWork.

Perkembangan baru-baru ini memberitakan bahwa Softbank terlibat dalam sebuah proyek pembangkit listrik di Arab Saudi.

Nilai dari proyek ini pun terbilang fantasti dengan nominal sebesar $ 200 miliar. Proyek pembangkit listrik ini akan mengembangkan teknologi surya yang notabene memang memiliki potensi sangat baik di Arab Saudi.

Proyek ini pun juga digadang-gadang sebagai proyek teknologi surya terbesar yang pernah ada di dunia.  

Tidak berenti sampai di sini saja, Softbank masih memiliki ambisi untuk menjadi perusahaan dengan dana investasi terbesar di dunia.

Softbank ingin menciptakan ekosistem perusahaan teknologi terbesar Dunia
Softbank ingin menciptakan ekosistem perusahaan teknologi terbesar Dunia

Tujuannya Softbank ingin menciptakan ekosistem perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia.

Demikianlah beberapa hal menarik yang dapat Kamu ketahui tentang Softbank. Secara keseluruhan Softbank merupakan sebuah perusahaan raksasa dengan dana investasi berlimpah.

Tentunya hal ini tidak didapat secara instan, melainkan melalui sebuah proses yang matang.

Di samping strategi bisnis yang dikembangkan oleh Masayoshi Son memang terbukti mampu mendongkrak perusahaan yang semulai hanya sebagai distributor software menjadi perusahaan raksasa yang diperhitungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here