Bagi seorang pebisnis, sosok Warren Buffet tentunya dipandang sebagai tokoh inspiratif. Banyak perintis bisnis di Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia yang membaca biografi Warren Buffett untuk menemukan motivasi tentang bisnis dan kesuksesannya.

Biografi Warren Buffet
Biografi Warren Buffet

Siapa sesungguhnya Warren Buffett ini? Berikut biografi lengkapnya.

Sekilas Tentang Warren Buffett

Warren Buffet adalah seorang pebisnis ulung dan juga investor kawakan. Pria asal Omaha, Nebraska ini dijuluki sebagai “Oracle of Omaha” atau “Peramal dari Omaha” karena kemampuan unggulnya dalam memprediksi jalannya sebuah bisnis.

Hal ini membuat investasinya di banyak perusahaan dan badan bisnis selalu tepat sasaran dan membuatnya mendapatkan banyak keuntungan. Tak heran jika saat ini sosok Warren Buffett masuk sebagai salah satu pebisnis dan investor terkaya di dunia.

Baca juga: Ketahui bagaimana kisah perjuangan Jeff Bezos membangun Amazon.com menjadi perusahaan e-commerce terbesar dan menjadi orang terkaya di dunia 

Masa Kecil Warren Buffett

Masa Kecil Warren Buffett
Masa Kecil Warren Buffett

Warren Edward Buffett lahir di kota Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, pada tanggal 30 Agustus 1930. Darah bisnis dan investasi memang sudah mengalir deras di keluarganya.

Ayahnya, Howard Buffett, adalah seorang anggota dewan yang merangkap sebagai makelar saham.

Ibunya, Leila Buffett, adalah seorang ibu rumah tangga yang kadang berbisnis kecil-kecilan untuk membantu suaminya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sejak kecil, Warren dan kedua saudara perempuannya sering mengunjungi toko saham ayahnya. Di sana, ia mulai belajar tentang harga saham dan seluk-beluk bisnis yang dijalani ayahnya.

Pada usia ke 11 tahun, Warren sudah paham betul tentang saham dan mulai membuat investasi kecil-kecilan, seperti membeli saham di perusahaan minyak dan gas Amerika, City Service.

Meski tidak banyak, Warren berhasil mendapatkan keuntungan dari hasil jual-beli saham di perusahaan tersebut.

Di usia 13 tahun, Warren sudah berpengalaman dalam berbisnis. Ia membuka usaha distribusi koran. Usahanya cukup sukses, bahkan setahun kemudian ia sudah menjadi seorang wajib pajak.

Pada saat Warren masuk SMA, ia bersama teman-temannya berbisnis sewa mesin permainan pinball.

Warren Buffet dan Permainan Pinball
Warren Buffet dan Permainan Pinball

Mereka membeli mesin bekas dan memperbaikinya hingga layaknya mesin baru. Setelah berhasil, mereka menyewakannya di tempat-tempat ramai seperti di tempat pangkas rambut hingga mendapatkan keuntungan sebesar $1,200 (sekarang sekitar 17 juta Rupiah).

Kehidupan Pribadi Warren Buffett

Biografi Singkat Warren Buffet
Biografi Singkat Warren Buffet

Tak lengkap rasanya membaca biografi Warren Buffett jika tidak menyinggung informasi tentang kehidupan pribadinya.

Warren Buffett menikah dua kali dan memiliki tiga orang anak. Pernikahannya yang pertama adalah dengan Susan Thompson di tahun 1952.

Mereka memutuskan untuk berpisah, namun tidak bercerai, di tahun 1970an. Pernikahan ini secara legal berakhir saat Susan Thompson meninggal dunia pada tahun 2004.

Dari pernikahan inilah Warren dikaruniai satu orang anak perempuan, yang juga diberi nama Susan, dan dua orang anak laki-laki bernama Howard dan Peter.

Profil Warren Buffett Warren Buffet Bersama Keluarga
Profil Warren Buffett Warren Buffet Bersama Keluarga

Dua tahun setelah Susan Thompson meninggal dunia, Warren Buffett menikah untuk kedua kalinya dengan sahabat lamanya, Astrid Menks. Pernikahannya yang kedua ini masih berlangsung hingga saat ini.

Pendidikan Warren Buffett

Sejarah Hidup Warren Buffett Saat Muda
Sejarah Hidup Warren Buffett Saat Muda

Tahun 1946, Warren Buffett kuliah di University of Pennsylvania dan mengambil jurusan bisnis. Setelah 2 tahun, ia pindah ke University of Nebraska.

Ia lulus pada usia 20 tahun dan pada saat itu ia sudah memiliki harta kekayaan lebih dari $10,000 (sekitar 140 juta Rupiah saat ini) dari hasil investasinya pada saat masih sekolah dan kuliah.

Warren melanjutkan pendidikan ke jenjang master ekonomi (S2) pada tahun 1951 di Columbia University. Di sini, ia berguru pada pakar ekonomi handal Benjamin Graham.

Benjamin Graham
Benjamin Graham

Ia juga mengambil kelas di New York Institute of Finance untuk memperdalam ilmu ekonomi dan bisnisnya.

Banyak orang yang semakin kagum setelah membaca biografi Warren Buffett dan mengetahui jika pengusaha satu ini mau bersusah payah kuliah tinggi di tahun 1950an, di mana saat itu pendidikan tidak begitu diutamakan.

Kerajaan Bisnis dan Investasi Warren Buffett

Pundi-pundi kekayaan Warren Buffett saat ini bersumber dari beberapa perusahaan besarnya dan juga ratusan investasi di berbagai bidang usaha.

Perusahaan terbesar milik Warren bernama Berkshire Hathaway. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, mulai dari produksi tekstil hingga ke pembelian aset dan saham di berbagai perusahaan.

Investasi Berkhsire Hathaway menyebar ke banyak perusahaan besar di dunia, termasuk di media masa (The Washington Post), perusahaan asuransi (GEICO), dan perusahaan minyak (Exxon).

Berkshire Hathaway juga membeli perusahaan-perusahaan yang kolaps dan nyaris bangkrut, contohnya seperti perusahaan Salomon Brothers di tahun 1987, dan memperbaiki semua aspek di perusahaan tersebut sehingga menjadi baik kembali dan memiliki nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Harta kekayaan Warren Buffett semakin naik setelah ia menanam saham dalam jumlah besar di perusahaan minuman ternama, Coca-Cola.

Tak hanya menanam saham, Warren juga memegang jabatan sebagai direktur di perusahaan tersebut selama 17 tahun (1989 – 2006).

Saat ini, ia juga merupakan direktur di berbagai perusahaan berskala internasional, termasuk di The Gillette Company dan Graham Holdings Company.

Jumlah Kekayaan Warren Buffett

Salah satu hal yang paling dicari orang kala membaca biografi Warren Buffett adalah tentang jumlah harta kekayaan atau net worth miliknya.

Per Februari 2019, harta kekayaan Warren Buffett diprediksi total sekitar $84,9 miliar atau jika dirupiahkan mencapai angka 1.200 triliun lebih.

Jumlah ini terdiri dari semua harta bergerak dan tak bergerak miliknya, termasuk puluhan rumah dan properti di Amerika Serikat dan di negara-negara lainnya, dan tentunya dari puluhan investasi di perusahaan-perusahaan yang dikelolanya.

Baca juga: 10 cara menghasilkan uang dari internet yang sudah terbukti berhasil 

Kesibukan Warren Buffett Saat Ini

Biodata Warren Buffet Bersama Bill Gates
Biodata Warren Buffet Bersama Bill Gates

Saat ini, Warren Buffet disibukkan dengan kegiatannya di bidang bisnis, amal dan sosial.

Sebagai pengusaha terkaya di dunia, Warren Buffet memang sangat sering menyumbangkan hartanya untuk kegiatan di bidang sosial, terutama ke organisasi-organisasi kesehatan dan perlindungan anak-anak.

Dilansir dari majalah USA Today, dari tahun 2006 ke tahun 2017, Warren Buffett diketahui menyumbangkan sekitar $28 miliar hartanya untuk kegiatan sosial.

Tahun 2010, Warren Buffet bekerja sama dengan Bill Gates, pemilik Microsoft yang juga salah satu orang terkaya di dunia, untuk membentuk organisasi amal bernama The Giving Pledge.

Organisasi ini ditujukan untuk merekrut orang-orang kaya dan pengusaha sukses di seluruh dunia agar mau menyumbangkan hartanya untuk berbagai kegiatan amal.

Dalam dunia bisnis, Warren Buffet masih sering kali terlibat aktif dalam memantau perusahaan dan nilai investasinya.

Di usia yang hampir 90 tahun, ia masih sering terlihat memimpin jalannya kegiatan di perusahaan, bahkan ikut berkampanye dalam mempromosikan perusahaan, investasi, dan juga hal-hal lain yang diukungnya.

Demikian biografi lengkap tentang Warren Buffett, investor dan pebisnis paling sukses di dunia saat ini.

Banyak hal yang bisa diteladani dari sosok pebisnis kawakan tersebut, termasuk kegigihannya dalam mengejar kesuksesan dan juga gaya hidupnya yang terbilang tetap sederhana meski telah menjadi seorang konglomerat.

Membaca biografi Warren Buffett tentu bisa menginspirasi pebisnis-pebisnis muda di Indonesia untuk selalu pantang menyerah dan gigih dalam berjuang, seperti yang dilakukan sang investor ulung, Warren Buffett.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here