Google telah menjadi perusahaan raksasa dengan ratusan produk termasuk Youtube, Android, dan tentu saja layanan pencarian Google, yang digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia. Perusahaan ini telah menjadi leading brand dengan lebih dari 60.000 karyawan di 50 kantor besar yang tersebar di berbagai negara. Namun, tahukah kamu bahwa kesuksesan skala besar ini berasal dari kolaborasi dua mahasiswa yang awalnya hanya bekerja di sebuah garasi kecil? Berikut adalah kisah inspiratif pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page.

Kisah Inspiratif Pendiri Google

Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Google di Garasi Kecil
Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Google di Garasi Kecil

Sejarah kesuksesan Google yang kini telah berusia tiga dekade, tentu tidak lepas dari dua pendirinya. Sergey Brin adalah seorang mahasiswa Stanford yang ditugaskan untuk menemani seorang calon mahasiswa pascasarjana di universitas tersebut, yang tak lain adalah Larry Page.

Patut dicatat bahwa kombinasi antara Brin dan Page hampir tidak berhasil saat itu karena mereka berdua tidak sepaham mengenai semua hal yang terjadi pada pertemuan pertama. Walaupun begitu, kerja sama mereka dimulai pada tahun berikutnya saat mereka mulai bekerja di kamar asrama. Ini menjadi pembuka kisah inspiratif pendiri Google dalam membangun sebuah mesin pencarian yang kemudian menjadi salah satu bisnis berskala global terbesar.

Siapakah Sergey Brin dan Larry Page?

Larry Page lahir dari kedua orang tua yang bekerja sebagai ahli komputer, yang kemudian menjadi latar belakang ia mulai belajar teknik komputer di Universitas Standford. Di sana, ia bertemu Sergey Brin, ilmuwan komputer dan wirausahawan muda.

Mereka berdua mengembangkan mesin pencarian web yang menunjukkan hasil berdasarkan kepopuleran, dan menyebutnya Google. Sejak diluncurkan pada tahun 1998, Google merupakan mesin pencarian yang paling banyak digunakan.

Asupan energi positif lainnya: Kisah Hidup dan Biografi Sundar Pichai, CEO Google Asal India

Kehidupan awal

Larry Page
Larry Page

Lawrence “Larry” Page lahir di East Lansing, Michigan, pada tanggal 26 Maret 1973.

Ayahnya, Carl Page, adalah seorang pelopor ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Sedangkan Ibunya adalah pengajar di bidang pemrograman komputer. Ia memutuskan untuk fokus pada di bidang teknik komputer di Universitas Stanford setelah lulus dengan gelar Bachelor of Science dalam bidang teknik dari University of Michigan.

Sergey Brin
Sergey Brin

Sergey Mikhaylovich Brin lahir pada 21 Agustus 1973, di Moskow, Rusia. Ia adalah anak dari ahli ekonomi matematika Soviet yang kemudian bermigrasi ke AS untuk menghindari persekusi terhadap kaum Yahudi di tahun 1979. Brin mengejar gelar doktor dalam ilmu komputer di Stanford setelah  menerima gelar di bidang matematika dan ilmu komputer dari University of Maryland di College Park.

Awal berdirinya Google

Googol
Googol

Kisah inspiratif pendiri Google dimulai saat Larry Page dan Sergey Brin bekerja sama untuk menciptakan mesin yang menyajikan hasil pencarian sesuai popularitas, sebagai bagian dari proyek penelitian di Universitas Stanford.

Mereka membangun alat ini setelah menyimpulkan bahwa hasil pencarian paling populer sering kali menjadi hasil paling bermanfaat. Mesin pencari itu dinamakan “Google”, dari istilah matematika “googol” yang berarti nomor 1 yang diikuti 100 nol di belakangnya. Ini mencerminkan misi mereka dalam mengorganisir sejumlah informasi yang tersedia di web.

Dua partner ini meluncurkan perusahaan mereka di tahun 1998 setelah berhasil mengumpulkan dana US $1 juta dari keluarga, teman-teman, dan investor. Sejak itu, Google menjadi mesin pencari paling digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia dengan jumlah pencarian mencapai 5,9 miliar per hari di tahun 2013.

Markas besar Google terletak di pusat Silicon Valley, California. Google mengadakan pembukaan bursa efek perdana pada tahun 2004, menjadikan Page dan Brin sebagai milyarder.

Kesuksesan dan ekpansi selanjutnya

Sejak diluncurkan, Google telah menerima banyak penghargaan. Sebagai contoh, PC Magazine memberi peringkat Google dalam daftar 100 Situs Web dan Mesin Pencari Teratas pada tahun 1998, dan Penghargaan Keunggulan Teknis untuk Inovasi dalam Pengembangan Aplikasi Web pada tahun 1999.

Memasuki era milenium di tahun 2000, Google memperoleh Webby Award atas pencapaian-pencapaian teknis oleh People’s Voice Award. Dalam Search Engine Watch Awards tahun 2001, Google dianugerahi berbagai penghargaan seperti Most Webmaster Friendly Search Engine, Outstanding Search Service, Best Design, Best Image Search Engine, dan Best Search Feature

Kisah inspiratif pendiri Google tidak berhenti di situ. Setelah mengalami kesuksesan, pada tahun 2006 Google membeli situs web video streaming paling populer, Youtube. Situs itu dibeli senilai US $1,65 miliar.

Youtube
Youtube

Pada tahun 2012, Google juga meluncurkan kacamata berbasis komputer yang futuristik bernama Google Glass. Teknologi itu dapat diluncurkan dengan berbagai fitur modern seperti touchpad dan kontrol suara,  layar LED, dan kamera untuk publik.

Google Glass
Google Glass

Walaupun disebut sebagai tren terbaru dalam teknologi, muncul kekhawatiran mengenai keamanan dan privasi, juga kurangnya manfaat yang jelas untuk kehidupan sehari-hari. Penjualan Google Glass terhambat di pasar komersil, namun teknologinya berhasil diintegrasi dalam berbagai bidang seperti jurnalisme, militer, dan perawatan kesehatan.

Pada bulan September 2013, Larry Page menduduki peringkat ke 13 dalam daftar orang terkaya di Amerika versi majalah Forbes. Bulan Oktober di tahun yang sama, ia berada peringkat 17 dalam daftar “Most Powerful People 2013” Forbes. Sedangkan pada November 2016, Brin berada di peringkat 13 dalam daftar miliarder Forbes. Page berbagi tanggung jawab dengan Brin sebagai CEO Google, yang juga merupakan direktur proyek khusus Google. Selain itu, Eric Schmidt didapuk menjadi ketua eksekutif perusahaan pada saat itu.

Perusahaan taksi terbang Kitty Hawk dengan Cora Air Taxinya
Perusahaan taksi terbang Kitty Hawk dengan Cora Air Taxinya

Pada bulan Maret 2018, muncul berita bahwa Page secara pribadi mendanai sebuah perusahaan bernama Kitty Hawk. Proyek itu dimaksudkan untuk memproduksi taksi terbang yang sepenuhnya bertenaga listrik dan mampu menyetir secara otomatis. Kesepakatan untuk memulai proses sertifikasi proyek ini dibuat dengan pemerintah New Zealand.

Hingga saat ini, mesin penerbangan Kitty Hawk bernama Cora telah diuji di New Zealand pada Oktober di tahun sebelumnya.

Kitty Hawk direncanakan akan diluncurkan dan beroperasi secara komersil pada tahun 2021, dengan calon perusahaan perintis seperti Boeing, Airbus, dan Uber.

Kehidupan Pribadi

Larry Page bersama istriya, Lucinda Southworth
Larry Page bersama istriya, Lucinda Southworth

Larry Page menikah dengan ilmuwan, Lucinda Southworth pada tahun 2007, yang merupakan saudara perempuan dari model dan aktris Carrie Southworth. Mereka berdua memiliki dua orang anak yang masing-masing lahir pada tahun 2009 dan 2011. Di tahun 2011, Page membeli perumahan di Palo Alto.

Ia ingin menciptakan ruang dan membangun sebuah eco-house besar yang didesain untuk “meminimalkan dampak terhadap lingkungan.”

Anne Wojcicki, Istri Sergey Brin
Anne Wojcicki, Istri Sergey Brin

Sedangkan Sergey Brin menikah dengan penemu 23andMe, Anne Wojcicki. Pernikahan mereka berdua menghasilkan dua orang anak. Mereka berpisah pada tahun 2013, dan akhirnya resmi bercerai pada tahun 2015 setelah Brin menjalin hubungan dengan Amanda Rosenberg, manajer pemasaran Google Glass.

Sergey Brin dan Larry Page
Sergey Brin dan Larry Page

Kisah inspiratif pendiri Google di atas menceritakan sejarah singkat bagaimana dua orang biasa sukses membangun sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perangkat lunak, komputasi dan periklanan online.

Saat ini, Google telah tumbuh menjadi bisnis masif sebagai mesin pencarian yang paling banyak digunakan hingga hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here