Doraemon adalah salah satu karakter yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang masih menggemari dan tertarik dengan karakter ini walaupun sudah lama sejak tahun 1974 pertama kali ditayangkan di media Indonesia.

Sewashi Bertemu Nobita
Sewashi Bertemu Nobita

Banyak hal menarik yang terdapat pada cerita Doraemon. Namun, sebelum menuju pembahasan mengenai fakta menarik tentang doraemon, ada baiknya jika kamu mengetahui asal usul Doraemon terlebih dahulu.

Penciptaan Doraemon Serta Fakta Menarik Didalamnya

Fakta Menarik dan Asal usul Doraemon
Fakta Menarik dan Asal usul Doraemon

Awal penciptaan robot Doraemon sebenarnya bertujuan sebagai robot pengasuh anak dan bayi.

Namun saat penciptaannya tiba-tiba petir menyambarnya yang mengakibatkan beberapa komponennya tidak berfungsi.

Kemudian dia dikirim ke sekolah khusus robot. Pada kelulusan, sekolah mengadakan lelang robot dan dia diadopsi oleh Sewashi, cicit dari Nobita.

Ketika Sewashi dewasa, dia sadar bahwa utang financial yang diakibatkan oleh kecerobohan kakek buyutnya, tidak akan lunas sampai beberapa keturunan.

Kemudian Sewashi mengirim Doraemon ke masa lalu untuk membantu Nobita. Selain itu, masih banyak fakta menarik tentang Doraemon yang perlu kamu ketahui.

1. Arti nama “Doraemon”

Arti nama Doraemon
Arti nama Doraemon

Untuk nama Doraemon sebenarnya merupakan gabungan dari kata “Dora” dan “Emon”. Dora adalah kata plesetan dari “Nora” pada kata “Nora-Neko” yang berarti kucing liar.

Sedangkang Emon merupakan sebuah kata tambahan tradisional Jepang untuk menunjukkan bahwa manusia atau hewan tersebut mempunyai jenis kelamin laki-laki atau jantan.

Jadi secara harafiah, nama Doraemon dapat diartikan sebagai “kucing liar jantan”. Kata Dora juga dapat diartikan sebagai gong, dimana Doraemon memiliki tubuh bulat seperti gong.

2. Dulu Doraemon memiliki telinga

Dulu Doraemon memiliki telinga
Dulu Doraemon memiliki telinga

Sebenarnya waktu pertama kali diciptakan Doraemon memiliki sepasang telinga seperti robot kucing pada umumnya.

Akan tetapi kedua telinga tersebut rusak sewaktu Sewashi membuat patung doraemon dengan bantuan seekor robot tikus.

Saat itu Sewashi merasa ada yang kurang dengan telinga patungnya, namun robot tikus itu salah menggigit telinga Doraemon yang asli.

Karena kejadian itu, Doraemon harus dibawa ke dokter. Saat menjalani perawatan dia bersin dan membuat sang dokter secara tidak sengaja menekan tombol yang membuat telinga Doraemon terpapras habis.

3. Warna asli Doraemon

Warna asli Doraemon
Warna asli Doraemon

Sebelum berubah menjadi robot kucing berwarna biru, dulunya Doraemon memiliki warna kuning.

Ketika dia tahu bahwa telinganya telah hilang digigit tikus, Doraemon selalu merasa sedih dan terus murung.

Kesedihan Doraemon pun bertambah ketika pacarnya meninggalkan dirinya. Tidak tega melihat kakaknya larut dalam kesedihan, adik Doraemon yaitu Dorami memberikan ramuan untuk membuat perasaan sedih menjadi senang.

Tetapi Dorami salah mengambil ramuan dan secara tidak sadar ramuan yang dia berikan kepada kakaknya adalah ramuan pembuat perasaan menjadi sedih.

Alhasil setelah meminum ramuan pembuat kesedihan tersebut, perasaan Doraemon menjadi semakin kacau dan dia terus menangis dalam waktu lama  yang mengakibatkan warna kuning pada tubuhnya luntur kemudian berubah menjadi warna biru.

4. Kantong ajaib Doraemon

Kantong ajaib Doraemon
Kantong ajaib Doraemon

Apa kamu pernah berpikir tentang jumlah alat ajaib yang ada di kantong Doraemon karena di setiap Nobita membutuhkan bantuan, ada saja alat yang dapat membantu?

Ternyata, dalam kantong sekecil itu terdapat hampir 4500 alat ajaib, termasuk alat yang sering dikeluarkan seperti baling-baling bambu, pintu kemana saja, dan mesin waktu.

Tidak ada hanya itu, Doraemon juga mempunyai sebuah kantong cadangan yang dapat digunakan ketika kantong ajaib utama hilang.

Kedua kantong tersebut juga saling terhubung melalui ruang yang ada di dalam kantong tersebut.

5. Mantan pacar Doraemon

Mantan pacar Doraemon
Mantan pacar Doraemon

Sebelum Doraemon dikirim ke masa lalu, dia pernah mempunyai seorang pacar robot kucing bernama Noramyako.

Dapat dibilang Noramyako adalah seekor robot kucing yang cantik dengan tubuh yang langsing serta warna pink.

Kisah cinta mereka dimulai ketika Noramyako menolong Doraemon saat berada dalam gedung yang sedang terbakar kemudian mereka memasuki sekolah robot yang sama. Mereka berdua menjalin cinta saat Doraemon masih memiliki warna kuning dan memiliki telinga.

Namun, kisah cinta Doraemon tidak berjalan mulus. Noramyako memutuskan dia karena sadar bahwa tubuh Doraemon terlalu pendek.

Selain itu dia juga mulai tidak menyukai Doraemon sejak telinganya telah hilang digigit oleh seekor robot tikus.

6. Memegang barang tanpa jari

Memegang barang tanpa jari
Memegang barang tanpa jari

Seperti yang kamu ketahui, tangan Doraemon berbentuk bulat dan tidak mempunyai jari namun tetap bisa memegang barang.

Hal tersebut dikarenakan tangan Doraemon memiliki kekuatan daya vacum dan adhesive yang sangat besar sehingga benda apapun bisa menempel pada tanganya dengan sempurna.

Teknologi yang digunakan pada tangan Doraemon tersebut hampir mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala kecil.

7. Nomor keberuntungan Doraemon

Nomor keberuntungan Doraemon
Nomor keberuntungan Doraemon

Nomor atau angka keberuntungan Doraemon adalah 1293. Hal itu dibuktikan mulai dari tinggi badan 129,3 cm berat badan 129,3 kg, lingkar kepala dan dada 129,3 cm, lingkar pergelangan tangan dan kaki 129,3 mm, hingga tanggal lahir yang mengandung unsur angka 1293.

Selain itu, Doraemon juga dapat berlari hingga kecepatan 129,3 km/jam, melompat setinggi 129,3 meter dan ketika merasa terancam dia dapat mengeluarkan 129,3 bhp.

8. Saudara Doraemon

Saudara Doraemon
Saudara Doraemon

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa Doraemon dan Dorami disebut kakak beradik padahal mereka sama-sama robot.

Ternyata mereka dilahirkan atau diciptakan pada tangki yang sama. Doraemon diciptakan 2 tahun lebih dulu dari Dorami sehingga dapat bilang sebagai kakak.

Selain itu setelah kepergian Doraemon, keluarga Sewashi menyewa Dorami untuk menggantikannya dan disebut sebagai adik dari Doraemon oleh keluarga Sewashi.

9. Ketakutan pada tikus

Ketakutan pada tikus
Ketakutan pada tikus

Memang aneh jika kamu membayangkan apabila kucing takut kepada tikus. Namun seperti yang telah diceritakan diatas, ketakutan Doraemon terhadap tikus tersebut berawal ketika dia harus kehilangan kedua telinganya akibat digigit oleh sebuah robot tikus.

Semenjak saat itu, Doraemon merasakan trauma dan mulai takut kepada tikus. Penulis cerita dari Doraemon, yaitu Fujiko Fujio juga mengungkapkan ketakutan Doraemon terhadap tikus tersebut memang sengaja beliau buat untuk menambah unsur keunikan dari karakter Doraemon.

10. Kelebihan Doraemon seharusnya

Kelebihan Doraemon seharusnya
Kelebihan Doraemon seharusnya

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa saat diciptakan tiba-tiba petir menyambar Doraemon yang menyebabkan beberapa komponennya tidak berfungsi.

Jika hal itu tidak terjadi, maka Doraemon akan menjadi robot pengasuh bayi dan anak normal yang memiliki kepekaan telinga 20 kali lipat dari manusia biasa, kumis yang dapat mendeteksi dalam jarak jauh, serta kalung lonceng yang berfungsi untuk memanggil teman lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Doraemon yang ada pada awal penciptannya hingga sekarang.

Hal penting yang dapat diambil adalah walaupun Doraemon merupakan robot yang tidak sempurna dan mempunyai banyak kekurangan, namun dia memiliki jiwa yang besar dan baik hati serta selalu setia menolong temannya yang sedang berada dalam kesulitan.

Sifatnya yang percaya diri, yakin bisa, tidak mudah menyerah dan berusaha seoptimal mungkin merupakan suatu kunci dalam meraih kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here