Mayoritas game Android dikembangkan dengan platform touchscreen sebagai kontrol. Namun, masih ada kekurangan untuk game-game tertentu.

Mode touchscreen juga kurang cocok jika kamu ingin memainkan VR (Virtual Reality) game. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat menggunakan bluetooth gaming controller terbaik untuk Android.

Tidak Semua Gamer Mobile dan Game Nyaman dengan Dipakai dengan Sistem Touch Screen

Ada beberapa controller yang sesuai untuk smartphone Android, bahkan mirip dengan PS4 atau Xbox.

Secara sederhana, controller adalah alat yang digunakan untuk menggantikan fungsi touch. Jadi, kamu bisa memakai alat ini untuk gaming dan tidak perlu lagi repot dengan layar sentuh.

Controller membutuhkan emulator agar Android mengenali perangkat yang digunakan. Selain gaming, beberapa controller juga mirip fungsinya seperti pad keyboard, tapi penggunaannya tetap terbatas.

Gaming menjadi lebih nyaman karena terlalu banyak menyentuh layar juga tidak baik untuk ketahanan display jangka panjang.

Secara umum, fungsi controller adalah sebagai pengganti layar sentuh ketika bermain game.

Beberapa produk didesain dengan mengadopsi game console yang sudah ada. Penggunaan bluetooth lebih ke sisi praktis tanpa kabel.

Beberapa produk bahkan punya port, jadi kamu cukup meletakkan smartphone di controller lalu tinggal bermain game tanpa perlu menyetingnya lagi.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kompatibilitas. Mayoritas controller untuk perangkat berbasis platform Android.

Lalu, apakah bisa menggunakannya untuk platform lain seperti Mac, iOS, bahkan PC? Tentu saja bisa, tapi kamu harus melihat spesifikasi dan kompatibilitas secara lengkap. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan beberapa controller yang cocok untuk Androidmu di bawah ini.

Steel Series Stratus XL

Salah satu bluetooth gaming controllers adalah Steel Series Stratus XL. Produk ini menggunakan bluetooth untuk koneksi ke perangkat.

Kamu bisa memainkan game di smartphone Android, PC, atau laptop. Pastikan emulator telah terinstal dan kamu telah menyeting game control dengan benar.

Dari sisi desain, controller ini mirip dengan Playstation, tetapi ada sedikit pengaruh Xbox.

Bagian bawah diperuntukkan untuk menggenggam dan juga kontrol A, B, X, dan Y. Jika kamu sudah biasa main dengan stick PS, Stratus adalah pilihan utama dari sisi aksesibilitas.

Selain itu, koneksi wireless dan bluetoothnya menggunakan baterai. Kamu tinggal gunakan baterai yang tepat, dan controller ini siap untuk memainkan game apapun. Tentu saja, controller harus stylish serta nyaman digunakan.

Jika ingin bermain PS di perangkat Android, coba gunakan Steel Series Stratus XL.

Beboncool

Ada beberapa produk controller dari berbagai produsen. Salah satunya adalah Beboncool. Dengan desain sederhana dengan aksen hitam dan merah, controller ini menggunakan baterai yang mampu mendukung permainan hingga 10 jam.

Kamu tidak perlu khawatir ketika sedang asik bertarung dengan musuh dan tiba-tiba controller mati. Hal tersebut dapat dipastikan tidak akan terjadi di produk buatan Beboncool.

Controller ini memiliki joypad, action button, d-pad, dan elect button. Action button didesain khusus untuk game genre aksi. Lalu, Joypad dihadirkan untuk memudahkan kamu ketika menggerakkan karakter di game.

Selain itu, kamu juga dapat menempatkan smartphone di port. Controller ini mampu menahannya dengan mudah.

Meskipun tampilannya sederhana, produk ini memiliki semua kebutuhan untuk bermain game dari sebuah controller.

Yang tidak kalah menarik adalah harganya terjangkau. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk sebuah controller karena Beboncool ditawarkan dengan harga terjangkau.

8BITDO Zero Game Controller

Jika ingin menggunakan bluetooth gaming controllers yang paling mantap, 8BITDO Zero bisa menjadi alternatif pilihan.

Pernah lihat sebuah game console kecil yang bisa dibawa kemanapun? Inilah desain yang diadopsi oleh controller ini. Bentuknya sangat sederhana dengan bobot yang cukup ringan.

Bagian control terdiri dari action button, d-pad, select button, dan trigger button. D-pad adalah bentuk tanpa plus biasanya untuk arah kanan, kiri, bawah, dan atas.

Action button adalah empat tombol untuk game genre action. Sedangkan Select button digunakan untuk mengatur konfigurasi game. Kamu bisa menggunakan d-pad untuk memilih dan Select button yang berarti OK.

Controller ini sangat fungsional untuk berbagai perangkat. Kamu dapat menggunakannya untuk Android, PC, tablet, laptop, bahkan Mac. Cukup koneksikan ke port via bluetooth dan game siap dimulai.

Kelebihan lain adalah baterai dengan kapasitas 180 mAh dan dapat diisi ulang. Gunakan USB port ketika game berlangsung sehingga controller tetap terjaga.

8BITDO SNES30

Mencari gaming controllers bluetooth yang tepat tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu cukup melihat spesifikasi dan dukungan dari perangkat tersebut.

Salah satunya adalah 8BITDO SNES30. Sekilas, desain dan ukurannya mirip sangat sederhana bahkan tidak ada pad di bagian bawah.

Hanya ada beberapa tombol untuk action, select, dan arah. Action button terdiri dari empat tombol dengan dua warna berbeda. Kontrol arah berbentuk symbol plus untuk bergerak dalam game atau menentukan pilihan setting.

Produsen produk ini berasal dari Jepang dan mengadopsi desain klasik Nintendo. Kamu dapat memainkan game retro ini di perangkat mobile tanpa perlu mengubah konfigurasinya. Inilah salah satu keunggulan dari controller ini.

Bluetooth siap ketika terkoneksi ke smartphone. Untuk pengguna PC dan Mac, controller ini juga bisa digunakan.

Fitur lain adalah baterai dengan kapasitas 480 mAh. Kamu dapat bermain hingga 18 jam tanpa henti.

Ada juga port USB untuk charger. Gunakan port tersebut untuk menambah daya baterai dengan isi ulang langsung dari smartphone.

Bentuknya ringan dan mungil serta mudah dibawa ke manapun. Selain itu, harganya juga terjangkau, yaitu sekitar $30. Sedikit masalah mungkin terjadi untuk yang memiliki jari-jari besar. Jadi mungkin kamu harus ekstra hati-hati.

Bounabay Android Controller

Pada controller sebelumnya, tombol yang ada mirip dengan game console dalam sebuah pad yang terintegrasi.

Selain itu, smartphone dapat kamu letakkan di bagian atas atau terpisah. Cara tersebut kadang membuat tidak nyaman. Ada cara lain yaitu dengan menempatkan smartphone di tengah, di mana tombol dan pad ada di sisi kanan kiri. Bentuknya mirip PS Vita atau PSP.

Salah satu controller yang mengadopsi cara ini adalah Bounabay Android controller. Bagian tengah diperuntukkan untuk menahan perangkat mobile.

Namun, pastikan dulu bahwa ukurannya telah sesuai, yaitu maksimal 168 cm dari atas ke bawah. Jadi, kamu mungkin tidak dapat memasangnya ke tablet karena terlalu besar.

Selain itu, controller ini hanya berfungsi untuk Android versi Kitkat hingga yang terbaru dan tidak untuk iOS.

Untuk tombol, ada beberapa macam seperti arah, select, action, dan setting. Ukurannya mudah untuk dibawa ke manapun dan ringan.

Kamu cukup masukkan ke dalam tas dan menggunakannya ketika ingin bermain. Dukungan baterai sebesar 300 mAh siap mendukung game hingga 8 jam.

Kamu akan puas bermain tanpa terganggu dan baterainya pun dapat diisi ulang.

Dari ulasan di atas, kamu dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing telah memiliki fitur bluetooth dan wireless untuk koneksi ke perangkat.

Ada yang menggunakan desain console modern dengan joystick dan pad beragam, ada pula yang sangat sederhana dengan sedikit tombol untuk game ringan dan retro.

Kamu dapat memiliki lebih dari satu android bluetooth game controllers agar bebas bermain dengan gaya apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here