Setiap orang tentu tidak mengetahui apa yang akan terjadi dalam kehidupannya, sehingga dituntut untuk mempersiapkannya dengan baik. Untuk itu, asuransi hadir sebagai pengalihan beragam risiko yang tidak diketahui di masa yang akan datang.

Saat kita tidak bisa menangani beragam risiko dalam hidup, akan ada pihak asuransi yang membantu mengatasinya.

Dengan kata lain, asuransi adalah perjanjian antara penanggung (perusahaan) dan tertanggung (nasabah). Namun, perjanjian ini mewajibkan nasabah membayar premi kepada perusahaan untuk penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian atau kehilangan yang diderita karena peristiwa tak terduga.

Agar gak salah kaprah soal pentingnya memiliki asuransi, kamu perlu tahu dulu apa itu asuransi dan pentingnya melek asuransi #asuransilifepal.

Sebelumnya, yuk simak dulu beberapa alasan memiliki asuransi dalam pemaparan berikut ini:

1. Memiliki Asuransi Membantu Mengatur Keuangan dan Mengelola Risiko

Setiap orang harus merencanakan keuangan untuk masa depan yang baik. Melakukan kewajiban membayar premi asuransi di setiap bulannya akan membantu kita mengatur keuangan.

Kita jadi terlatih dan lebih paham cara mengatur keuangan, mulai dari belanja kebutuhan, membayar iuran sekolah anak, hingga membayar premi asuransi dan sebagainya.

Mengikuti asuransi juga akan membuat kita memiliki sejumlah dana cadangan yang nantinya bisa dimanfaatkan di masa mendatang.

Misalnya, kamu pemilik asuransi kendaraan tidak perlu lagi mengeluarkan uang saat ada hal tak terduga seperti kendaraan hilang atau rusak.

2. Membantu Mewujudkan Impian Masa Depan

Semua orang tentu memiliki banyak rencana di masa depan, mulai dari buka usaha, memiliki rumah, menikah, punya anak, hingga liburan bersama keluarga. Untuk itu kita harus menyiapkan dana untuk mencapainya, baik itu dengan menabung atau memiliki #asuransilifepal.

Sementara itu, bila kita jatuh sakit saat tidak punya asuransi, maka akan membuat tabungan yang sudah dikumpulkan selama ini habis terpakai untuk menutupi biaya pengobatan.

Berbeda halnya kalau kita punya asuransi kesehatan, maka perusahaan asuransi akan mengganti biaya pengobatan sehingga tabungan kita tetap aman untuk dipakai mewujudkan impian-impian di masa depan.

3. Memberikan Perlindungan terhadap Mereka yang Tersayang

Asuransi jiwa mampu mengelola risiko dan memberikan jaminan atas ketidakpastian karena memberi proteksi atas risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Memiliki asuransi bisa melindungi orang yang kita sayangi. Dengan memiliki asuransi jiwa memiliki peran dalam membantu ketahanan keuangan keluarga.

Contohnya, ketika pencari nafkah dalam suatu keluarga cacat atau meninggal dunia, investasi terhenti sehingga mengganggu dana yang direncanakan untuk kebutuhan pendidikan atau tabungan masa depan.

Itulah alasan yang mendasari mengapa asuransi jiwa bisa disebut sebagai cara untuk melindungi keluarga.

4. Asuransi untuk Tidak Menambah Beban Pikiran

Saat membayangkan risiko dan segala kemungkinan yang bisa terjadi pada kita seperti kematian, kecelakan, sakit, akan menambah beban pikiran kita. Beban pikiran seperti ini bisa dikurangi jika kita sudah terproteksi dengan asuransi.

Setidaknya kita sudah merasa aman karena kita sudah menyiapkannya sebelum kejadian tersebut terjadi.

5. Meninggalkan Warisan

Sebagai manusia, tentu saja kita ingin memberikan manfaat bagi keluarga dan orang yang kita sayangi.

Setidaknya saat kita sudah meninggal, asuransi ini akan menjadi sebuah warisan di mana di dalam polis asuransi tersebut kita dapat menyebutkan siapa yang berhak atas asuransi saat kita meninggal dunia.

Nah, itulah pentingnya memiliki asuransi bagi setiap orang. Bagaimana, apakah sudah melengkapi diri dengan proteksi terbaik?

Kalau belum, bisa memilikinya dengan mencari perlindungan terbaik di #asuransilifepal.