Larry Ellison adalah seorang tokoh sukses pendiri Oracle Corporation. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan teknologi yang mengembangkan sistem manajemen basis data terbesar di dunia. Sadar atau tidak, banyak teknologi khususnya dibidang perbankan dan pembayaran bergantung dari teknologi yang ditemukan Larry Ellison melalui perusahaannya, Oracle Corporation. Prestasi Larry Ellison membawanya di jajaran 10 besar orang terkaya di dunia. Berikut biografi Larry Ellison selengkapnya.

Baca juga: Kisah Sukses Pendiri McDonald, Restoran Burger Amerika Terbesar di Dunia

Fakta Tokoh Sukses Larry Ellison

Larry Ellison
Larry Ellison

Larry Ellison yang sukses mengembangkan teknologi hingga menjadi sangat terkenal, namun siapa sangka ia sendiri tak lulus bangku kuliah. Mencengangkan bukan? Langsung saja simak kisah perjalanan suksesnya di bawah ini.

Biografi Larry Ellison

Masa kecil Larry Ellison
Masa kecil Larry Ellison

Larry Ellison yang memiliki nama lengkap “Lawrence Joseph Ellison” lahir pada tanggal 17 Agustus tahun 1944 di kota New York. Ia lahir dari seorang ibu yang bernama Florence Spellman yang berasal dari Odessa. Kala itu ibunya baru berusia 19 tahun dan ia tidak menikah dengan ayah Larry Ellison sehingga ibunya belum siap untuk membesarkan Larry.

Ketika Larry berumur sembilan bulan, ibunya mengirim ia ke paman dan bibinya. Ayah Larry seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat dan tidak tahu mengenai anaknya yang diadopsi tersebut sehingga Larry tidak pernah bertemu dengan ayahnya sampai berusia remaja.

Bibi Larry merupakan saudara perempuan ibunya yang bernama Lillian Spellman Ellison yang berasal dari Goldman, sedangkan pamannya bernama Louis Ellison. Mereka tinggal di sebuah distrik di kawasan Chicago.

Pamannya yang menjadi ayah angkatnya tersebut adalah seorang imigran Rusia. Larry diasuh oleh bibinya dengan penuh kasih sayang, namun sang paman memiliki watak yang keras. Alhasil Larry sering kali terlibat pertengkaran dengan pamannya yang disebabkan kesalahpahaman. Walaupun demikian Larry tetap tumbuh menjadi anak yang mandiri dan percaya diri di bawah asuhan keluarga kecilnya.

Masa sekolah Larry dikenal sebagai seorang anak yang faham akan perkembangan zaman. Ia sangat tertarik dengan pelajaran teknologi, bahkan pesawat ruang angkasa. Selain itu ia pun sangat gemar berolahraga seperti bola voli dan lain-lain. Setelah lulus sekolah tinggi di Urbana Champaign, pada tahun 1960-an Larry kembali melanjutkan sekolahnya ke Universitas Illionis.

Larry masa muda
Larry masa muda

Larry amat merasa bahagia di kala itu sebab ia dapat merasakan bahwa masa depan yang cerah ada di depan mata. Namun tak disangka sang bibi yang menjadi ibu angkatnya meninggal dunia. Hal itu membuat Larry menolak untuk mengikuti ujian akhir di bangku kuliah dan memutuskan untuk keluar dari Universitas tersebut.

Setahun ia melakukan pekerjaan paruh waktu, Larry tertarik kembali untuk melanjutkan sekolahnya yang pernah gagal dahulu. Kala itu ia mengambil jurusan fisika dan matematika namun ia pun kembali kehilangan minat belajar.

Alhasil pada semester pertama belajar ia pun dikeluarkan dari Universitas Chicago. Petualangan hidup kembali dimulai ketika ia memutuskan pindah ke California pada tahun 1966.

Awal Karir

Larry Ellison
Larry Ellison

Setelah Pindah ke California, Larry bekerja untuk pertama kalinya di Amdahl Corporation, sebuah perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 1970 oleh Gene Amdahl.

Kemudian tahun 1977 Larry bertemu dengan Bob Miner di Ampex yang pada akhirnya Larry ikut bekerja bersamanya.

Rekan-rekan seperjuangan Larry Ellison, (dari kiri) Ed Oates, Bruce Scott, Bob Miner
Rekan-rekan seperjuangan Larry Ellison, (dari kiri) Ed Oates, Bruce Scott, Bob Miner

Bob juga memiliki rekan kerja yang bernama Bruce Scott dan Ed Oates dalam pengembangan perusahaan Laboratorium Pengembangan Perangkat Lunak (SDL), mereka memperkenalkan Larry ke Edgar F. Codd yang menjalankan model relasional manajemen basis data.

Berawal dari sini Larry terinspirasi untuk membangun usaha manajemen basis data tersebut.

Sistem Oracle Corporation

Oracle Corp
Oracle Corp

Pada tahun 1979 nama dari perusahaan ini adalah Relation Software Inc. Kemudian perusahaan tersebut berubah nama menjadi Oracle System Corporation setelah meluncurkan sistem Oracle RDBMS, manajemen basis data objek yang rasional.

Menurut Larry Oracle RDBMS mampu memproses sejumlah data besar yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan perusahaan besar.

Pada saat itu mereka hanya bekerja dalam tim kecil berjumlah 8 orang dan pendapatan sekitar $1 juta.

Pada tahun 1982, pendapatan Oracle mencapai $2,5 juta dengan 75 klien mikro.

Selanjutnya Larry menginvestasikan pendapatannya sebanyak 25% dan pada tahun 1986 perusahaan tersebut mampu menghasilkan $55 juta. Perusahaan semakin besar dan karyawan yang dimiliki juga semakin banyak.

Perusahaan diambang Gulung Tikar

Pada tahun 1990 Oracle mengalami penurunan yang disebabkan berkurangnya nilai jual sebanyak 80% dan perusahaan berada di ambang kebangkrutan.

Pada akhirnya perusahaan tersebut harus mengurangi pegawainya dengan memecat karyawan sekitar 400 orang. Oracle juga harus membayar gugatan class action dari pemegang saham sebanyak $24 juta.

Strategi Larry Ellison

Larry tidak pernah kehabisan langkah, ia selalu memiliki berbagai macam strategi hebat untuk memiliki posisi terdepan dalam bidang pemasaran perangkat lunak.

Pada tahun 1994, Oracle mengakuisisi manajemen basis data relasional (RDBMS) dan itu merupakan akuisisi resmi dari Oracle.

Banyak sekali strategi yang dilakukan oleh Larry untuk tetap mempertahankan Oracle.

Sun Microsystem
Sun Microsystem

Pada akhirnya di tahun 2010 tepatnya pada tanggal 27 januari, Larry membeli Sun Microsystems, Inc senilai $7 miliar. Mulailah Oracle mengoperasikan dan menjual teknologi menggunakan basis data dan layanan baru berdasarkan teknologi Sun Microsystem.

Kehidupan Pribadi

Kehidupan pribadi Larry tidak berjalan dengan mulus, ia pernah menikah sebanyak 4 kali dan semua berakhir dengan perceraian.

David Ellison, anak laki-laki Larry Ellison
David Ellison, anak laki-laki Larry Ellison

Larry memiliki anak laki-laki bernama David Ellison yang merupakan CEO media Skydance.

Megan Ellison(tengah), anak perempuan Larry Ellison
Megan Ellison(tengah), anak perempuan Larry Ellison

Ia juga memiliki anak perempuan bernama Megan Ellison seorang pendiri Anna Pictures dan salah satu Produser film Amerika. Putra Putri Larry juga memiliki bakat di bidangnya masing-masing serta sukses dalam menjalani usaha mereka.

Pulau Pribadi: Lanai Island

Pulau Lanai, pulau pribadi mililk Larry Ellison
Pulau Lanai, pulau pribadi mililk Larry Ellison

Larry Ellison memiliki pulau pribadi, ia membelinya pada tahun 2012 dengan harga $300 juta, pulau tersebut adalah pulau Lanai.

Larry berencana untuk mengembangkan infrastruktur di pulau tersebut dan akan memproduksi buah-buahan serta sayur-sayuran yang akan dijual di seberang lautan.

Kompetisi Berlayar

Selain prestasi di bidang bisnis, Larry juga sebagai kepala tim kapal pesiar Amerika yang didirikan pada tahun 2000.

Kapal pesiar Rising Sun milik Larry Ellison
Kapal pesiar Rising Sun milik Larry Ellison

Ia adalah seorang pemilik kapal pesiar kedelapan terbesar di dunia yang diberi nama Rising Sun, namun pada tahun 2010 ia menjualnya kepada David Geffen. Kapal tersebut sangatlah besar dengan ukuran panjang 453 kaki atau sekitar 138 meter dan biayanya sekitar $200 juta.

Tenis dan Pilot

Larry sedang menerbangkan pesawat
Larry sedang menerbangkan pesawat

Sekitar tahun 2009, Larry membeli berbagai macam fasilitas tenis yang berada di Palm Springs, California. Selain itu ia juga seorang pilot yang berlisensi.

Dia memiliki beberapa pesawat jet militer salah satunya adalah SIAI-Marchetti S.211.

Biografi Larry Ellison – Tentang Kedermawanannya

Larry Ellison, ia terkenal kaya raya namun juga orang yang dermawan.

Pada tahun 2004 ia menyumbangkan kekayaannya sebesar $151.092.103 dan ia masih  menjadi orang terkaya di Amerika.

Bahkan termasuk peringkat ke-5 dari daftar 400 orang kaya dermawan yang ada di Amerika.

Demikianlah kisah perjalanan hidup Larry Ellison, seorang pendiri perusahaan Oracle Corporation.

Kegiatan amal atau charity oleh Larry Ellison
Kegiatan amal atau charity oleh Larry Ellison

Tentunya dari kisah hidup Larry ini, kita dapat belajar bawah sukses butuh perjuangan dan penuh dengan tantangan.

Namun jika perjuangan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka segala bentuk tantangan pun akan dapat dihadapi hingga mencapai titik kesuksesan.

Larry Ellison, pendiri Oracle Corporation
Larry Ellison, pendiri Oracle Corporation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here