Oprah Winfrey menginspirasi banyak  orang di dunia, terutama mereka yang tertarik dengan kisah perjuangan sang pembawa acara terkenal ini.

Jika kamu juga menyukai Oprah Winfrey dan ingin mengetahui kisah hidupnya, termasuk masa kecil dan perjalanan kariernya, berikut ini adalah biografi lengkap dari Oprah Winfrey.

Kisah hidupnya tentu akan menginspirasimu untuk pantang menyerah dalam hidup.

Siapakah Oprah Winfrey?

Oprah Winfrey di Panggung
Oprah Winfrey di Panggung

Mari mulai biografi lengkap Oprah Winfrey dengan mengulas siapa sebenarnya sang host wanita ini. Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, pada tanggal 29 Januari 1954.

Ia adalah seorang miliarder, produser, dan host acara TV yang sangat terkenal di dunia. Prestasinya sudah tak terhitung lagi, termasuk menjadi wanita kulit hitam pertama yang memiliki acara talk show sendiri di TV nasional.

Oprah juga adalah wanita kulit hitam pertama yang dianugerahi nominasi penghargaan di ajang ternama seperti Golden Globe dan Academy Award atas bakat aktingnya.

Bakatnya yang tak terhitung dan juga kemampuannya untuk membawakan acara dengan baik membuatnya dinobatkan sebagai salah satu host nomor satu di dunia hingga saat ini.

Masa Kecil

Masa kecil Oprah Winfrey
Masa kecil Oprah Winfrey

Masa kecil Oprah Winfrey tidak bisa dibilang bahagia, bahkan bisa dibilang penuh dengan penderitaan.

Ayah dan ibunya tidak pernah menikah dan Oprah sejak kecil harus diasuh oleh neneknya. Ketika ibunya mendapat pekerjaan dan harus pindah ke Milwaukee, Oprah yang saat itu berusia 6 tahun kemudian ikut ibunya.

Di Milwaukee inilah masa kecil Oprah menjadi lebih buruk. Di usianya yang baru menginjak 9 tahun, ia mendapat pelecehan seksual dari teman-teman laki-laki ibunya yang silih berganti datang ke rumahnya.

Bahkan, ia mendapatkan pelecehan seksual dari sepupunya sendiri. Hal ini membuat Oprah hancur dan merasa tidak punya harga diri lagi.

Alhasil, Oprah justru makin terjerumus ke dunia hitam. Ia suka mabuk-mabukan, menggunakan obat terlarang, dan bergaul terlalu bebas.

Pada usia 14 tahun, Oprah hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan. Bayinya meninggal tak lama setelah dilahirkan. Setelah kejadian pahit ini, Oprah kemudian dikirim ibunya untuk tinggal bersama ayahnya di Nashville.

Ayahnya sudah menikah dan Oprah harus tinggal bersamanya dan seorang ibu tiri. Ayahnya sangat tegas dan disiplin, demikian pula dengan ibu tirinya.

Mereka berdua sangat keras terhadap Oprah, bahkan membuat aturan-aturan tegas yang tidak boleh dilanggar. Meski awalnya berontak, akhirnya Oprah terbiasa juga hidup disiplin dan tertata.

Masa muda Oprah Winfrey
Masa muda Oprah Winfrey

Sejak tinggal dengan ayahnya, hidup Oprah mulai berubah lebih baik. Ia menjadi aktif di masyarakat dan gereja.

Di sinilah ia menemukan bakat untuk menjadi pembicara di depan umum. Ia dilatih ayahnya untuk berbicara dengan baik dan akhirnya terkenal di lingkungan sebagai anak perempuan dengan kemampuan berpidato dan menjadi mediator.

Karier dan Masa Kejayaan

Masa kejayaan Oprah Winfrey
Masa kejayaan Oprah Winfrey

Beranjak dari masa kecilnya, mari kita ulas mengenai karier dan masa kejayaan sebagai bagian dari biografi Oprah Winfrey.

Pada usia 17 tahun, Oprah mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radio di sebuah stasiun radio lokal. Karena bakatnya yang besar dan suaranya yang memang enak didengar, Oprah menjadi cukup terkenal dan mendapatkan gaji yang lumayan besar saat itu untuk ukuran anak 17 tahun.

Oprah masuk kuliah di Universitas Tennessee dan tetap bekerja sebagai penyiar radio. Pada usia 19 tahun dan saat masih menjalankan kuliah, Oprah sudah direkrut oleh stasiun TV swasta dan dikontrak untuk menjadi pembawa berita.

Mulai saat itulah nama Oprah mulai terkenal secara nasional. Wajahnya wara-wiri muncul di televisi dan dikontrak oleh banyak stasiun TV untuk menjadi host.

Hal ini terbilang langka pada masa itu di mana wanita kulit hitam biasanya tidak punya kesempatan untuk menjadi seorang host di TV nasional.

Kesuksesan Oprah terus berlanjut dari tahun ke tahun. Puncak kesuksesannya adalah pada saat ia membawakan acara talk show The Oprah Winfrey Show.

Talk show miliknya ini mulai tayang di stasiun TV ABC pada tahun 1986 dan berakhir pada tahun 2011. Selama 25 tahun, acara ini menjadi sebuah fenomena di mana hampir semua tokoh penting di dunia pernah diwawancara oleh Oprah di acaranya tersebut.

Kisah kesuksesan lainnya: Biografi J.K Rowling, Penulis Kisah Harry Potter yang Melegenda

Oprah Winfrey Network (OWN)

Oprah Winfrey Network
Oprah Winfrey Network

Tidak lengkap rasanya membahas biografi Oprah Winfrey tanpa mengulas soal Oprah Winfrey Network.

Pada tahun 2009, Oprah mengumumkan jika ia kemungkinan besar akan mundur dari stasiun TV ABC dan akan berhenti membawakan acara The Oprah Winfrey Show.

Pada tahun 2011, acara fenomenal ini akhirnya berhenti tayang dan ditutup dengan episode pamungkas yang ditonton hampir semua orang di Amerika Serikat.

Oprah kemudian mulai membuat stasiun TV sendiri yang diberi nama Oprah Winfrey Network atau OWN.

Di dalam stasiun TV yang dimilikinya ini, Oprah tak hanya berperan sebagai host di berbagai acara, namun ia juga berperan sebagai executive producer dan juga sebagai penulis naskah di beberapa acara.

Oprah Winfrey Network
Oprah Winfrey Network

Hingga saat ini, OWN masih eksis di dunia pertelevisian, terutama di Amerika Serikat, dan membuat nama Oprah Winfrey tetap dikenal.

Di usianya yang sudah lebih dari 60 tahun, Oprah masih terbilang aktif dalam menjalankan OWN dan menjadikannya salah satu network TV yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat.

Menjadi Salah Satu Wanita Terkaya di Dunia

Oprah Winfrey Menjadi Salah Satu Wanita Terkaya di Dunia
Oprah Winfrey Menjadi Salah Satu Wanita Terkaya di Dunia

Dengan kesuksesannya menjadi host di berbagai acara, terutama di The Oprah Winfrey Show, pundi-pundi kekayaan Oprah terus bertambah dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2003, ia menjadi wanita berkulit hitam pertama yang masuk dalam daftar miliarder di Ameria Serikat. Prestasi ini tentu menjadi hal yang luar biasa karena biasanya orang kulit hitam, apalagi seorang wanita, tidak pernah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Saat ini (2019), harta kekayaan Oprah Winfrey mencapai angka 2.6 miliar USD atau sekitar 14,5 triliun Rupiah.

Jumlah kekayaan yang luar biasa besar ini tidak semata-mata membuat Oprah hidup bermewah-mewah. Ia tetap terkenal sebagai pribadi yang sederhana dan memiliki kepribadian yang ramah kepada hampir setiap orang.

Kekayaan milik Oprah ia salurkan ke banyak organisasi. Ia memiliki hobi berdonasi dalam jumlah yang besar, termasuk pada Februari 2018 saat terjadi penembakan masal di Marjory Stoneman Douglas High School, Florida di mana 17 orang tewas.

Oprah menyumbangkan hartanya sebanyak 500,000 USD atau sekitar 7,2 miliar Rupiah untuk korban penembakan tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai biografi Oprah Winfrey. Hingga saat ini, Oprah masih eksis di dunia pertelevisian, baik sebagai produser di OWN ataupun sebagai bintang di beberapa acara, bahkan film layar lebar.

Kisah hidupnya yang inspiratif membuat banyak orang kagum. Perlu diingat bahwa Oprah bisa menjadi miliarder hari ini bukan tanpa perjuangan dan kerja keras. Ia menginspirasi orang-orang untuk bisa lebih keras berjuang dalam hidup dan keterpurukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here