Para penggemar serial Harry Potter wajib membaca biografi J.K Rowling. Ya, J.K Rowling adalah penulis buku sekaligus pencipta karakter Harry Potter beserta tokoh-tokoh lainnya di dunia sihir.

Tanpa J.K Rowling, tidak akan ada Harry Potter, Hogwarts, dan kisah-kisah fantasi para penyihir di dalamnya.

Jika kamu juga menyukai si penyihir berkacamata bundar ini dan ingin tahu lebih dalam tentang sang penulis di balik terciptanya kisah Harry Potter, simak biografi tentang J.K Rowling di bawah ini.

Sekilas Tentang J.K Rowling

Mari kita mulai membahas biografi J.K Rowling dengan mencari tahu latar belakangnya terlebih dahulu.

J.K Rowling adalah seorang novelis profesional. Ia terkenal setelah novelnya, Harry Potter, menjadi novel best seller di seluruh dunia.

Sampai saat ini, J.K Rowling masih terus aktif menulis dan memproduksi novel-novel lain baik yang terkait dengan Harry Potter ataupun yang tidak.

Wanita lulusan Universitas Exeter, Inggris ini menjadi salah satu penulis buku terkaya di dunia setelah Harry Potter sukses terjual lebih dari 450 juta kopi dan diadaptasi menjadi film layar lebar.

Mari ulas lebih jauh mengenai kisah lengkap J.K Rowling dan perjalanannya dalam menulis novel Harry Potter.

Masa Kecil

Nama asli J.K Rowling adalah Joanne Rowling. Ia tidak punya nama tengah dan huruf “K” di namanya adalah singkatan dari Katheleen, nama neneknya. Ia menggunakan nama J.K Rowling sebagai nama pena saja.

Ia lahir di Yate, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965. Ayahnya, Peter, adalah seorang teknisi pesawat terbang sedangkan ibunya, Anne, adalah seorang teknisi sains.

Rowling memiliki seorang adik perempuan bernama Dianne yang hanya 2 tahun lebih muda darinya.

Ia sangat dekat dengan adiknya tersebut. Saat pernikahan kedua orang tuanya berantakan, ia dan adiknya ikut dengan ibunya.

Masa remaja J.K Rowling terbilang tidak bahagia. Ibunya sakit-sakitan dan sang ayah tidak peduli pada keadaan keluarganya.

Rowling menjadi sangat benci pada ayahnya dan tidak saling bicara selama bertahun-tahun. Rasa tidak bahagia yang dirasakan oleh Rowling ia lampiaskan dengan cara menulis.

Selama masa-masa remaja, ia menulis beberapa novel meski tidak dipublikasikan. Pada saat usianya menginjak 25 tahun, ia pindah ke Portugal untuk mengajar Bahasa Inggris.

Di Portugal, ia bertemu dengan laki-laki yang akhirnya menjadi suaminya, meski pernikahannya ini tidak bertahan lama.

Harry Potter

Tak lengkap rasanya membahas biografi J.K Rowling tanpa mengulas tentang Harry Potter.

Serial Harry Potter adalah karya J.K Rowling yang paling terkenal dan membuat namanya sangat populer di dunia. Namanya semakin dikenal saat serial Harry Potter ini diadaptasi menjadi film layar lebar mulai dari tahun 2001 hingga tahun 2011.  

Film yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe sebagai tokoh utama ini tak hanya membuat nama J.K Rowling dikenal di seluruh dunia, tapi juga menambah pundi-pundi kekayaannya.

Selama proses pembuatan film, J.K Rowling berperan penting sebagai produser dan juga mengawasi penulisan naskah.

Kisah Harry Potter dan segala sesuatu di dunia sihir dimulai di tahun 1990 ketika J.K Rowling benar-benar tengah frustasi.

Ia pusing memikirkan kehidupannya yang tak kunjung membaik, terutama karena tulisan-tulisannya tak laku. Ia saat itu naik kereta api dari Manchester menuju London. Sepanjang perjalanan, ia banyak melamun dan berkhayal.

Tiba-tiba ia merasa ada anak laki-laki berkacamata bundar yang melayang dengan sapu terbang di luar jendela kereta api. Di sinilah ia menemukan inspirasi untuk menulis Harry Potter.

Ketika keluar dari kereta, J.K Rowling langsung menulis tentang si penyihir cilik. Perjuangannya ini tidak mudah.

Ia harus mengalami revisi berkali-kali dan juga ditolak oleh berbagai agensi karena kisah Harry Potter dianggap tidak menarik.

Hal ini sempat membuat sang penulis putus asa, terutama karena ia juga sudah bercerai dan sekarang harus menghidupi anaknya. Ia tak tahu lagi bagaimana cara menghidupi diri sendiri dan putrinya, Jessica, karena novel-novelnya tak laku di pasaran.

Setelah berjuang selama hampir 7 tahun, akhirnya buku pertama Harry Potter yang diberi judul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” dijual di pasaran.

Buku ini langsung laris dan dibeli banyak orang. Novel tersebut diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan membuat nama J.K Rowling meroket.

Kesuksesan buku pertama Harry Potter membuat J.K Rowling makin giat menulis dan akhirnya kisah si penyihir ini berkembang menjadi 7 seri, bahkan J.K Rowling juga menulis novel-novel non-Harry Potter lain yang juga berkaitan dengan dunia sihir.

Saat ini, Harry Potter sudah menjadi bagian penting di dunia literasi modern, bahkan serial novel ini berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia layar lebar terutama pada genre fantasi.

Tanpa J.K Rowling, dunia tidak akan bisa mendengar kisah Harry Potter yang melegenda beserta tokoh-tokoh fiksi lain di dalamnya yang tak kalah menarik.

Pernikahan dan Kehidupan Pribadi

Bab selanjutnya di biografi J.K Rowling ini adalah soal kehidupan pribadinya, terutama tentang pernikahan dan anak-anaknya.

J.K Rowling sudah menikah sebanyak dua kali. Pernikahan pertama terjadi di tahun 1992 di mana ia menikah dengan pria Portugal bernama Jorge Arantes.

Pernikahan ini tidak bertahan lama. Setelah putri mereka lahir di tahun 1993, pasangan ini kemudian bercerai.

J.K Rowling menemukan cinta sejatinya di tahun 2001. Ia menikah dengan Neil Murray, seorang dokter asal Skotlandia.

Pasangan ini memiliki dua orang anak David dan Mackenzie. Hingga saat ini, keluarga ini hidup bersama di Skotlandia.

Sang penulis dikenal sangat aktif di dunia sosial media. Ia kerap membuat postingan, terutama di Twitter untuk menginspirasi penggemar-penggemarnya, para anak muda yang sangat mengagumi Harry Potter dan mereka yang tertarik menjadi penulis novel.

Harta Kekayaan

Kesuksesan novel Harry Potter beserta film dan semua adaptasinya membuat J.K Rowling menerima royalti yang sangat fantastis.

Apalagi, ia juga menulis banyak novel lain, termasuk serial “Fantastic Beast” yang saat ini juga sudah dibuat menjadi film.

Tidak heran jika kini J.K Rowling menjadi penulis terkaya di dunia dengan estimasi kekayaan lebih dari 1 miliar USD atau sekitar 14.4 triliun Rupiah.

Dengan jumlah kekayaan ini, Rowling bahkan melewati jumlah harta kekayaan ratu Inggris, Ratu Elizabeth II.

Dengan kekayaan yang melimpah ini, J.K Rowling memutuskan menjadi salah satu filantropis yang gemar menyumbangkan hartanya untuk kegiatan-kegiatan sosial, terutama yang menyangkut kegiatan di bidang literatur dan penulisan.

Itulah sedikit ulasan mengenai biografi J.K Rowling, sang penulis fenomenal yang saat ini sudah dinobatkan menjadi salah satu penulis terkaya di dunia. Kisah hidupnya tidak melulu indah, bahkan ia pernah hidup dari belas kasihan pemerintah.

Namun sekarang, ia telah sukses berkat kerja kerasnya. Satu hal yang perlu diingat, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here