Ada banyak aplikasi belajar yang bisa digunakan di perangkat Android. Kamu pasti tak menyangka jika smartphone atau tablet Android milikmu bisa digunakan untuk menambah ilmu.

Banyak orang yang hanya tahu jika perangkat Android itu tak lebih dari alat untuk mengakses internet, bermain game, dan juga menggunakan sosial media. 

Berikut Daftar 10 Aplikasi Android Untuk Belajar dalam Berbagai Bidang

Semua aplikasi ini sangat berguna untuk menambah ilmu, baik secara akademik maupun sekedar pengetahuan umum. Berikut daftarnya.

Amazon Kindle

Amazon Kindle adalah aplikasi Android yang digunakan untuk membaca buku secara gratis. Pada dasarnya, aplikasi ini adalah perpustakaan yang bisa dibawa ke mana-mana. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, meski di dalamnya nanti ada beberapa judul buku yang bisa dibaca dengan membayarnya terlebih dulu. 

Amazon Kindle sangat berguna untuk menambah pengetahuan karena hampir semua buku dari segala bidang tersedia di sini. Kalau kamu tidak bisa mengunduh Amazon Kindle, kamu bisa mengunduh aplikasi serupa seperti Google Play Book. 

Photomath

Pelajaran matematika biasanya menjadi momok bagi banyak orang. Sekarang, soal-soal matematika yang rumit dan harus diselesaikan berjam-jam bisa selesai dalam sekejap dengan aplikasi Photomath.

Aplikasi Android ini terbilang cukup canggih karena kamu cukup memfoto soal matematika yang sedang kamu kerjakan, lalu kirimkan ke aplikasi ini.

Nantinya, aplikasi akan dengan otomatis mengerjakan soal yang sudah kamu foto tadi. Alhasil, dalam waktu yang singkat, kamu sudah bisa mendapatkan jawaban dari soal matematika rumit yang harus diselesaikan.

Selain memberikan jawaban, aplikasi ini juga memberikan penjelasan dan rumus tentang bagaimana mengerjakan soal tersebut.

Coursera

Coursera adalah salah satu aplikasi Android yang paling cocok untuk belajar. Aplikasi ini memiliki lebih dari 1,000 pelajaran dari berbagai bidang, mulai dari matematika hingga seputar teknologi informasi.

Di dalam aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini, ada kelas online yang bisa diambil, soal-soal latihan, dan juga permainan seputar ilmu pengetahuan.

Meski hanya berupa aplikasi Android, Coursera menyediakan paket pelajaran yang serius. Jika pengguna bisa menyelesaikan semua kelas online dan lulus dalam ujian yang disediakan, maka kamu bisa mendapatkan sertifikat kelulusan.

SoloLearn

Bagi yang ingin memperdalam dunia komputer, terutama untuk masalah pembuatan program, software, dan aplikasi untuk perangkat-perangkat masa kini, Solo Learn adalah aplikasi belajar terbaik yang harus diunduh.

Aplikasi ini mengajarkan kelas-kelas dasar tentang pemrograman, termasuk tentang HTML, Java, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di smartphone Android ini bisa digunakan kapan saja untuk belajar pemrograman.

Semua kelas tersedia tanpa harus membayar uang sama sekali. Inilah mengapa SoloLearn menjadi aplikasi favorit para developer yang sedang berjuang menciptakan sesuatu yang baru.

Duolingo

Bagi yang ingin belajar bahasa asing dengan mudah, Duolingo adalah aplikasi untuk belajar bahasa.

Duolingo dapat digunakan untuk mempelajari lebih dari 12 bahasa, termasuk Bahasa Inggris, Prancis, dan Mandarin.

Pelajaran bahasa di aplikasi gratis ini mengajak penggunanya untuk belajar bahasa dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Satu paket pelajaran bahasa dapat ditempuh dalam waktu 34 jam. Tentu saja pengguna tidak harus selesai mengambil pelajaran dalam satu waktu.

Waktu 34 jam ini sama dengan jumlah jam yang harus ditempuh untuk mengambil kelas bahasa di universitas. Jadi, Duolingo bukan aplikasi yang hanya untuk main-main belaka.

Udemy

Udemy adalah aplikasi belajar berbasis Android yang terbilang sangat unik.

Bukan pelajaran sekolah yang bisa dipelajari di sini, namun lebih ke pengetahuan dan skill sehari-hari. Di Udemy, pengguna bisa mengambil kelas secara gratis. 

Kelas-kelas yang biasanya banyak dicari di aplikasi ini adalah kelas belajar Microsoft Office, Adobe Photoshop, kelas public speaking, dan lain sebagainya.

Udemy juga memiliki kelas memasak di mana pesertanya bisa menonton tutorial memasak, mulai dari kemampuan dasar hingga mempelajari teknik-teknik yang rumit. 

Khan Academy

Khan Acacemy juga merupakan salah satu aplikasi belajar yang bisa diunduh dan digunakan dalam smartphone Android.

Aplikasi ini menyediakan pelajaran dasar, seperti matematika dan pengetahuan sains. Aplikasi gratis yang terkenal dengan desainnya yang simpel dan mudah dipahami ini menyediakan lebih dari 1,000 video pelajaran dan tutorial di berbagai bidang pelajaran.

Bagi anak-anak yang ingin menggunakan Khan Academy, tersedia juga menu untuk mereka di mana bidang pelajarannya lebih ringan dan tutorial atau kelas online-nya dibawakan oleh anak-anak juga sehingga lebih mudah dipahami oleh mereka yang masih kecil.

Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah aplikasi Android yang membahas banyak hal, terutama di bidang ilmu pengetahuan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa berdiskusi dan bertanya soal berbagai bidang ilmu, termasuk matematika, kimia, fisika, astronomi, geografi, statistika, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini tidak gratis, ada biaya yang harus dibayar ketika akan mengunduhnya (sekitar $2.99 atau Rp 43,000).

Namun, aplikasi belajar ini sungguh lengkap dan membantu, bagi kamu yang ingin menyelesaikan soal-soal dari berbagai mata pelajaran dan yang ingin berdiskusi membahas banyak hal soal ilmu pengetahuan.

LinkedIn Learning

LinkedIn terkenal sebagai aplikasi untuk menambah jaringan dan juga mencari pekerjaan.

Tapi ternyata, LinkedIn juga memiliki aplikasi sendiri untuk belajar. Aplikasi ini bernama LinkedIn Learning di mana penggunanya bisa mempelajari berbagai bidang pengetahuan umum dengan gratis.

LinkedIn Learning juga menyediakan pelajaran khusus tentang skill yang dibutuhkan dalam dunia perkantoran.

Jika lulus dalam pelajaran ini, maka di profil LinkedIn pengguna, akan terdapat keterangan jika kamu pernah belajar skill perkantoran. Tentu saja profilnya akan terlihat lebih menarik dan dilirik oleh banyak perusahaan yang sedang mencari karyawan.

YouTube

Semua orang di dunia pasti tahu tentang YouTube. Aplikasi video streaming ini memang sudah menjadi bagian hidup banyak orang.

Tanpa YouTube, orang-orang tidak akan bisa menyaksikan video viral atau tayangan-tayangan konten lain yang menarik. Inilah mengapa YouTube wajib ada di setiap perangkat Android.

Mengapa YouTube dikategorikan sebagai aplikasi belajar? Pasalnya, banyak konten-konten YouTube yang bisa digunakan untuk belajar, termasuk tutorial di segala bidang, bimbel online gratis, dan juga konten-konten pengetahuan yang tentunya harus diikuti dan ditonton setiap hari.

Apalagi YouTube merupakan aplikasi gratis yang tidak butuh biaya untuk mengunduhnya, kecuali mungkin YouTube Red atau channel eksklusif lainnya.

Nah, banyak sekali ternyata aplikasi di perangkat Android yang bisa digunakan untuk belajar.

Semua aplikasi di atas berfungsi dengan baik untuk menambah wawasan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan hanya gunakan perangkat Androidmu untuk main game saja. Gunakan juga gadgetmu untuk belajar dan menambah ilmu. Kebanyakan aplikasi yang disebutkan di atas  bisa diunduh secara gratis.

Cukup dengan mengunduh aplikasi belajar terbaik tadi, kamu bisa dengan mudah mengubah gadgetmu menjadi sarana penambah ilmu yang tentunya membuat kamu semakin pintar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here